Laptop145

7 Hal yang Harus diperhatikan dalam membeli Laptop

7 Hal yang Harus diperhatikan dalam membeli Laptop

Laptop145

Laptop sama seperti semua perangkat elektronik yang ada di rumah kita. Memiliki rentang hidup yang spesifik, dan perlu di tingkatkan dengan yang baru.  Meskipun ada laptop bekas dan telah diperbarui dengan situs rahasia yang tersedia. Lebih baik apabila anda membeli leptop yang baru, karena pasti ada perbedaan antara laptop bekas dengan laptop baru. Saat anda memutuskan membeli laptop baru, ada beberapa hal yang  anda dapatkan, yaitu :

  • Hardware terbaru dengan ruang hard disk lebih banyak, kartu grafis yang lebih baik, prosesor lebih cepat dan sebagainya.
  • Sistem operasi terbaru dan daftar software terkini.
  • Garansi, dimana jika Anda merusak laptop Anda, anda dapat menggunakan Garansi untuk memperbaikinya.

Teknologi sangat cepat menjadi usang, dan mengupgrade yang anda pikir adalah cara terbaik mungkin tidak cukup untuk dilakukan. Dan mungkin hanya masalah waktu yang anda butuhkan untuk membeli laptop baru sesuai dengan kebutuhan anda.

Apapun alasan yang anda gunakan untuk membeli laptop baru, tetap ada beberapa informasi dan pengetahuan yang harus anda ketahui sebelum membeli laptop baru.

Membeli laptop tidak sama seperti membeli makanan, oleh karena itu ada banyak hal yang harus anda ketahui sebelum membelinya. Mungkin ada beberapa hal yang mengejutkan, ketika anda membeli laptop yang sudah ketinggalan zaman atau spesifikasinya tidak sesuai dengan spesifik kebutuhan anda. Oleh karena itu, sebelum membeli laptop, anda perlu melakukan penelitian online yang tepat, membaca ulasan laptop, memeriksa spesifikasi dan membandingkan harga di toko yang satu dengan toko yang lain sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Berikut ada beberapa poin penting yang harus anda perhatikan dengan sangat hati-hati saat membeli laptop.

1. Membeli Laptop Bermerek bagi anda pengguna baru

Di pasar ada begitu banyak laptop yang di tawarkan. Ada yang bermerek dan ada juga yang tidak bermerek atau sering disebut denganlaptop rakitan. Bagi anda seorang geek atau pengguna ahli, masuk akal jika anda menggunakan laptop tanpa merek atau rakitan, yang penting sesuai dengan kebutuhan anda.

Tapi bagi anda pengguna baru atau yang belum berpengalaman dalam menggunakan laptop, sebaiknya membeli laptop yang bermerek. Karena laptop yang bermerek selalu hadir dengan syarat dan ketentuan “ garansi dan garansi” yang lebih baik juga. Apalagi bagi anda yang pemula, apabila membeli laptop tidak bermerek dan mengalami kerusakan akan sangat sulit memperbaikinya karena laptop tanpa merek tidak memiliki pusat layanan yang berkualitas di pasaran.

2. Tujuan Penggunaan

Anda harus selalu mengingat apa tujuan utama anda dalam membeli laptop. Jika anda berencana melakukan beberapa tugas dasar seperti mengecek email, browsing internet atau menggunakan microsfoft office untuk tugas kantor atau kuliah, anda cukup membeli leptop dengan konfigurasi yang sederhana.

Namun, jika anda berencana untuk menggunakan laptop anda untuk menonton film secara online, bermain game online atau untuk pekerjaan lain seperti mengedit video atau memburning CD, anda mungkin harus mencari leptop dengan konfigurasi lebih tinggi dan lebih baik. Mengidentifikasi penggunaan laptop sangat penting karena akan memiliki pengaruh besar pada harga yang akan anda bayar.

3. Jangan Kompromi pada Fitur dan Konfigurasi

Seperti yang anda ketahui, teknologi tidak pernah statis tetapi dinamis dan terus berubah dengan cepat. Menurut pusat penelitian PEW, kepemilikan laptop terus bertumbuh dari 30% menjadi 52% sejak 2006, dan membuat dekstop menjadi usang secara bertahap.

Ada bebereapa contoh, dimana kita bisa melihat perubahan teknologi menjadi lebih baik dan lebih canggih. Misalnya beberapa tahun yang lalu kita terhubung melalui koneksi dial up 56 kb, menggunakan CD sebagai media penyimpanan, tetapi sekarang kita memiliki beberapa koneksi GB, komputasi awan sebagai media penyimpanan.

Di dunia teknologi tinggi saat ini, laptop harus memiliki RAM minimal 1 GB, kecepatan pemrosesan 1,5 GHZ dan hard disk minimal 500GB. Hal ini penting, karena jika Anda membeli konfigurasi yang lebih rendah, sistem Anda akan menjadi usang dan upgrade tidak mungkin dilakukan, karena pembaruan perangkat lunak baru memerlukan memori yang lebih tinggi.

4. Memilih Disk HDD atau SSD

Memilih hard drive yang tepat sangat penting untuk keseluruhan kinerja sistem Anda. Agar mudah bagi Anda untuk memilih jenis hard drive mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, kami akan memberikan perbandingan yang dapat membantu Anda menentukan antara disk HDD dan SSD.

Disk HDD (Hard Disk Drive)

  • Penggunaan baterai : Memerlukan lebih sedikit daya
  • Harga : Mahal
  • Kapasitas : Maksimal di 4 TB
  • Waktu Boot Os : Lebih cepat 13 detik
  • Kebisingan : Tidak ada suara
  • Kecepatan membuka file : Lebih cepat
  • Getaran : Tidak ada getaran

Disk SSD (Solid State Drive)

  • Penggunaan baterai : Memerlukan lebih banyak daya
  • Harga : Murah
  • Kapasitas : Maksimal di 6 TB
  • Waktu Boot Os : Lebih lambat antara 30 sampai 40 detik
  • Kebisingan : Berisik
  • Kecepatan membuka file : Lebih lambat
  • Getaran : Getaran bisa di dengar dan dirasakan

perbedaan HDD dan SDD 356

1 thought on “7 Hal yang Harus diperhatikan dalam membeli Laptop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *