windows 8

Cara Menginstal Windows 8 di VirtualBox

Microsoft merilis priview pengembang windows 8 dan tersedia untuk masyarakat umum. Meskipun sistem operasi ini belum maksimal dan masksudya digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi untuk Windows 8. Terlalu menggoda bagi pengembang untuk melepaskan kesempatan untuk mendapatkan citra rasa pertama dari OS Ini.

Tidak perlu khawatir, kami memiliki panduan rinci namun sederhana untuk membantu menginstal dan menguji windows 8 pada PC menggunakan perangkat lunak virtualisasi gratis yang disebut virtualbox. Meskipun ada perangkat lunak mesin virtual lain seperti VMware Workstation dan Virtual PC, namun saya menyarankan agar menggunakan ViryualBox, karena saya mendapatkan laporan tentang kegagalan instalasi pada VM ware dan Virtual PC. Mungkin karena windows 8 memerlukan IO APIC yang harus diaktifkan untuk dijalankan, dan hanya tersedia di virtualbox.

Syarat Menggunakan VirtualBox

    • Sangat penting memastikan bahwa PC anda mendukung Hardware Virtualixation. Jika tidak yakin, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu.
    • Jika PC mendukung virtualisasi hardware, pastikan anda mengaktifkannya melalui BIOS.

Cara Menginstal Windows 8 di VirtualBox

Panduan ditulis untuk Windows 8 Developer Preview dan di instal pada Laptop Dell Studio 1555 yang menjalankan versi Windows 7, 64 bit menggunakan perangkat lunak VM VirtualBox 4.1.2. Berlaku untuk semua pembangun Windows 8 dan semua versi virtualB\box 4.x.x pada semua PC yang menjalankan windows.

Berikut langkah-langkah mengintasl windows 8 di virtualBox
1. Download versi terbaru dari virtualbox.
2. Download Windows 8.
3. Instal VirtualBox.
4. Klik “New” untuk membuat New Virtual Machine Wizard.
5. Ketik nama VM misalnya win8. Pastikan anda memilih Microsoft Windows sebagai Operating System dan Windows 7 sebagai versinya. Pilih windows 7 64 bit jika menggunakan sistem 64 bit. Klik Next.

windows8-1
6. Langkah selanjutnya, anda harus mengalokasikan memori untuk mesin Virtual. Aturanya adalah mengalokasikan setengah dari RAM yang tersedia. Misalnya, jika anda memiliki RAM 4 GB, alokasikan 2 GB untuk mesin virtual, sehingga anda masih memiliki 2 GB untuk host OS.

windows8-2
7. Langkah selanjutnya adalah membuat virtual hard disk. Dengan asumsi Anda belum membuat disk startup sebelumnya, lebih bijaksana untuk meninggalkan pengaturan default lalu klik Next .

windows8-3
8. Selanjutnya, pilih setting defauil (VDI) lalu klik Next

windows8-5
9. Pada langkah ini, anda bebas memilih salah satu pilihan, tapi saya merekomendasikan ukuran tetap karena akan memastikan anda tidak kekurangan ruang HDD.

windwos8-4
10. Anda dapat menambah atau mengurangi ukuran file disk Virtual sesuai keinginan. Tapi pastikan Anda mengalokasikan minimal 14 GB ruang. Nilai default 20 GB adalah taruhan yang aman sekalipun. Klik Next untuk menyelesaikan konfigurasi.

windows8-6
11. Anda akan disambut dengan halaman ringkasan dengan setting yang telah anda pilih. Klik tombol create untuk mulai membuat file virtual disk.

windows8-7
12. Tunggu sampai file disk virtual dibuat. Mungkin perlu beberapa waktu, tergantung pada ukuran file disk virtual yang telah anda alokasikan.

windows8-8
13. Setelah proses selesai, anda akan disambut dengan layar di bawah ini.

windows8-10
14. Sebelum anda melanjutkan dan memulai Windows 8 di mesin virtual, pastikan mengubah beberapa pengaturan penting. Klik pengaturan, pilih tab system pada panel kiri. Pastikan IO APIC dicentang. Selain itu, di bawah tab percepatan, pastikan keduanya. Aktifkan VT-x / AMD-V dan Enable Nested Paging dicentang. Klik ok untuk keluar.

15. Sekarang klik tombol Start . Ini akan memulai “First Run Wizard”. Klik Next .

windows8-11
16. Di sini anda perlu memilih file ISO Windows8 yang Anda download di Langkah 2. Klik ikon Yellow folder untuk browse ke folder yang berisi file ISO dan pilih file ISO. Klik Next .

windows8-12
17. Instalasi windows 8 akan dimulai. Pilih bahasa yang sesuai, pengaturan Time, Currency dan keyboard. Klik Next.

windows8-13
18. Beberapa langkah berikutnya lurus ke depan dan  kemudian anda harus melihat layar “Installing Windows”.

windows8-14
19. Setelah penginstalan selesai, anda akan diminta untuk menambahkan pengguna. Jika anda memiliki Windows LiveID, cukup masukkan alamat email anda, windows akan mengambil rinciannya dari web. Jika tidak, anda bisa membuat LiveID baru atau memilih untuk memasukkan username dan password kustom.

Tips : Di halaman pengaturan, lebih baik memilih ” Pengaturan Ekspres ” bukan ” Setelan khusus ” karena saya mengalami masalah saat menyambungkan ke internet saat memilih opsi Setelan khusus.

windows8-15
20. Setelah selesai, Anda akan disambut dengan layar start gaya metro yang baru!

windows8-16

Tips Mengatasi Masalah

1. Jika anda mendapatkan pesan kesalahan “Aplikasi 64-bit tidak dapat dimuat karena PC anda tidak memiliki prosesor 64-bit”, berarti anda belum mengaktifkan virtualisasi perangkat keras dan / atau IO APIC untuk VM. Aktifkan keduanya, matikan PC (jangan restart saja) dan mulai lagi.

2. Jika anda memiliki masalah saat terhubung ke internet setelah menginstal windows 8, coba pilih Desktop Intel PRO / 1000 MT di bawah tab Advanced Configuration of Network.

3. Saya belum bisa mendapatkan aplikasi bergaya metro yang bekerja karena mereka tidak terbuka (kecuali Control Panel, Windows Explorer dan Show desktop). Tidak ada perbaikan untuk ini seperti yang saya tahu.

Sekian cara menginstal windows 8 pada virtualbox. Semoga dapat membantu anda semua.

Jangan lupa baca juga, 7 hal yang harus deiperhatikan dalam membeli laptop. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *