6 Tips & Trik Mempercepat Koneksi Internet

 koneksiinternet12

Panduan untuk mempercepat Koneksi Internet

Meski kecepatan internet telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, sebagian dari kita masih menderita dengan koneksi yang lambat dan browsing web bisa menjadi tugas yang menakutkan. Meskipun seseorang tidak dapat memaksa ISP untuk menyediakan internet lebih cepat , ada beberapa solusi untuk memanfaatkan koneksi Internet anda saat ini.

Tips & Trik mempercepat Koneksi Internet

1. Jaga Komputer Tetap Bersih dan Aman

Bersihkan hard drive anda sesering mungkin. Coba gunakan perangkat lunak anti-virus,  cari program anti adware / spyware. Bug ini dapat secara drastis menurunkan kecepatan Internet anda, jadi pindai komputer anda secara teratur, juga, coba gunakan firewall sederhana, namun perlu diingat, firewall berat (seperti Zone Alarm) memerlukan koneksi internet yang berat.

Selain itu, hal penting lain yang dapat anda lakukan untuk membuat peramban anda lebih cepat adalah menghapus data riwayat dan data tak berguna lainnya yang disimpan browser anda di komputer anda (kecuali file internet temporer untuk situs yang biasanya anda akses), hapus juga tembolok anda . Cache yang lebih besar untuk browser berarti lebih banyak informasi tersimpan di komputer dan waktu muat lebih cepat untuk situs web yang sering diakses. Ini adalah cara bagus untuk mempercepat koneksi Internet anda.

2. Upgrade Komputer Anda

Jika Anda memiliki komputer lama, dengan prosesor low-end dan sedikit memori, mungkin kesalahnyabukan di koneksi internet tetapi di komputer anda. Coba tambahkan beberapa RAM lagi  atau CPU yang lebih kuat.  Jika komputer anda sudah tua maka kecepatan memuat halaman web akan melambat secara perlahan, bahkan bisa sangat lambat apabila memiliki grafis yang rumit.

Hal lain yang harus anda upgrade adalah kartu LAN atau kartu Modem anda. Anda harus mencoba kartu LAN Gigabit 10/100/1000 untuk koneksi yang lebih baik.

3. Perbarui Perangkat Lunak Anda

Penting untuk selalu memperbarui komputer anda dan menginstal pembaruan terbaru untuk semua perangkat lunak Anda (termasuk OS). Pembaruan biasanya mencakup perbaikan bug dan program anda, sehingga berjalan lebih cepat. Tapi ingat, jangan pernah menyimpan program terbuka yang tidak anda butuhkan. Selalu pasang versi terbaru browser dan OS anda, termasuk juga untuk flash player, shockwave dan java.

4. Jangan Gunakan Program yang Lambat

Cobalah untuk mendapatkan web browser yang cepat, inilah kunci surfing web. Secara tradisional, Internet Explorer dianggap sangat lambat, khususnya versi yang lebih tua. Ini juga menghabiskan lebih banyak sumber daya. Coba gunakan sesuatu seperti Opera, Firefox atau Chrome (yang tercepat menurut saya). Dan satu hal lagi, jangan terlalu banyak ekstensi, ini berlaku untuk semua browser manapun. Cobalah untuk hanya menggunakan add-on atau ekstensi yang diperlukan, karena, jika anda mengemas browser anda dengan mereka, mereka akan mengurangi kecepatan internet dan kinerja keseluruhan browser anda.

Resource hungry anti-virus dan firewall juga berdampak pada kinerja komputer dan browser anda, jadi jangan ditujukan untuk sesuatu yang tidak dapat ditangani komputer anda. Cobalah untuk mendapatkan beberapa program penggunaan yang mudah dan ramah sumber daya.

5. Awasi Konsumsi Bandwidth

Firewall, anti-virus, program OS dan lainnya yang menggunakan koneksi internet menghabiskan bandwidth, jadi cobalah untuk mengaturnya hanya dengan melakukan update manual dan menutup semua yang tidak perlu, ini akan membebaskan bandwidth anda dan anda akan melihat perbedaannya. Tapi ingat untuk selalu memperbaruinya jika mereka ketinggalan zaman, kinerja komputer anda akan menurun.

Di sisi lain, jika anda memiliki jaringan nirkabel, lindungi dengan kata kunci yang kuat. Jika orang lain terhubung ke jaringan nirkabel anda, maka kecepatan anda pasti  menurun.

6. Coba Ubah Server DNS Anda

Mencoba mengubah konfigurasi DNS koneksi internet adalah keputusan bijaksana saat anda menlihat penurunan kecepatan internet secara tiba-tiba. Ada banyak daftar server DNS gratis dan cepat yang bisa anda unduh. Dan ini layak untuk anda coba,

Demikianlah enam tips dan trik untuk mempercepat koneksi internet anda. Semoga dapat membantu. Terima Kasih.

Saran untu dibaca :

7 cara inovatif untuk mengakses situs WEB yang diblokir

Cara menginstal Windows 8 di VirtualBox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *