Cara Mengoptimalkan LAN dan WAN di Bisnis Kecil Anda

LAN dan WAN 3

Bisakah LAN dan WAN Bekerja Sama

Di zaman sekarang, pengusaha kecil banyak yang mengandalkan jaringan dalam bisnisnya. Ini berawal dari Local Area Networks (LAN), yang menghubungkan server di tempat kerja mereka ke komputer dan perangkat lain di bisnis mereka.

Dengan bangkitnya perangkat anda sendiri dan kebutuhan akan fleksibilitas. Perusahaan membangun Wide Area Networks (WAN) yang memberika mereka flekssibilitas yang mereka butuhkan.
Sengorang editor, Andrew Ferguson mengatakan, perbedaan antara LAN dan WAN telah menjadi lingkaran penuh dalam beberapa hal. Kecepatan konektivitas internet salah satunya. Banyak bisnis sekarang menggunakan awan untuk menyimpan data, sehingga memudahkan staff yang bekerja dari rumah atau off site mengakses data. Jadi dalam beberapa hal LAN modern hanyalah perpanjangan dari WAN.

Hanya saja kedua jaringan ini harus bekerja sama, bukankah begitu? Konsep LAN dan WAN nyaris mulus, tidak menimbulkan masalah, terutama di area keamanan. Karena satu mesin yang terinfeksi malware dapat menyebabkan malapetaka. Jika LAN tidak tersegmentasi dan area bisnis utama yang dijamin dari daerah lain. seperti Wifi gratis untuk pengunjung.

Bagi usaha kecil yang mengandalkan kemapuan mengelola data, penting memilih jaringan yang tepat. Seringkali, usaha kecil memilih satu pemasok untuk layanan LAN atau WAN mereka. Padahal sebenarya, memilik pemasok layanan yang berbeda untuk setiap komponen dapat menghemat biaya dan keuntungan efesiensi. Dan ini adalah pendekatan yang luar biasa, karna antar operabilitas tinggi dalam sektor layanan ini.

Manajemen Lalu Lintas

WAN sekarang menjadi standar dalam komunits bisnis kecil. Sangat penting untuk memastikan bahwa jaringan ini tidak hanya disiapkan dengan Benar. Namun juga memiliki kapasitas untuk menangani lalu lintas data harian yang bergerak di bisnis anda.

Di zaman dimana kerja yang fleksibel adalah norma, banyak pemilik usaha kecil menemukan bahwa mereka tidak memerlukan WAN yang terlalu ditentukan. Sebagai gantinya, koneksi cepat untuk menangani layanan berbasis cloud lebih bermanfaat bagi bisnis mereka. Dengan meningkatkan efisiensi WAN secara dramatis, usaha kecil dapat memanfaatkan kepuasan pengguna akhir, menikmati fleksibilitas untuk menambahkan kantor baru secara potensial dan mengikuti permintaan pelanggan yang semakin meningkat, semua tanpa memerlukan biaya mahal untuk bandwidth WAN.

Untuk mendapatkan efisiensi itu, anda memerlukan banyak informasi untuk anda gunakan. Bisnis harus menerapkan perangkat lunak pemantauan yang memberi tahu dan memberi peringatan segera jika sumber daya habis. Data pemantauan terperinci dan laporan penggunaan historis tentang semua komponen jaringan memungkinkan administrator untuk mengetahui utilisasi LAN dan WAN.

Berinvestasi dalam pemantauan berarti menghindari kejutan di telepon. Dalam kombinasi dengan pengujian, misalnya, kapasitas pemanfaatan halaman web yang tersedia, pemantauan dasar membantu memperkirakan investasi yang diperlukan dengan mencari tahu kapasitas koneksi dan server yang dibutuhkan. Dengan cara ini, prediksi perencanaan perluasan infrastruktur dimungkinkan sesuai dengan kebutuhan bisnis saat ini dan yang akan datang.

LAN 3

Kontrol Awan

Saat membahas LAN dan WAN, UKM banyak mempertimbangkan cloud. Salah satu faktor utama yang sering disadari oleh bisnis adalah meningkatnya tekanan  dan efek yang melemahkan komputasi awan dapat terjadi pada WAN.

Cloud computing menawarkan keuntungan bisnis yang sangat nyata, dari peningkatan efisiensi organisasi, fleksibilitas dan penghematan biaya. Tapi taruh saja, jika jaringan tidak cukup stabil untuk mengatasi pengiriman data dalam jumlah besar ke awan, kinerja dikorbankan dan manfaatnya. Awan gagal terwujud.

Terlepas dari masalah ini, keuntungan menggunakan cloud untuk bisnis adalah kuat. fakta bahwa solusi awan memungkinkan perusahaan untuk menghindari biaya infrastruktur awal, dan fokus pada proyek lain yang membedakan bisnis mereka.

Yang jelas adalah bahwa ada migrasi dari LAN tradisional ke WAN yang lebih fleksibel yang juga memanfaatkan utilisasi cloud lebih banyak. Dan dengan usaha kecil yang merangkul virtualisasi, memiliki WAN yang sepenuhnya dioptimalkan dalam bisnis Anda adalah suatu keharusan. Dengan efisiensi pemrosesan data sekarang membedakan pembeda yang jelas di sektor bisnis kecil, bisnis dengan WAN terintegrasi yang memberikan layanan data yang mereka butuhkan akan menjadi pemimpin pasar di sektor mereka.