Mengenal VPN dalam Dunia Teknologi

vpn 14

Apa itu VPN ?

VPN adalah salah satu istilah teknologi dan telah mendapatkan banyak daya tarik dalam beberapa tahun terakhir karena internet telah terdiversifikasi dan tumbuh ke tingkat yang lebih besar lagi. Namun, premis sebenarnya cukup sederhana, dan ada beberapa penggunaan kasus hebat.

VPN singkatan dari ‘virtual private networking’, yang merupakan metode keamanan internet yang populer. Yang melibatkan teknologi, bertujuan untuk menambahkan lapisan keamanan ke jaringan pribadi dan publik. Ini termasuk hotspot broadband dan internet.

Jika ada kekhawatiran saat menggunakan teknologi dan internet, itu adalah privasi. Dengan menggunakan VPN, anda dapat, secara teori, mencegah penyedia layanan internet (ISP) dan pemerintah anda untuk melihat history internet Anda.

VPN juga telah muncul sebagai alat populer dalam gerakan kebebasan berbicara. Anda dapat menghindari penyensoran dalam organisasi dan dari pihak ketiga. Misalnya, jika anda memiliki pandangan yang bertentangan dengan prioritas atasan anda, anda tidak perlu khawatir mereka menemukannya.

Orang juga menggunakan teknologi VPN untuk “geo-spoof” lokasinya. Hal ini menyebabkan pengguna menyesuaikan setelan lokasi mereka agar dapat menggunakan layanan di luar negeri. Contoh bagusnya adalah menonton program TV atau produk online yang hanya tersedia di negara tertentu, mungkin karena masalah hukum atau perizinan.

Anda juga bisa menggunakan VPN untuk melindungi diri dari hacker . Jika anda berada di luar dan mendaftar untuk menggunakan hotspot internet publik, mungkin di kafe atau perpustakaan, ada kemungkinan seseorang bisa mencoba masuk ke perangkat anda. Hal ini dapat menyebabkan anda kehilangan data berharga, seperti password.

Teknologi ini juga muncul sebagai kekuatan populer dalam dunia bisnis. Setiap anda berkeliling untu rapat, biasanya anda terhubung ke jaringan pihak ketiga. Dengan VPN, anda dapat mengakses intranet perusahaan anda tanpa khawatir menjadi sasaran penjahat cyber.

Proxy vs VPN

proxy vs vpn 2

Proxy juga populer, dan selalu ada pertanyaan tentang bagaimana perbedaannya dari VPN. Tujuan kedua metode tersebut adalah untuk melindungi identitas pengguna atau untuk menipu lokasi. Meskipun mereka berbeda teknologi, banyak penyedia VPN menawarkan proxy juga.

Proxy adalah jenis sistem komputasi yang berfungsi sebagai perantara untuk perangkat yang terhubung dan koneksi web anda. Server ini juga memiliki alamat IP mereka sendiri, jadi transfer tidak dapat dilacak langsung ke komputer anda.

Proxy mungkin berbagi tujuan bersama dengan VPN, namun biasanya, proxy hanya mengamankan klien torrent atau browser. Dengan menggunakan VPN, anda bisa mengenkripsi 100% koneksi internet anda,sehingga lebih banyak perlindungan.