Bermain Game Android di Windows dengan BlueStacks

Selama ini anda pasti berpikiran bahwa aplikasi dan game android hanya dapat digunakan untuk smartphone dan tablet. Sekarang sudah saatnya anda membuang pikiran itu, karena sudah ada alat gratis yang memungkinkan anda untuk menjalankan aplikasi mobile favorit anda di dekstop yaitu Blue Stack App Player.

BlueStack App Player bekerja seperti emulator, membiarkan anda menjalankan perangkat lunak android di dalam windows. Alat ini sangat bagus, memberi anda kebebasan untuk menggunakan perangkat lain untuk kebutuhan game dan aplikasi anda. Selain itu, dengan aplikasi ini anda dapat menghemat ruang penyimpanan pernagkat selular anda yang terbatas. Dengan aplikasi ini juga anda dapat memainkan game android favorit anda di layar yang lebih besar. Pasti berbeda banget sensasi yang anda dapatkan.

Sekarang saatnya kita bahas bagaimana cara menginstal aplikasi game android di windows anda.

1. Instal BlueStacks

 BlueStacks App Player 1

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah  mengunduh BlueStacks App Player agar dapat memainkan game android kesukaan anda di windows. Ingat, untuk mendownload aplikasi ini, anda membutuhkan waktu yang cukup lama karena ukuran aplikasi ini yang lebih dari 300 MB.

Doubel klik executable untuk memulai instalasi dan tunggu beberapa saat sampai file yang diekstrak muncul. Klik next untuk menyetujui persyaratan lisensi dan menjalankan seluruh instalasi. Terima pilihan default dan ikuti langkah selanjutnya.

Saat pertama kali menyalakan BlueStacks App Player, anda akan diundang  untuk masuk ke program dengan akun Google anda. Ini tidak hanya memungkinkan anda berpartisipasi dalam komunitas BlueStack, namun juga memberi anda pilihan untuk menyinkronkan aplikasi dan data anda dengan perangkat android yang anda miliki.

Saat anda menginstal BlueStacks, akan muncul sebuah popup kecil di sisi kanan bawah layar setiap kali sebuah instalasi selesai.

2. Sesuaikan pengaturan

 BlueStacks App Player 3

Setelah masuk, anda dapat mulai menyiapkan perangkat Android virtual anda. Pertama, anda akan disuguhkan tampilan yang terlihat seperti ponsel atau tablet Android dalam mode landscape.

Anda mungkin ingin mengubah beberapa setting BlueStacks App Player, terutama untuk meningkatkan kinerja dan kualitas gambar.

Klik ikon roda gigi ke sisi kanan alat program dan pilih Preferences. Di bagian umum anda dapat memilih untuk meningkatkan resolusi layar. Ingat, jika anda membuat perubahan, anda perlu me-restart BlueStacks App Player.

Beralih ke bagian Sistem, disini anda dapat meningkatkan jumlah RAM yang didedikasikan untuk BlueStack. Ini akan membantu anda meningkatkan kinerja yang dapat bermanfaat bagi permainan anda.

Selanjutnya, anda akan melihat serangkaian ikon aplikasi di layar awal. Klik salah satu dari ikon ini, yang akan membawa anda ke Google Play Store untuk mulai memasangnya. Jika anda tidak dapat melihat aplikasi atau game yang anda inginkan, klik ikon Play Store dan telusuri secara manual.

3. Sinkronkan data dan transfer file

 BlueStacks App Player 4

Salah satu hal hebat tentang menjalankan aplikasi Android di Windows menggunakan BlueStacks adalah memungkinkan menyalin data antara Windows dan Android, dan sebaliknya.

Jika anda menggunakan aplikasi di BlueStacks yang menyinkronkan data ke awan, anda mungkin merasa nyaman menggunakan keyboard PC untuk memasukkan secara cepat bagian teks, salin dan tempel teks yang lebih besar, dan jauh lebih cepat lagi jika anda dapat menggunakan ponsel anda. Anda akan menemukan tombol Copy and Paste di toolbar sebelah kiri yang muncul di sisi jendela BlueStacks utama.

Serta menyisipkan isi clipboard dari Windows ke aplikasi yang berjalan di BlueStacks App Player. Anda juga dapat menyalin seluruh file dari komputer ke perangkat Android virtual Anda.

Anda akan menemukan opsi Copy Files dari Windows di toolbar yang sama seperti tombol Copy and Paste (ini adalah ikon yang terlihat seperti folder terbuka). Arahkan ke folder file yang anda minati, sebelum memilih aplikasi terinstal yang ingin anda gunakan dengan file. Ini merupakan cara yang baik untuk mendapatkan file ke aplikasi seperti Instagram atau situs media sosial lainnya tanpa mentransfernya ke ponsel atau tablet anda terlebih dulu.

4. Instal File APK Game Android

 BlueStacks App Player 5

Fitur lain yang dimiliki BlueStacks adalah pilihan untuk menginstal file APK dari Windows di Android. Ini berguna jika anda ingin memasang aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store. Ada banyak situs yang menawarkan file APK (installer untuk aplikasi) untuk diunduh.

Dengan BlueStacks anda dapat menggunakan PC Windows untuk mendownload sekumpulan APK dan menginstalnya. Cukup klik tombol APK di toolbar sebelah kiri, pilih file APK yang telah anda download, dan instal.

Saat anda membuka aplikasi, permainan dan folder, anda akan melihat bahwa bagian atas layar terisi dengan sejumlah tab yang serupa dengan tombol pada taskbar Windows. Aplikasi ini menyediakan cara cepat dan mudah untuk beralih di antara apl terbuka, dan X kecil di setiap tab dapat digunakan untuk aplikasi tertutup tanpa perlu beralih ke aplikasi yang terbuka.

Anda juga dapat memaksimalkan BlueStacks untuk pengalaman bermain layar penuh, dan memutar ke mode potret menggunakan tombol ‘Change app size’.

Bagiamana? Cukup gampang bukan. Demikianlah cara menginstal aplikasi game android kesayangan anda di windows. Langsung praktikkan, dan nikmati bermain game android anda di layar lebih besar. Terima kasih.