Cara Memilih Router yang Tepat Sesuai Kebutuhan

router 3

Saat ini kita hidup di zaman dimana memiliki router di rumah merupakan salah satu kebutuhan wajib. Terutama untuk beberapa perangkat di rumah, seperti telepon genggam dan PC. Apalagi sekarang begitu banyak aktivitas yang membutuhkan data seperti menonton video dan bermain game.

Jadi bagaimana cara memilih router sesuai kebutuhan anda? Seperti halnya Mini-PC, router hadir dalam berbagai bentuk, ukuran dan fitur yang biasanya bisa membingungkan siapa saja. Masalahnya sekarang ada begitu banyak router yang beredaran di pasaran dengan harga murah dan belum tentu spesifikasinya sesuai dengan yang anda butuhkan.

Dalam postingan ini, saya akan menyarankan beberapa router terbaik untuk anda. Dan juga membantu anda memahami fitur dasar dari router, sehingga anda bisa memilih router sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda.

Bagaimana Cara Memilih Router?

a. Single, Dual Band atau Tri-band

Saat anda terhubung ke router melalui wifi, disini anda benar-benar mengirim dan menerima data melalui radio band. Sebagaian besar router adalah Single Band yang beroperasi pada pita frekuensi 2.4 GHz. Mereka menggunakan band ini untuk melayani semua perangkat yang terhubung. Jika kebutuhan anda adalah menjelajah web biasa dan hanya menghubungkan beberapa perangkat, maka menggunakan router Single Band saja sudah cukup.

Apabila kebutuhan anda melampaui beberapa perangkat dan membawa pekerjaan berat seperti Gaming, Video Streaming dan lain-lain. Single Band menjadi kelebihan beban. Oleh karena itu, menggunakan router Dual Band atau Tri Band adalah pilihan terbaik.

Dual Band Routers memiliki dua pita radio (2.4 GHz dan 5 GHz). Ini bisa mengatur surfing web biasa seperti bekerja di atas 2.4 GHz dan meneruskan pekerjaan berat seperti game dan streaming ke band 5 GHz.

Sekarang saya yakin. Anda pasti tahu bahwa router tri band memiliki tiga radio. Salah satu yang beroperasi pada 2.4 GHz dan dua yang beroperasi pada 5 GHz. Namun, sebagian pengguna rumahan tidak memerlukannya kecuali anda memiliki beberapa konsol dan beberapa perangkat yang terlibat dalam Video streaming setiap saat.

Sebagai pilihan terbaik saya merekomendasikan untuk mengambil router dual atau tri band.

b. Kecepatan

Ini adalah factor ekstrem, terutama jika memiliki internet berkecepatan tinggi di rumah. Router sama seperti perangkat jaringan lainnya memiliki kecepatan sendiri untuk mentransfer data. Jika anda memiliki kecepatan internet yang menawarkan kecepatan 100 Mbps, namun router anda hanya bisa menangani 54 Mbps, anda tidak akan pernah mendapatkan kecepatan yang anda bayar.

Semua router memiliki rating kecepatan atau protocol. Masing-masing protocol memiliki kecepatan maksimal. Saat anda membeli Router, pastikan anda memeriksanya.

    802.11b menawarkan kecepatan hinggan 11 Mbps
    803.11a dan 802.11g menawarkan kecepatan hingga 54 Mbps

Dua protocol di atas tersedia pada router Single Band dimana harganya juga paling murah. Saya tidak akan merekomendasikan anda untuk membeli router ini. Router ini sudah sangat usang. Jadi sebaiknya anda membeli router terbaru.

    802.11n menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps

Seharusnya ini cukup bagai kebanyakan pengguna broadband berkecepatan tinggi. Ini lebih dari cukup untuk untuk 2-3 game konsol, perangkat, mobile, dan laptop. Ini juga bisa menangani video streaming.

    803.11ac menawarkan kecepatan hingga 1 Gbps

Merencanakan rumah dengan perangkat yang saling terkait termasuk file sharing? Anda mungkin memerlukan router yang bisa mengatasinya. Protokol ini direkomendasikan untuk penggunaan berat yang meliputi game, video streaming. Router ini dirancang untu menawarkan beberapa perangkat bandwidth mereka sendiri untuk diunggah dan diunduh sehingga menghasilkan pengalaman yang mulus.

Disini saya merekomendasikan anda untuk memilih router 802.11ac atau 802.11n. Router ini dapat anda gunakan selama 5 sampai 6 tahun ke depan. Semua perangkat saat ini mendukung pada teknologi ini.

c. Fitur

Jika anda ingin mengatur jaringan yang melibatkan file sharing antar pengguna yang terhubung, router yang mendukung hard drive eksternal atau NAS sangat ideal. Ini memastikan hard drive tersedia sebagai jaringan ke semua perngkat yang terhubung. Ini berguna saat anda memelihara repository sentral untuk semua hal.

Perangkat Lunak

Bagian ini untuk mereka yang mengerti istilah teknis dan bisa mengatasi dan mengonfigurasinya.

  • Dukungan Wi-Fi Protected Setup (WPS) ini adalah satu tombol tekan untuk menghubungkan perangkat apapun ke router anda tanpa menggunakan akata sandi anda.
  • QoS, memberi prioritas lebih pada perangkat tertentu dibandingkan yang lain. Konsol game diharapkan bisa mendapat perhatian lebih melalui telepon. Dengan menggunakan ini anda dapat menentukan kebijakan prioritas untuk masing-masing game online, Aplication, LAN port, atau alamat MAC komputer.
  • Meter Lalu Lintas, ini membantu anda mengetahui berapa banyak bandwidth yang anda konsumsi. Bergantung pada perangkat lunak, anda mungkin mendapatkan penggunaan berbasis IP juga.
  • Content Filtering / Parantel Control. Dengan menggunakan fitur ini anda dapat memblokir situs web tertentu, kata kunci pencarian, dan bahkan mengatur waktu untuk penyaringan ini.

Sekarang anda sudah tahu tentang Router dan fiturnya. Bagian terakhir dan yang terpenting adalah harga perangkat. Jika anda memiliki uang 3 juta, anda akan mendapatkan router yang benar-benar menakjubkan. Tapi sebelum itu anda harus selalu memeriksa apakah anda benar-benar membutuhkannya. Mungkin saja pekerjaan anda bisa dilakukan dengan router yang harganya 500 ribu saja.