mengisi baterai ponsel dengan cepat 4

Tips & Trik Mengurangi Waktu Pengisian Daya Smarthphone

Pengisian daya smartphone atau tablet  biasanya memakan waktu 2 atau 3 jam, waktu di mana perangkat harus tetap terikat ke soket dinding atau ke sumber listrik lain. Secara teoritis, jangka waktu ini dipandang tidak produktif dan kadang menjengkelkan bagi seseorang yang ingin pergi keluar rumah karena urusan penting. Itulah sebabnya kenapa kebanyakan orang memilih mencharging gadget mereka di saat tidur.

Namun sekerang anda tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada cara mengisi baterai ponsel anda dengan lebih cepat. Metode yang diterapkan untuk mengurangi waktu pengisian daya berbeda-beda, ergantung pada produsen, model dan sistem operasi yang digunakan.

Cara Mengurangi Waktu Pengisian Daya untuk Perangkat Seluler

Tidak ada keajaiban aplikasi atau trik sulap yang akan mendongkrak output pengisian kita dan menurunkan total waktu. Tapi kita tahu beberapa cara praktik yang harus dilakukan dengan cukup baik. Sebelum kita mulai, pertama saya jelaskan terlebih dahulu bagaimana pengisian bekerja?

Di rumah orang memilih untuk mengisi perangkat mereka dengan charger pada colokan listrik, dan ini adalah metode tercepat untuk menghidupkan smartphone anda. Tapi apakah anda tahu bahwa metode ini juga memiliki kelemahan. Terutama pada baterai dan port micro USB yang dirancang dengan jumlah daya tertentu.

Untuk mengurangi waktu pengisian daya saat menggunakan steker dinding konvensional, terlebih dahulu, pastikan pengisi daya anda adalah keluaran tinggi.

Metode berikutnya yaitu dengan mengganti pengisi daya anda dengan model keluaran yang lebih tinggi. Tapi disini anda harus hati-hati saat memilih penggantinya dan memverifikasi jenis daya yang dapat diterima perangkat anda. Dan ini semua tergantung pada produsen dan model perangkatnya,

Melalui Port USB

mengisi batrei dengan cepat 2

Tidak semua charger , konektor dan kabel USB terlahir sama. Ada tiga varian USB yang bisa digunakan oleh satu komputer: standar 1.0, 2.0 atau 3.0. Standar pertama dirilis pada tahun 1996 dan dapat ditemukan di komputer warisan. Versi ini bisa mentransfer hingga 500 mA, dimana pengisian perangkat mobile ini cukup lamban.

USB 2.0, versi kedua muncul pada tahun 2000, berhasil meningkatkan kecepatan transfer untuk port normal. Dan yang terakhil adalah USB 3.O, yang dikenal dengan super speed, berhasil meningkatkan hingga 900 mA.

Seperti yang anda tahu, waktu pengisisan daya smartphone atau tablet sangat bervariasi, tergantung padas jenis USB yang digunakan. Cara yang paling baik adalah selalu memeriksa port laptop atau komputer sebelum memasangkan perangkat lain.

Selain USB, jenis port juga bisa mempengaruhi charging. Ada tiga jenis konektor yang harus anda ketahui yaitu port standart, port hilir, dan port pengisian khusus. Port standar dan hilir dapat anda temukan di komputer biasa, laptop dan lain sebagainya. Port pengisisan khusus hanya digunakan oleh charger dinding dummy.

Perbedaan antara ketiga jenis ini adalah spesifikasi daya khusus. Port standard downstream dapat menawarkan hingga 500 mA di USB 1.0 dan USB 2.0, sedangkan USB 3.0 dapat menawarkan hingga 900 mA.

Cara lain mempercepat pengisian daya smarthphone atau tabelet anda adalah dengan menggunakan kabel Y-kabel dua USB port. Yang menggabungkan kekuatan dua port komputer USB dan menyajikan semuanya ke satu perangkat.

Mematikan Smarthphone Saat Mengisi Daya

Mematikan ponsel saat charging merupakan hal yang paling mendasar. Teorinya adalah seperti ini, dengan mamatikan ponsel berarti anda membatasi penggunaan daya, jadi pengisian daya akan lebih meningkat.

Menggunakan Aplikasi

mengisi baterai ponsel dengan cepat 3

Sekarang sudah banyak tersedia aplikasi yang mempercapat pengisian daya smarthphone atau tablet anda. Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan adalah Ai Charger. Ai Charger berhasil memeras sekita 100 mA daya dari port USB normal. Hampir dua kali lipat tanda 500 mA yang terlihat pada sebagian besar konfigurasi.

Perangkat lunak ini sangat bagus bila anda hanya memiliki kabel USB dan perangkat host untuk melakukan pengisian daya. Seperti yang terlihat dari eksperimen, output maksimum yang dikeluarkan oleh Ai Charger mencapai batas pengisi daya dinding konvensional, yang berarti sekitar 2000 mA. Ai Charger dapat digunakan pada semua perangkat android, tanpa ada batasan.