router nirkabel 12

7 Cara Memasang Router Nirkabel di Rumah Anda

Langkah Pertama : Tempatkan Router Nirkabel Anda

Tempat terbaik memasang router nirkabel adalah di area terbuka di tengah rumah anda. Tapi tidak semua orang bisa melakukan ini, karena anda perlu menghubungkan router anda ke gateway broadband yang disediakan penyedia layanan internet (ISP). Peralatan ini selalu terpasang di dinding perimeter.

Jika anda tidak dapat menempatkan router nirkabel di tengan rumah anda, setidaknya cobal hindari meletakkan di lemari karena akan mengurangi jangkauannya. Anda tidak perlu memindahkan gateway, tapi anda bisa menggunakan kabel CAT5e atau CAT6 yang lebih panjang untuk menghubungkan router ke port ethernet gateway sehingga anda bisa meletakkanya di tempat terbuka. Anda juga bisa menjalankan sepasang kabel ethernet melalui dinding ke lokasi pusat yang ideal.

router nirkabel 13

 

Tapi ada juga pilihan yang lebih mudah. Router bergaya jala. Dalam sistem ini, anda akan menemukan satu node dimanapun gateway berada. Kemudian tempatkan node berikutnya di berbagai ruangan di rumah anda. Data anda secara nirkabel akan berpindah dari satu simpul ke simpul berikutnya. Anda akan memiliki sinya wifi yang kuat di setiap sisi rumah anda.

Beberapa router memiliki port WAN (Wide Area Network) yang ditunjuk untuk menghubungkan ke gateway. Sementara yang lain memiliki port penginderaan otomatis yang secara otomatis mengkonfigurasi dirinya sebagai WAN atau LAN (Local Area Network, yaitu jaringan rumah Anda). Anda harus melakukan beberapa langkah awal terlebih dulu, jadi jangan lepaskan atau matikan dulu.

Langkah Kedua : Konfirmasi Gateway Router Nirkabel Anda

Sebagian besar ISP menyediakan modem dan gateway dengan router mereka. Sayangnya, modem atau router terintegerasi biasanya memiliki kualitas lebih buruk ketingan router yang berdiri sendiri.

Jika gateway anda memiliki router terintegrasi, anda harus mengkonfigurasi gateway untuk menonaktifkan router dan meneruskan alamat IP WAN (alamat Protokol Internet unik yang diberikan ISP ke akun Anda) dan semua lalu lintas jaringan ke router baru anda. Hal ini diperlukan untuk menghindari skenario NAT ganda. Anda harus mengetahui alamat IP yang digunakan gateway (biasanya anda akan menemukan label ini di gateway itu sendiri). Masukkan alamat IP ke browser web untuk mengakses layar konfigurasi gateway.

Beberapa gateway dikenal memiliki meode jembatan untuk bekerja dengan router sekunder. Anda perlu menghubungi ISP anda untuk mendapatkan bantuan terkait langkah ini karena beberapa pihak tidak mengizinkan anda mengkonfigurasi gateway itu sendiri.

Langkah Ketiga: Sambungkan Gateway ke Router Baru Anda

Matikan gateway anda atau cabut catu daya jika tidak ada tombol on / off. Jika kabel ethernet dicolokkan ke port LAN gateway, lepaskan dan hubungkan ke port WAN router (beberapa router telah menyediakan port WAN dan LAN; yang lainnya memiliki port penginderaan otomatis). Jika kabel ethernet tidak terhubung ke port LAN gateway, seharusnya kabel ethernet disertakan dengan router anda. Gunakan untuk menghubungkan gateway ke router anda. Hidupkan kembali gateway dan tunggu satu atau dua menit untuk booting. Selanjutnya, pasang power supply router dan nyalakan. Tunggu satu atau dua menit lagi untuk boot.

router nirkabel 15

Langkah Keempat: Ubah Password Admin Router nirkabel Anda

Banyak produsen router menyediakan aplikasi smartphone untuk mengonfigurasi router mereka. Gunakan jika router baru anda memiliki aplikasinya. Jika tidak ada aplikasi, atau jika anda lebih suka menggunakan antarmuka pengguna berbasis browser router, hubungkan PC Anda ke router menggunakan kabel ethernet. Ketik alamat IP router di jendela alamat browser web anda dan tekan tombol Enter. Alamat IP router bisa dicetak di router itu sendiri. Itu akan terlihat seperti 192.168.1.1 atau yang serupa.

Anda memerlukan login dan password admin router untuk masuk ke dalamnya. Informasi ini mungkin tercetak di router itu sendiri, namun anda juga mungkin menemukannya di buku petunjuk. Masukkan kredensial yang diperlukan dan tekan Enter. Anda harus segera mengganti password admin default karena itu tidak aman. Buat sesuatu yang unik dan tuliskan atau masukkan ke dalam program manajer kata sandi seperti LastPass. Anda akan membutuhkannya nanti untuk melakukan perubahan dan update. Jika anda lupa kata sandi admin, anda harus melakukan reset perangkat keras, dan itu bisa membatalkan penyesuaian yang anda buat.

Langkah Kelima: Update firmware router

Produsen Router sering merilis firmware baru. Firmware baru mungkin berisi perbaikan bug yang penting serta peningkatan keamanan dan kinerja, jadi selalu pastikan anda memiliki versi terbaru. Sebagian besar router akan memeriksa firmware baru, namun hanya sedikit dari mereka yang melakukannya secara otomatis. Anda biasanya memerlukan setidaknya satu klik tombol pada aplikasi konfigurasi router. Lihatlah dokumentasi router anda untuk rinciannya. Anda harus me-reboot router setelah update firmware.

Langkah Keenam: Tetapkan kata sandi untuk jaringan Wi-Fi Anda

Biasanya router yang berasal dari pabrik sudah diberikan kata sandi sebelumnya. Banyak orang yang meminta untuk membuat kata sandi saat pertama kali memasang router. Pastikan untuk mengkonfigurasi router untuk menggunakan enkripsi WPA2 (enkripsi Wi-Fi Protected Access). WEP yang jauh lebih tua (Wired Equivalent Password) benar-benar tidak aman dan tidak boleh digunakan. Tidak ada router vintage terbaru yang akan menggunakannya secara default, namun sebagian besar masih mendukungnya. Jika anda masih menggunakan perangkat nirkabel yang termasuk dalam kategori itu, anda harus menghentikannya karena mereka membiarkan keseluruhan jaringan anda rentan terhadap peretas.

Proses untuk menyetel kata sandi Wi-Fi router akan bervariasi dari satu model ke model berikutnya. Pada router Linksys WRT1900AC yang saya gunakan, misalnya, setting berada di tab Connectivity and Wireless (tapi bukan tab Security, di mana anda bisa mengharapkannya). Jika anda memiliki router dual-band, Aada harus menetapkan kata sandi untuk jaringan 2.4GHz dan 5GHz anda. Mereka bisa menjadi kata kunci yang berbeda, tapi anda akan lebih bahagia jika menggunakan kata kunci yang sama untuk masing-masing. Kata sandi harus relatif rumit dan mencakup huruf, angka, dan karakter khusus. Disini anda akan menemukan manajer password yang sangat berguna kecuali jika anda memiliki memori yang sangat bagus. Jika anda mengoperasikan satu atau lebih jaringan tamu, anda harus membuat kata sandi untuk kata kunci tersebut.

Langkah Ketujuh: Nikmati jaringan Wi-Fi Anda!

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, anda harus bisa masuk ke jaringan Wi-Fi baru anda menggunakan kata sandi Wi-Fi yang baru anda buat. Jika router anda memiliki jaringan tamu, manfaatkan sepenuhny. Ini biasanya memungkinkan para tamu anda mengakses internet sambil mematikannya dari jaringan anda yang lain dan komputer serta perangkat penyimpanan yang terhubung dengannya.