multimonitor 13

Cara Bekerja Menggunakan Multimonitor

Kebanyakan dari kita menggunakan satu monitor untuk semua kebutuhan. Tapi ada juga yang memerlukan lebih banyak ruang, contohnya seperti menonton film sambil bermain game atau browsing web. Atau bahkan bermain game di 4 monitor, yang akhirnya memerlukan lebih dari satu monitor.

Harus diakui, saat memainkan game balap di 4 atau 6 monitor rasanya sangat menganggumkan. Pengalamannya sangat mendalam, membuatmu merasa seperti berada di belakang kemudi. Selain itu, permainan dan strategi penembak terlihat bagus di beberapa monitor, meski perlu konsentrasi yang cukup banyak untuk melihat semua piksel pada saat bersamaan.

Tapi penggunaan setup multimonitor tidak terbatas pada game. Editor video dan gambar juga menggunakan setup multimonitor untuk mengedit beberapa file secara bersamaan dan untuk menggunakan lebih banyak program secara bersamaan. Secara keseluruhan, sebaiknya gunakan lebih dari 1 monitor, karena menawarkan lebih banyak tempat untuk anda tempatkan.

Bekerja dengan Multimonitor

multimonitor 12

Disini pemasangan monitor bukanlah menjadi masalah utama, tapi yang menjadi masalah adalah monitor apa yang harus dipasang? Memiliki ukuran yang sama pada semua monitor adalah hal paling ideal. Ini akan membantu anda menjaga rasio aspek yang bagus dan bahkan resolusi. Periksa output kartu video anda. Anda memerlukan lebih banyak output (1/monitor).

Idealnya menggunakan tipe konektor yang sama (Digital-DVI/HDMI/Display Port atau Analog-VGA). Ini akan bekerja dengan 1 koneksi digital dan satu analog, tapi untuk analog, kualitas video akan berkurang, dan bila diletakkan berdampingan, bedanya akan terlihat.

Tergantung pada apa yang ingin anda gunakan untuk pemasangan beberapa monitro. Anda dapat memasang layar ukuran yang berbeda. Namun untuk gaming, anda memerlukan minimal 3 layar dengan ukuran yang sama persis.
Untuk pemograman, pengeditan video atau audio dan hal lainnya, perbedaan ukuran tidak begitu penting, jadi anda bisa mencari yang lebih sesuai dengan anda.

Setelah anda memutuskan jenis setup apa yang akan digunakan. Langkah selanjutnya adalah melihat apakah kartu video anda mendukungnya.

Ada kartu video yang bisa menampung hingga 6 monitor. Jika tidak, anda bisa mengupgrade kartu video anda dengan sesuatu di bawah $150. Sebgaian besar karti video saat ini bisa menampung hingga 4 monitor, jadi tidak akan menjadi masalah.

Bagaimana Mengatur Multimonitor

multimonitor12

Setelah menukar kartu video lama dengan yang baru, pasang semua monitor anda dan nyalakan komputer anda. Anda akan melihat bahwa setelah menginstal driver baru, ini akan menunjukkan gambar yang sama pada semua monitor.

Yang harus anda lakukan adalah menavigasi ke pengaturan video dan setup dari sana. Caranya Klik Kanan, Personalisasi,cDisplay ,cChange Display Settings atau, jika anda memiliki kartu grafis nVidia, masuk ke nVidia Control Panel (Klik Kanan pada desktop ) daan kemudian pergi ke Set up multiple Displays . Dari sini, yang harus anda lakukan adalah memberi masukan bagaimana anda ingin display anda bereaksi (cermin atau perluasan).

Setelah melakukannya, prosesnya selesai dan anda dapat menikmati array tampilan ganda anda. Ingatlah bahwa koneksi digital baru, seperti DVI atau HDMI secara otomatis mendeteksi resolusi layar baru dan sesuaikan dengan itu. Port VGA yang lebih tua mungkin memberi anda beberapa masalah dan harus memasukkan resolusi secara manual. Selain itu, anda harus tahu bahwa beberapa opsi monitor akan didukung di Windows 8 .

Juga, saat melakukan lebih dari 3 monitor di setup anda, ¬†anda perlu mengaturnya dalam matriks (monitor 2×3). Ini berarti bahwa 3 monitor akan berdiri di atas 3 yang lain (sama berlaku untuk pengaturan 2×2). Agar bisa bekerja, anda memerlukan tempat monitor. Mereka dapat menjaga agar monitor tetap terpasang dan memungkinkan anda mengatur kemiringan dan posisi monitor masing-masing.

Selanjutnya, aspek penting yang perlu diingat saat browsing monitor: cari monitor dengan margin tertipis. Perlu diingat bahwa dalam pengaturan Anda, margin akan dua kali lebih tebal. Ada pilihan dari panel kontrol tentang bagaimana margin harus dilihat (abaikan atau simpan).

Baik nVidia dan ATI sekarang menawarkan solusi untuk beberapa pengaturan tampilan , dan kartu grafis yang memiliki dukungan untuk Surround Viewing dan tampilan 3D memiliki banyak tenaga kuda dan dapat menangani beberapa monitor secara full HD atau bahkan 3D. Untuk 3D Viewing, tentunya anda memerlukan monitor 3D (untuk beberapa pengaturan monitor, semua monitor harus siap 3D).

Berapa biayanya

Biaya tergantung pada apa yang anda inginkan untuk setup anda. Untuk game, anda memerlukan satu atau lebih kartu video yang dapat menangani jumlah beban kerja yang anda butuhkan. Kartu seperti itu mulai dari $ 200 sampai $ 2000.

Dalam kasus monitor, harganya tergantung pada apakah itu layar LCD LED, dan tentu saja ukuran layarnya. Anda bisa mengambil monitor seharga $ 150, yang memiliki input HDMI dan layar lebar yang bagus 21 “.
Mac juga bisa mendapatkan keuntungan dari manfaat yang disajikan oleh beberapa setup monitor. Saat ini, sebagian besar Mac mendukung beberapa pengaturan monitor, dan karena resolusi yang besar dan layar yang keren, anda dapat membuat workstation yang sangat bagus.

Prosesnya sangat mirip dengan setup Windows. Saya sendiri tidak memiliki Mac (alhamdulillah!) Dan saya tidak bisa menceritakan terlalu banyak pada para tweeks dan hal-hal menarik di sini.

Ini adalah aspek terpenting yang perlu anda pertimbangkan ketika membeli beberapa pengaturan monitor.
Mereka menawarkan keuntungan besar dibandingkan dengan pemasangan monitor tunggal dan dapat membuat permainan anda jauh lebih realistis atau pekerjaan anda lebih produktif. Silahkan dicoba, dan beritahu kami bagaimana pendapat anda.