cara memilih cpu yang tepat untuk pc anda 13

Cara Memilih CPU (Processor) yang Tepat untuk PC Anda

CPU atau central Processing unit adalah otak dari setiap PC. Ini merupakan satu komponen terpenting dari semua komputer, dan dalam beberapa kasus, komponen ini bisa menjadi komponen paling mahal dari keseluruhan mesin di komputer.

Praktisnya, CPU adalah microchip yang mampu menyelesaikan jutaan operasi matematika per detik, dan itu semua dilakukan dalam kode binar yang dikenal dengan angka satu dan nol.

Selain itu, CPU adalah bagian dari PC yang menangani semua bilangan yang berderak. Ada dua jenis CPU yang paling di kenal di dunia yaitu Intel dan AMD.

Apa Itu CPU

CPU atau Prosesor adalah perangkat keras dalam sistem komputer yang menjalankan intruksi program komputer dengan melakukan operasi aritmatika, dan input/output sistem.

CPU adalah chip yang tertanam di sirkuit miliaran transistor kecil. Skala transistor ini sangat kecil, sulit untuk membayangkannya.

Chip silikon inilah yang memungkinkan PC anda untuk berpikir, memberikan kekuatan untuk membaca informasi dan mengirimkan informasi ke komponen lain. Dalam artian pekerjaan chip ini hampir sama dengan pekerjaan otak manusia. Hanya satu perbedaanya dimana chip ini hanya bekerja berdasarkan dasar hukum dan tidak bisa belajar dan beroperasi sendiri.

Di zaman sekarang yang serba modern, semakin kuat CPU, komputer juga akan semakin baik beroperasi. Disinilah anda harus mengupgrade CPU di komputer lama anda dengan CPU yang baru.

cara memilih cpu yang tepat untuk pc anda 12

Semakin Tinggi Nilai Bukan Berarti Semakin Baik

Saat anda berada di market, anda akan ditawarkan dengan nilai-nilai yang cukup tinggi sehingga dapat meyakinkan anda bahwa CPU itu lebih baik ari CPU yang lain.

Meskipun dalam beberapa kasus, lebih besar berati lebih baik, tapi jangan biarkan diri anda tertipu dengan angka-angka yang kelihatan acak ini.

Ingatlah bahwa semua CPU berbeda satu sama lain. Beberapa ada yang memiliki kecepatan clock yang besar, ada juga yang memiliki clock yang rendah, tergantung anda memilih yang mana sesuai kebutuhan anda.

Berikut adalah daftar singkat beberapa spesifikasi yang akan anda temukan saat membeli CPU. Saya akan mencoba menjelaskannya sebaik mungkin tanpa membahas detail teknis dan membuatnya sesederhana yang saya bisa.

Socket

Seperti yang kita lihat banyak motherboards yang ditawarkan untuk satu satu jenis CPU. Tergantung pada produsen mana yang mau di pilih. Sebagai contoh, prosesor Intel hadir dengan berbagai macam Socket yaitu 775, 1156, 1155. Begitu juga dengan AMD yaitu SAYA, AM2, AM2+, AM3.

Dan pada dasarnya antarmuka CPU anda terhubung ke motherboard.

Clock Speed

Ini adalah kecepatan sebenarnya dari komputer anda. Kecepatan jam di ukur dalam Hertz, sekarang dalam GHz, yang artinya jumlah operasi yang dapat dijalankan dalam waktu tertentu. Semakin tinggi kecepatan, semakin cepat CPU.

Disiina anda harus memperhitungkan jumlah core dan juga clock rate.

Jumlah Core

Multi core CPU adalah teknologi terbaru di dunia CPU. Desain ini telah muncul karena proses miniaturisasi transistor yang membuat perancang memasang beberapa CPU yang disebut core dalam satu microchip.

Mereka menawarkan kinerja yang jauh lebih unggul daripada desain inti tunggal. Dan ini dapat menangani beban kerja yang lebih tinggi.

Hyper Threading

Sebuah teknologi yang dikembangkan oleh intel yang memberi pengguna lebih banyak kekuataan dari CPU yang sama. Hal ini memungkinkan setiap inti fisik dipandang sebagai dua inti logis yang memberikan dorongan kinerja pada tugas apa pun.

Cache

Cache memory adalah memori RAM yang menyimpan interaksi yang paling sering digunakan. Ini jauh lebih kecil hanya beberapa MB dan jauh lebih cepat dari memori biasa.
Anda bisa bayangkan, dengan memori cache yang lebih besar, CPU dapat menyimpan lebih banyak instruksi, dan ini akan membuatnya lebih cepat.
Memori cache dibagi menjadi beberapa lapisan. Informasi yang disimpan dalam lapisan ini diurutkan sesuai kepentinganya

Generasi Panas

Seperti yang kita ketahui bersama, di komputer manapun, apabila pendinginnya lebih baik, makan kinerjanya semakin bagus.

CPU menghasilkan panas dengan jumlah besar. Ini menjadi masalah saat anda hanya memiliki pendingin saham, bukan pendingin CPU aftermarket, yang mampu menggerakkan panas dari CPU dengan efesien.

Sistem pendingin yang baik dan aliran udara yang baik adalah sesuatu yang dapat mengatasi masalah ini.

Arsitektur

Arsitektur CPU terbagi menjadi dua yaitu 32 bit (X86) atau 64 bit (X64).
Sekarang hampis semua CPU memiliki arsitektur 64 bit. Ini memungkinkan anda mengintal lebih banyak memori RAM di komputer anda dan dapat menangani aliran data yang jauh lebih besar.

Setelah memahami spesifikasi teknis ini, anda dapat melihat prosesor mana yang memiliki potensi lebih besar dan kapan anda ingin mengupgrade CPU anda.
Anda akan tahu bagaimana memilih yang terbaik, tergantung pada konfigurasi yang anda miliki dan tingkat mana yang anda butuhkan.

INTEL VS AMD

AMD VS INTEL 18

Pertanyaanya mana yang lebih baik? Jawaban atas pertanyaan ini tidak sesederhana aspek yang mungkin anda lakukan.

Saat ini teknologi telah berkembang cukup banyak. Sebagai penggemar intel, saya dapat mengatakan bahwa semua prosesor intel memiliki daya yang besar, dan untuk kekuatan mentah, misalnya untuk pengkodean video mereka menawarkan hasil terbaik.

Ini tidak berarti prosesor AMD tidak kuat. Kentungan terbesar teletak pada harga keduanya. Jika dibandingankan dengan harga intel, tidak ada artinya. AMD masih beroperasi dengan sangat baik di bawah tekanan dan untuk pengguna rata-rata tau gamer hardcore, AMD menawarkan kinerja terbaik.
Selain itu, AMD memiliki banyak core sampai 6 atau 8 yang member banyak kekuatan dena kecepatan pemrosesan.

6 CPU Terbaik yang Wajib Anda Miliki

Setiap pilihan memang ada di tangan anda, tergantung jenis komputer apa yang ingin anda miliki. Disini kami akan member beberapa refrensi dalam memilih prosesor.

Ini ada beberapa contoh dari beberapa CPU terbaik dari Intel dan AMD

Intel Core i7 3770K 3.5 GHz

Kecepatan Jam: 3,5 GHz
Jumlah inti: 4
L2 Cache: 4x 256 KB
Harga: $ 325

Intel Core i5 3570k 3.4GHz

Kecepatan Jam: 3,4 GHz
Jumlah inti: 4
L2 Cache: 4x 256 KB
Harga: $ 230

Intel Core i3 3225 3.3GHz

Kecepatan Jam: 3,3 GHz
Jumlah core: 2
Cache: Intel Smart Cache 3072 KB
Harga: $ 161

AMD FX-8150 3.6GHz

Kecepatan Jam: 3,6 GHz
Jumlah inti: 8
L3 Cache: 8192 KB
Harga: $ 170

AMD FX-8120 3.1GHz

Kecepatan Jam: 3,1 GHz
Jumlah inti: 8
L3 Cache: 8192 KB
Harga: $ 155,5

AMD Phenom II X4 975 Black Edition 3.60GHz

Kecepatan Jam: 3,6 GHz
Jumlah inti: 4
L3 Cache: 6144 KB
Harga: $ 175

Baca Juga :

7 hal yang harus diperhatikan dalam membeli laptop

7 antivirus perangkat lunak terbaik tahun 2017