Penyedia layanan internet 23

Apa itu Penyedia Layanan Internet? Tahukah Anda

Penyedia Layanan Internet (ISP) adalah istilah industri untuk perusahaan yang dapat memberi anda akses ke Internet, biasanya dari komputer. Jika anda mendengar seseorang berbicara tentang Internet dan mereka menyebutkan “penyedia layanan” mereka, biasanya mereka membicarakan ISP mereka.

ISP memungkinkan anda untuk membuat internet. Dengan kata lain, anda dapat memiliki komputer dengan modem builtin dan bisa memiliki router untuk jaringan. Namun tapa berlanggan ISP, anda tidak akan memiliki koneksi ke internet.

ISP adalah perusahaan kabel yang menawarkan berlangganan TV ke rumah atau apartemen. Selain itu mereka juga menawarkan internet. Anda tidak akan mendapatkan keduannya dalam satu harga. Setiap layanan mempunyai harga masing-masing, baik itu berlangganan tv atau internet atau bahkan keduanya.

ISP adalah pintu gerbang anda ke Internet dan segala hal lain yang dapat anda lakukan secara online. Yang kedua koneksi Aada diaktifkan dan disiapkan, Anda bisa mengirim email, pergi berbelanja, melakukan penelitian dan banyak lagi. ISP adalah link atau saluran antara komputer dan semua “server” lainnya di Internet. Anda mungkin merasa sedang berbicara dengan ibu anda secara langsung melalui email, namun kenyataannya “tidak langsung”. Email berasal dari komputer anda, ke komputer / server ISP, yang dikirim ke tempat tujuannya melalui server lain di jaringan.

Tentu saja, itu jalur “elektronik”.

Setiap rumah atau organisasi dengan akses internet memiliki ISP. Kabar baiknya adalah, kita tidak semua harus memiliki provider yang sama untuk berkomunikasi satu sama lain dan kita tidak perlu membayar apapun untuk berkomunikasi dengan seseorang yang dengan ISP berbeda.

Padahal hampir semua orang bisa memiliki sebuah website, tidak semua orang bisa menjadi ISP. Dibutuhkan uang, infrastruktur dan banyak teknisi yang sangat cerdas. ISP menyimpan mil kabel, mempekerjakan ratusan teknisi dan mengelola layanan jaringan untuk ratusan ribu pelanggannya. Bergantung pada tempat tinggal anda, biasanya anda memiliki pilihan ISP.

Jenis ISP

ISP 12
Pada tahun 1990-an, ada tiga jenis ISP yang dikenal, yaitu layanan dial-up, Internet berkecepatan tinggi (broadband) yang ditawarkan oleh perusahaan kabel, dan DSL (Digital Line Subscribers) yang ditawarkan oleh perusahaan telepon.

Pada tahun 2013, layanan dial-up jarang dipakai walaupun harganya murah, karena sangat lambat. Opsi ISP lainnya biasanya banyak tersedia, dan jauh lebih cepat.

DSL dan kabel

Dua ISP DSL terkemuka adalah Verizon dan AT & T. Namun dalam beberapa tahun terakhir (dari 2013), DSL telah mengalami penurunan, sementara ISP berbasis kabel, seperti Comcast dan Time Warner, telah berkembang. Mengapa berubah? Itu karena perusahaan telepon semakin mengenal bisnis smartphone yang menguntungkan, dan menjual kontrak tahunan untuk layanan seluler bersamaan dengan kemampuan internet smartphone.

Itu meninggalkan banyak bisnis broadband untuk perusahaan kabel.

Semakin tinggi tahun, semakin banyak teknologi baru yang bermunculan. Dan saat ini di beberapa are sudah ada menggunakan serat optik. Ini memiliki kecepatan seratus kali lebih cepat di banding kabel atau DSL. Ini merupakan hal menarik untuk perusahaan, damer dan rumah tangga dengan banyak penggunaan nirkabel simultan.

Verizon sekarang menawarkan FiOS di area pilihan. FiOS adalah singkatan dari layanan serat optik, dan mengklaim memiliki kecepatan koneksi Internet supercepat.

Dan untuk kita semua , Google meluncurkan Google Fiber pada tahun 2013, yang menawarkan kecepatan Internet sangat cepat.