port usb 27

Cara Menambahkan lebih banyak Port USB ke Komputer

Saat ini hampir semua gadget eksternal mengandalkan port USB konvensional untuk melakukan tugas tertentu. Entah kita sedang berbicara tentang smartphone, tablet, lampu laptop, bantalan pendingin, mouse komputer, keyboard atau perangkat lainnya, dibutuhkan satu konektor USB untuk menyalakan atau menyinkronkan alat tersebut. Bagian terburuknya adalah bahwa pada kenyataanya perangkat host apa pun, apakah itu komputer desktop konvensional, laptop atau Mac, memiliki sejumlah slot USB yang terbatas.

Biasanya, USB memiliki slot yang terbatas. Meskipun PC desktop konvensional dilengkapi dengan jumlah port yang cukup untuk pengguna biasa. Namun, dalam kebanyakan kasus berkisar antara empat sampai enam, laptop atau notebook tampaknya memiliki kekurangan yang jelas. Untuk melestarikan ruang sehingga produk akhir menjadi lebih kecil dan lebih portabel, beberapa produsen telah menemukan ide cemerlang untuk mengurangi jumlah port USB menjadi tiga atau, dalam beberapa kasus, hanya dua. HP saya, misalnya, hanya memiliki tiga.

Menambahkan lebih banyak daya USB

Mengingat beberapa kasus yang biasa terjadi, saat anda harus menambahkan mouse eksternal dan dudukan pendingin ke laptop, hanya tersisa satu slot USB untuk telepon atau mungkin keyboard tambahan. Sekarang, jika anda memasang stik untuk mentransfer film, sesuatu yang sudah terhubung harus ditarik keluar. Itu tidak begitu user-friendly. Untungnya, sekarang sudah ada beberapa metode yang  bisa digunakan untuk menambahkan port USB tambahan.

USB Hubs

usb hubs 23

USB hubs juga dikenal sebagai splitter. Hub USB adalah perangkat yang mampu menciptakan slot baru (biasanya empat, atau enam) dengan hanya mengambil satu ruang . Ini adalah perangkat sederhana tanpa daya komputasi sendiri yang mengumpulkan sinyal dari beberapa unit dan mentransmisikannya ke komputer menggunakan satu port. Harganya mulai dari $9 samapi $100, tergantung pada bentuk dan pembangunannya.

Meskipun hub USB membawa pilihan fleksibilitas yang solid, ada beberapa kelemahan system ini. Pertama-tama, satu slot USB bisa memberikan sejumlah daya. Saat splitter digunakan, kekuatan ini sepenuhnya dikirim ke perangkat eksternal dan kemudian dipecah di antara semua slot yang diberikan. Jadi, jika anda mengisi empat smartphone langsung dari hub, mereka benar-benar akan mengisi empat kali lebih lambat. Untuk menghindari hal ini terjadi, anda dapat memilih hub USB bertenaga, yang dilengkapi dengan pengisi daya AC. Mereka biasanya pricier tapi juga lebih stabil.

Rekomendasi lain adalah menghindari merantai dua atau lebih hub USB. Cukup banyak dari alasan yang sama seperti yang dijelaskan di atas. Jika anda memutuskan, inilah daftar singkat pilihan terbaik kami:

• Belkin High Speed 7 – $ 28.75
• Trip Lite U222-007 – $ 27.16
• Belkin USB 4 Ultra-Mini – $ 9.02
• Satechi 12 Port – $ 27.99
• Anker USB 3.0 – $ 30

Kartu ekspansi USB

kartu ekspansi usb 25

Sayangnya, varian kedua hanya bekerja untuk stasiun desktop dan ini adalah opsi yang lebih andal, begitu juga dengan ruang yang efektif. Melalui kartu ekspansi USB , pengguna biasanya dapat menambahkan lima atau lebih port dengan memasang papan di slot PCI gratis di motherboard komputer. Selain itu, dengan membeli kartu ekspansi USB yang berevolusi yang penuh dengan slot USB 3.0, pengguna juga dapat menikmati kecepatan transfer yang lebih tinggi.

Harga untuk unit seperti itu berkisar antara $ 15 sampai $ 40 , tergantung pada pabrik yang dipilih:

• Anker Uspeed Superspeed 3.0 dengan 4 port – $ 20
• Port StarTech 7 – $ 14.65
• IOGEAR 5-Port – $ 15
• Renesas SuperSpeed 3.0 dengan 2 port – $ 20

Periksa suku cadang

Banyak keyboard dilengkapi dengan koneksi USB cadangan yang tidak terlihat di bagian luar. Cukup buka kotak pelindung dan lihat apakah ada di luar sana. Jika ya, gunakan kabel ekstensi USB-to-USB untuk membawa port di luar kotak.