Pengertian Jaringan Client Server dan Peer To Peer

Client Server 24

Istilah client server mengacu pada model jaringan komputer populer yang menggunakan perangkat keras dan server klien, masing-masing dengan fungsi tertentu. Model client-server dapat digunakan di Internet serta jaringan area lokal (LAN) . Contoh sistem client server di Internet meliputi browser Web dan server Web, klien dan server FTP , dan DNS .

Client dan Server Hardware

Jaringan client / server semakin populer bertahun-tahun yang lalu karena komputer pribadi (PC) menjadi alternatif umum untuk komputer mainframe yang lebih tua .

Perangkat klien biasanya PC dengan aplikasi perangkat lunak jaringan terpasang yang meminta dan menerima informasi melalui jaringan. Perangkat mobile, serta komputer desktop, keduanya bisa berfungsi sebagai klien.
Sebuah Server perangkat biasanya menyimpan file dan database termasuk aplikasi yang kompleks seperti situs Web. Perangkat server sering menampilkan prosesor sentral bertenaga tinggi, lebih banyak memori, dan disk drive lebih besar daripada klien.

Aplikasi Client Server

Model client server mengatur lalu lintas jaringan dengan aplikasi klien dan juga oleh perangkat. Klien jaringan mengirim pesan ke server untuk mengajukan permintaan. Server menanggapi klien mereka dengan melakukan setiap permintaan dan mengembalikan hasilnya. Satu server mendukung banyak klien, dan beberapa server dapat digabungkan bersama di kolam server untuk menangani peningkatan beban pemrosesan seiring jumlah klien yang tumbuh.

Komputer klien dan komputer server biasanya terdiri dari dua unit perangkat keras terpisah yang disesuaikan untuk tujuan yang dirancang.

Misalnya, klien Web bekerja paling baik dengan tampilan layar yang besar, sementara server Web tidak memerlukan tampilan sama sekali dan dapat ditemukan di manapun di dunia ini. Namun, dalam beberapa kasus, perangkat tertentu dapat berfungsi baik sebagai klien dan server untuk aplikasi yang sama. Selain itu, perangkat yang merupakan server untuk satu aplikasi sekaligus dapat bertindak sebagai klien ke server lain, untuk aplikasi yang berbeda.

Beberapa aplikasi terpopuler di Internet mengikuti model client-server termasuk email, FTP dan layanan Web. Masing-masing klien ini memiliki antarmuka pengguna(baik grafis maupun berbasis teks) dan aplikasi klien yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke server. Dalam kasus email dan FTP, pengguna memasukkan nama komputer (atau terkadang alamat IP ) ke antarmuka untuk mengatur koneksi ke server.

Local Client Server Networks

Banyak jaringan rumah memanfaatkan sistem client-server dalam skala kecil. Router broadband , misalnya, mengandung server DHCP yang menyediakan alamat IP ke komputer rumah (klien DHCP). Jenis server jaringan lain yang ditemukan di rumah meliputi server cetak dan server cadangan .

Client Server vs Peer to Peer dan Model Lain

Model jaringan client server pada awalnya dikembangkan untuk berbagi akses ke aplikasi database di antara sejumlah besar pengguna. Dibandingkan dengan model mainframe , jaringan client server memberikan fleksibilitas yang lebih baik karena koneksi dapat dibuat sesuai kebutuhan daripada kebutuhan. Model client server juga mendukung aplikasi modular yang dapat mempermudah pekerjaan membuat perangkat lunak. Dalam apa yang disebut dua tipe tier dan tiga tingkat sistem client server. Aplikasi perangkat lunak dipisahkan menjadi komponen modular, dan setiap komponen diinstal pada klien atau server yang khusus untuk subsistem tersebut.

Client server hanyalah satu pendekatan untuk mengelola aplikasi jaringan. Alternatif utama untuk jaringan client server, peer to peer , memperlakukan semua perangkat yang memiliki kemampuan setara daripada peran klien atau server khusus. Dibandingkan dengan client server, peer to peer networks menawarkan beberapa kelebihan seperti fleksibilitas yang lebih baik dalam memperluas jaringan untuk menangani sejumlah besar klien. Jaringan client server umumnya menawarkan kelebihan dibanding peer to peer juga, seperti kemampuan untuk mengelola aplikasi dan data dalam satu lokasi terpusat.