web browser dan web server 16

Bagaimana Web Browser dan Web Server Berkomunikasi

Browser Web digunakan untuk menampilkan konten Web Server.

Browser web seperti Internet Explorer, Firefox, Chrome, dan Safari berada di antara aplikasi jaringan terpopuler di dunia. Mereka digunakan untuk browsing berbagai informasi. Selain itu mereka juga digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti belanja online dan game kasual.

Web server adalah yang memasukkan konten untuk web browser. Apa yang diminta browser, server mengirimkan melalui koneksi jaringan internet.

Desain Jaringan Klien-Server dan Web

client server 15

Browser web dan server web berfungsi bersama sebagai sistem client server .

Dalam jaringan komputer, client server adalah metode standar untuk merancang aplikasi. Dimana data disimpan di lokasi pusat (komputer server) dan dibagi secara efisien dengan sejumlah komputer lain (klien) sesuai permintaan.

Semua browser web berfungsi sebagai klien yang meminta informasi dari situs web (server).

Banyak klien browser web meminta data dari situs web yang sama. Permintaan bisa terjadi pada semua waktu yang berbeda atau bersamaan.

Sistem client server secara konseptual memanggil semua permintaan ke situs yang sama untuk ditangani oleh satu server. Namun, dalam praktiknya, karena volume permintaan ke server web terkadang bisa berkembang sangat besar.  Server web sering dibangun sebagai kumpulan server beberapa komputer terdistribusi.

Untuk situs web yang sangat besar dan populer di berbagai negara di seluruh dunia, kumpulan server web ini didistribusikan secara geografis untuk membantu meningkatkan waktu respons ke peramban.

Jika server lebih dekat ke perangkat yang meminta, itu akan mengikuti bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan konten lebih cepat daripada jika server lebih jauh lagi.

Protokol Jaringan untuk Web Browser dan Server

client server 16

Web browser dan server berkomunikasi via TCP / IP . Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol aplikasi standar di atas permintaan browser web TCP / IP yang mendukung dan tanggapan server.

Browser web juga mengandalkan DNS untuk bekerja dengan URL seperti http://www.computronx.com

Standar protokol ini memungkinkan berbagai merek peramban web berkomunikasi dengan berbagai merek server web tanpa memerlukan logika khusus untuk setiap kombinasi.

Seperti kebanyakan lalu lintas internet, browser web dan koneksi server biasanya berjalan melalui serangkaian router jaringan perantara.

Sebuah sesi browsing web dasar bekerja seperti ini:

  1. Pengguna menentukan URL di browser mereka (baik dari bookmark atau dengan mengetikkannya.
  2. Browser memulai koneksi TCP ke server web atau kolam server (menggunakan port 80 secara default) melalui alamat IP-nya yang dipublikasikan di DNS. Sebagai bagian dari proses ini, browser juga membuat permintaan pencarian DNS untuk mengubah URL ke alamat IP.
  3. Setelah server menyelesaikan pengakuan dari sisi koneksi TCP-nya, browser mengirimkan permintaan HTTP ke server untuk mengambil kembali konten tersebut.
  4. Setelah server membalas konten untuk halaman tersebut, browser akan mengambilnya dari paket HTTP dan menampilkannya sesuai dengan itu. Konten dapat menyertakan URL tersemat untuk spanduk iklan atau konten pihak ketiga lainnya, yang pada gilirannya memicu browser untuk mengeluarkan permintaan koneksi TCP baru ke lokasi tersebut. Browser juga dapat menyimpan informasi sementara tentang koneksi ke file lokal pada komputer klien yang disebut cookies.
  5. Kesalahan apa pun yang terjadi selama permintaan konten dapat ditampilkan sebagai baris status HTTP.