Hardware untuk membangun Jaringan Nirkabel

hardware apa yang dibutuhkan untuk membangun jaringan nirkabel

Jantung sebagian besar jaringan nirkabel adalah router nirkabel.

Komponen perangkat keras utama dari jaringan komputer nirkabel termasuk adaptor, router dan jalur akses, antena dan repeater.

Adaptor Jaringan Nirkabel

Adaptor jaringan nirkabel juga dikenal sebagai NIC nirkabel atau kartu jaringan nirkabel diperlukan untuk setiap perangkat pada jaringan nirkabel. Semua komputer, tablet, dan smartphone laptop yang lebih baru menggabungkan kemampuan nirkabel sebagai fitur bawaan sistem mereka.

Adaptor pengaya terpisah, harus dibeli untuk laptop laptop yang lebih tua. Ini tersedia dalam bentuk “kartu kredit” PCMCIA atau faktor bentuk USB . Kecuali Anda menjalankan perangkat keras lama, Anda dapat mengatur jaringan nirkabel tanpa perlu khawatir dengan adapter jaringan.

Untuk meningkatkan kinerja koneksi jaringan , mengakomodasi lebih banyak komputer dan perangkat, dan meningkatkan jangkauan jaringan, diperlukan jenis perangkat keras lain.

Wireless Router dan Access Point

Router nirkabel adalah jantung jaringan nirkabel. Mereka berfungsi sebanding dengan router tradisional untuk kabeljaringan Ethernet . Anda memerlukan router nirkabel saat membangun jaringan nirkabel semua di rumah atau kantor. Standar saat ini untuk router nirkabel adalah 802.11ac, yang menghadirkan streaming video yang lancar dan permainan online responsif. Router yang lebih tua lebih lambat, tapi tetap saja, bekerja, jadi pilihan router bisa dibuat sesuai persyaratan yang ingin anda pakai.

Namun, router AC puluhan kali lebih cepat dari versi 802.11n yang mendahuluinya. Router AC juga menangani beberapa perangkat lebih baik daripada model router yang lebih tua. Banyak rumah memiliki komputer, tablet, telepon, smart TV, kotak streaming dan perangkat rumah pintar yang semuanya menggunakan koneksi nirkabel dengan router.

Router nirkabel biasanya terhubung langsung ke modem yang disediakan oleh penyedia layanan internet berkecepatan tinggi dengan kabel, dan segala sesuatu di rumah terhubung secara nirkabel ke router.

Serupa dengan router, jalur akses memungkinkan jaringan nirkabel untuk bergabung dengan jaringan kabel yang ada. Keadaan ini terjadi di kantor atau rumah yang sudah memiliki kabel router dan peralatan terpasang. Di jaringan rumah, satu jalur akses atau router memiliki jangkauan yang cukup untuk menjangkau sebagian besar bangunan tempat tinggal. Bisnis di gedung perkantoran sering harus menggunakan banyak jalur akses atau router.

Antena Nirkabel

Jalur akses dan router dapat menggunakan antena nirkabel Wi-Fi untuk meningkatkan jangkauan komunikasi sinyal radio nirkabel secara signifikan. Antena ini dibangun di sebagian besar router, namun bersifat opsional dan dapat dilepas pada beberapa peralatan yang lebih tua. Mungkin memasang antena add-on aftermarket pada klien nirkabel untuk meningkatkan jangkauan adaptor nirkabel. Antena add-on biasanya tidak diperlukan untuk jaringan rumah nirkabel biasa, walaupun sudah lazim digunakan oleh bangsawan. Wardriving adalah praktik yang sengaja mencari daerah yang mencari sinyal jaringan nirkabel Wi-Fi yang tersedia.

Repeater nirkabel

Repeater nirkabel terhubung ke router atau jalur akses untuk memperluas jangkauan jaringan. Sering disebut penguat sinyal atau rentang expander. Repeater berfungsi sebagai stasiun relay dua arah untuk sinyal radio nirkabel, memungkinkan peralatan lain tidak dapat menerima sinyal nirkabel jaringan untuk bergabung. Repeater nirkabel digunakan di rumah besar bila satu atau lebih kamar tidak menerima sinyal Wi-Fi yang kuat, biasanya karena jaraknya dari router nirkabel.