Bagaimana Alamat IP Bekerja di Web

Bagaimana Alamat IP Bekerja di Web

Anda sering mendengar ungkapan ‘alamat IP’ di televisi dan film. Ya, komputer memiliki alamat IP, telepon memiliki alamat IP. Bahkan mesin Coke pun memiliki alamat IP. Tapi apa sebenarnya sebuah ‘alamat IP’?

Alamat IP, atau “alamat protokol internet”, adalah nomor identifikasi unik yang diberikan ke setiap komputer di Internet. Seperti plat mobil, alamat IP adalah nomor seri khusus yang digunakan untuk identifikasi.

Setiap mesin yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP, game Xbox, telepon seluler, mesin faks, dan bahkan dispenser soda pop memiliki alamat IP. Dalam setiap kasus, alamat IP bertindak seperti pelat nomor mobil dan seperti nomor telepon. Ini menunjukkan kepemilikan, dan memberdayakan pihak berwenang untuk melacak dan melindungi keselamatan orang, jika perlu.

Bagaimana Alamat IP Terlihat

Alamat IP memiliki dua format umum. Alamat IP versi 4 terdiri dari empat segmen angka saja yang dipisahkan oleh titik-titik.
Misalnya :

  • 127.0.0.1
  • 253.16.44.22
  • 72.48.108.101

Alamat IPv6 terdiri dari 8 segmen. Alamat IP 6 lebih kompleks dari alamat IP 4.
misalnya :

  • 3ffe: 1900: 4545: 3: 200: f8ff: fe21: 67cf
  • 21DA: D3: 0: 2F3B: 2AA: FF: FE28: 9C5A

Alamat IP tidak sama dengan alamat nama domain www

Untuk hampir setiap server web , alamat IP tidak terlihat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris “nama domain” alami untuk kemudahan penggunaan. Tapi secara teknis, alamat IP adalah pengenal sebenarnya dari server web … nama domain hanyalah sebuah redirector pointer untuk membantu orang menemukan server web.

Berikut adalah tiga alamat IP, dengan nama domain yang sesuai. Baik alamat IP dan URL nama domain dapat digunakan untuk terhubung ke server web yang sama.

  • 72.246.51.15 = www.nasa.gov
  • 152.91.56.138 = www.gov.au
  • 208.185.127.40 = www.dotdash.com

Otoritas Internet membagikan sejumlah besar nomor alamat IP ke penyedia layanan internet regional. ISP tersebut, pada gilirannya, menetapkan alamat IP ke setiap server dan setiap pengguna internet yang log on. Ya, ada jutaan alamat IP aktif setiap saat.

Lebih Lanjut Mengenai Alamat IP

  • Trivia point 1: sebelum World Wide Web menjadi populer di tahun 1990an, setiap komputer diberi alamat IP tetap (“statis”). Tapi dengan jutaan pengguna internet saat ini, ISP sekarang memilih untuk “meminjamkan” alamat IP dari kumpulan angka. Ini sama seperti plat nomor dealer yang dibagi di antara kendaraan penguji di sebuah dealer mobil. Peminjaman alamat IP ini disebut “pengalamatan IP dinamis”, dan terbukti bekerja lebih baik untuk pengguna individual.
  • Trivia point 2: mengidentifikasi di mana pengguna berada di dunia dengan alamat IP mereka. Situs web seperti www.whatismyipaddress.com/ dapat membaca alamat IP komputer anda, bandingkan dengan database ISP-nya, dan mencoba menebak lokasi anda di planet ini.
  • Trivia point 3: memungkinkan untuk menutupi atau mengubah tampilan alamat IP komputer anda secara digital Anda akan melakukan ini demi privasi atau untuk menghindari otoritas yang melacak kebiasaan online anda.
  • Trivia point 4: dalam jaringan kantor, masing-masing komputer kantor diberi “alamat IP internal”. Begitu komputer kantor mengakses internet, komputer itu kemudian meminjam alamat IP utama kantor tersebut. Ini bekerja seperti nomor telepon kantor. Nomor ekstensi internal unik diberikan kepada setiap pengguna, namun begitu ada orang yang keluar dari kantor, tampilan panggilan hanya akan menampilkan nomor telepon utama kantor. Ini dikenal sebagai pengalamatan internal vs eksternal IP, dan merupakan teknik yang diperlukan untuk mengurangi jumlah alamat IP di internet.
  • Trivia point 5: mulai April 2013, internet beralih dari pengalamatan IP standar Versi 4 ke generasi baru dari alamat yang disebut IPv6. Perubahan terbesar ada pada jumlah alamat yang tersedia. Daripada 4,3 miliar kemungkinan alamat IP, IPv6 akan membawa 34.000.000.000.000.000.000 miliar miliar alamat IP yang mungkin.  Baca lebih lanjut tentang IPv6 di sini .