Apa itu Gateway Default pada Jaringan Komputer? Lihat Disini

Gateway Default 12

Gateway default digunakan untuk mengizinkan perangkat dalam satu jaringan berkomunikasi dengan perangkat di jaringan lain. Misalnya jika komputer anda meminta halaman web internet, permintaan tersebut pertama kali berjalan melalui gateway default anda sebelum keluar dari jaringan lokal untuk mencapai internet.

Cara yang lebih mudah untuk memahami gateway default mungkin menganggapnya sebagai perangkat perantara antara jaringan lokal dan internet.

Ini perlu untuk mentransfer data internal ke internet, dan kemudian kembali lagi.

Jadi, perangkat gateway default melewati lalu lintas dari subnet lokal ke perangkat pada subnet lainnya. Gateway default sering menghubungkan jaringan lokal ke internet, meskipun gateway internal untuk komunikasi dalam jaringan lokal juga ada.

Catatan: Kata default dalam istilah ini berarti bahwa itu adalah perangkat default yang dicari saat informasi perlu dikirim melalui jaringan.

Bagaimana Traffic Bergerak Melalui Gateway Default

Semua klien di jaringan menunjuk ke gerbang default yang harus digunakan untuk mengarahkan lalu lintas mereka.

Gateway default pada jaringan rumah anda, misalnya, memahami rute tertentu yang harus diambil untuk memindahkan permintaan internet dari komputer dan jaringan andake peralatan berikutnya yang dapat memahami apa yang perlu dilakukan.

Dari situ, proses yang sama pun terjadi sampai akhirnya data anda mencapai tujuan yang diinginkan.

Dengan setiap jaringan yang dilalui lalu lintas, gateway default jaringan tersebut melayani tujuannya sendiri untuk menyampaikan informasi tersebut kembali ke internet dan akhirnya kembali ke perangkat anda yang semula memintanya.

Jika lalu lintas terikat untuk perangkat internal lain dan bukan perangkat di luar jaringan lokal, gateway default masih digunakan untuk memahami permintaan tersebut. Namun alih-alih mengirimkan data dari jaringan, perangkat tersebut akan mengarahkannya ke perangkat lokal yang benar.

Ini semua dipahami berdasarkan alamat IP yang diminta oleh perangkat yang berasal.

Jenis Gateway Default

Gateway default Internet biasanya satu dari dua jenis:

  • Di rumah atau jaringan bisnis kecil dengan router broadband untuk berbagi koneksi internet, router rumah berfungsi sebagai gateway default.
  • Di rumah atau jaringan bisnis kecil tanpa router, seperti tempat tinggal dengan akses  internet dial-up , router di lokasi penyedia layanan internet berfungsi sebagai gateway default.

Gerbang jaringan standar juga dapat dikonfigurasi menggunakan komputer biasa dan bukan router. Gerbang ini menggunakan dua adapter jaringan  dimana terhubung ke subnet lokal dan yang lainnya terhubung ke jaringan luar.

Router atau komputer gateway dapat digunakan untuk jaringan subnet lokal seperti yang ada di bisnis yang lebih besar.

Cara Cari Alamat IP Gateway Default Anda

Anda mungkin perlu mengetahui alamat IP gateway default jika ada masalah jaringan atau untuk melakukan perubahan pada router anda.

Di Microsoft Windows, alamat IP gateway default komputer bisa diakses melalui Command Prompt dengan perintah ipconfig atau melalui Control Panel . Perintah netstat dan ip route digunakan pada macOS dan Linux untuk menemukan alamat gateway default.

Untuk petunjuk OS-spesifik yang lebih rinci tentang menemukan gateway default, lihat Cara Menemukan Alamat IP Gateway Default.