Cara Menemukan Alamat IP anda dengan Mudah

Sebuah TCP / IP jaringan komputer menggunakan dua jenis dasar alamat IP yaitu publik yang disebut eksternal dan swasta yang disebut internal maupun lokal.

Anda mungkin memerlukan alamat IP publik jika anda menyiapkan server file atau situs web, sedangkan alamat IP pribadi berguna untuk berkomunikasi dengan perangkat lokal, meneruskan port dari router , atau mengakses router anda untuk membuat perubahan jaringan .

Tidak peduli apa yang anda butuhkan untuk alamat IP, berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk menemukan alamat IP anda.

Cara Mencari Alamat IP Publik dan Internet

cara menemukan alamat ip dengan mudah

Alamat IP publik adalah alamat yang disebutkan di atas. Artinya, itu adalah wajah jaringan. Ini adalah satu alamat IP yang digunakan oleh semua perangkat jaringan lokal untuk berinteraksi dengan internet untuk mengakses situs web.

Pada jaringan rumah, alamat IP publik dapat ditemukan di router, karena ini disimpan di router sehingga bisa berkomunikasi dengan perangkat di luar jaringan lokal .

Namun, ada cara mudah untuk menemukan alamat IP publik anda daripada menggali di router anda. Berikut adalah beberapa situs web yang dapat mengidentifikasi alamat IP publik anda. Cukup buka satu di komputer atau telepon anda untuk memilikinya menampilkan alamat internet:

  • WhatIsMyIPAddress.com
  • WhatIsMyIP.com
  • IP-Lookup

Catatan : Jika anda menjalankan VPN, alamat IP yang ditampilkan di situs pencarian IP akan menunjukkan alamat yang digunakan VPN, bukan alamat sebenarnya yang diberikan ISP ke jaringan anda.

Karena informasi ini bersifat publik, sampai batas tertentu, terkadang anda dapat menemukan pemilik alamat IP dengan mencari alamat mereka di situs pencarian IP.

Cara Mencari Alamat IP Pribadi di Komputer

Alamat IP pribadi adalah alamat yang harus dimiliki setiap perangkat di jaringan lokal jika mereka ingin berkomunikasi dengan router dan perangkat lainnya.

Ini memfasilitasi komunikasi antara semua perangkat lokal dan pada akhirnya memungkinkan masing-masing mengakses internet.

Catatan: Jika beberapa perangkat pada jaringan lokal menggunakan alamat IP yang sama, konflik alamat IP terjadi.

Cara Mencari IP Lokal di Windows

Pada semua versi Windows yang modern, menjalankan utilitas ipconfig dari Command Prompt menampilkan daftar alamat yang ditugaskan ke PC.

Jika terhubung ke jaringan lokal melalui Wi-Fi , alamat IP aktif akan ditampilkan di bawah bagian “Wireless LAN Adaptor Wireless Network” dari output ipconfig. Jika terhubung melalui kabel Ethernet , alamat akan ditampilkan di bawah “Ethernet adapter Local Area Connection.” Jika terhubung ke kedua jaringan secara bersamaan, kedua alamat IP akan ditampilkan.

Pengguna Windows dapat menemukan alamat IP pribadi mereka dengan menggunakan Control Panel. Dari Control Panel, buka Network and Sharing Center. Pada layar itu, pilih Ubah pengaturan adaptor di sisi kiri layar dan kemudian temukan koneksi kabel atau nirkabel yang muncul di jendela baru.

Dari situ, klik dua kali koneksi untuk membuka propertinya. Klik Details … untuk melihat semua pengaturan jaringan koneksi, termasuk alamat IP pribadi.

Catatan: The winipcfg utilitas yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP hanya pada versi yang sangat lama dari Windows (Win95 / 98 dan Windows ME).

Cara Mencari Alamat IP Lokal di macos

Pada perangkat Apple Mac, alamat IP lokal dapat ditemukan dengan dua cara.

Yang pertama adalah dengan System Preference. Buka panel Jaringan untuk melihat alamat IP yang tercantum di bawah “Status.”

Cara lain sedikit lebih rumit. Buka utilitas Terminal dan jalankan perintah ifconfig. Alamat IP (bersama dengan rincian konfigurasi jaringan lokal lainnya) tercantum di sebelah nama “inet.”

Catatan: Tercantum bersama dengan alamat IP adalah sesuatu yang disebut alamat loopback .

Anda bisa mengabaikan entri itu.

Cara Cari IP Lokal di Linux

Alamat IP Linux dapat ditemukan dengan menjalankan utilitas ifconfig . Alamat IP tercantum di sebelah nama “eth0.”

Cara Cari Alamat IP Pribadi di Telepon

Prosedur ini bervariasi tergantung pada telepon atau tablet yang Anda gunakan. Misalnya, untuk menemukan alamat IP pada kebanyakan versi iPhone:

Buka aplikasi Setelan .
Ketuk menu Wi-Fi .
Di sebelah jaringan yang terhubung dengan ponsel (yang memiliki tanda centang), ketuk yang kecil (i) .
Alamat IP pribadi dari telepon ditampilkan di sebelah “Alamat IP”.

Tips: Di layar ini adalah alamat IP dari router yang terhubung dengan telepon. Alamat IP tersebut bukan alamat IP publik dari keseluruhan jaringan melainkan alamat lokal yang dikonfigurasi router untuk digunakan, juga disebut gateway default .

Meskipun langkah-langkah ini ditujukan untuk iPhone, Anda biasanya dapat mengikuti jalur serupa pada perangkat seluler lain dengan mencari opsi atau menu di aplikasi Setelan atau beberapa menu terkait jaringan lainnya.

Cara Cari Alamat IP Lokal Router

Router jaringan TCP / IP biasanya memelihara dua alamat IPnya sendiri.

Salah satunya adalah alamat IP pribadi yang dibutuhkan router untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan. Ini adalah alamat yang semua perangkat telah ditetapkan sebagai alamat gateway default mereka karena semua informasi jaringan harus dikirim ke alamat pribadi router sebelum keluar dari jaringan.

Ini juga alamat IP yang sama yang anda butuhkan saat masuk ke router untuk menyiapkan jaringan nirkabel atau membuat perubahan lain pada pengaturan.

Lihat Cara Menemukan Alamat IP Gateway Default jika anda memerlukan bantuan untuk melakukannya di Windows.

Alamat lain yang dimiliki router adalah alamat IP publik yang harus ditugaskan ke jaringan agar perangkat di jaringan menjangkau internet. Alamat ini, terkadang disebut WAN IP Address , tersimpan di tempat yang berbeda tergantung dari router.