Apa Perbedaan Antara Internet dan Web ?

Perbedaan internet dan web

 

Ada perbedaan secara signifikan antara internet dan web. Orang sering menggunakan kata internet dan web secara bergantian, namun penggunaan ini secara teknis salah.

Internet adalah jaringan yang terhubung ke miliaran komputer dan perangkat keras lainnya. Setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lain selama keduanya terhubung ke internet. Web terdiri dari semua halaman Web yang dapat anda lihat saat anda online di internet menggunakan perangkat keras.

Satu analogi menyamakan internet ke restoran dan web ke menu paling populer di menu.

Internet adalah infrastruktur perangkat keras

Internet adalah gabungan besar miliaran komputer dan perangkat terhubung lainnya yang berada di seluruh dunia dan terhubung melalui kabel dan sinyal nirkabel. Jaringan besar ini mewakili perangkat pribadi, bisnis, pendidikan dan pemerintah yang mencakup mainframe besar, komputer desktop, smartphone, gadget rumah pintar, tablet pribadi, laptop dan perangkat lainnya.

Internet lahir pada 1960-an dengan nama ARPAnet sebagai percobaan, bagaimana militer AS dapat menjaga komunikasi dalam kasus serangan nuklir. Seiring berjalannya waktu, ARPAnet menjadi eksperimen sipil, menghubungkan komputer mainframe universitas untuk tujuan akademis. Seiring komputer pribadi menjadi mainstream pada tahun 1980an dan 1990an, internet tumbuh secara eksponensial karena lebih banyak pengguna memasang komputer mereka ke jaringan masif.

Saat ini, internet telah berkembang menjadi spiderweb publik miliaran komputer, peralatan pribadi, pemerintah, pendidikan dan komersial, semuanya saling terkait oleh kabel dan sinyal nirkabel.

Tidak ada satu entitas pun yang memiliki internet. Tidak ada pemerintah tunggal yang memiliki wewenang atas operasinya. Beberapa peraturan teknis dan standar perangkat keras dan perangkat lunak memberlakukan bagaimana orang terhubung ke internet. Namun untuk sebagian besar, internet adalah media siaran gratis dan terbuka dari jaringan perangkat keras.

Web Adalah Informasi di Internet

Anda harus mengakses internet untuk melihat World Wide Web dan halaman Web atau konten lainnya yang terdapat di dalamnya. Web adalah bagian pembagian informasi dari web. Ini adalah nama luas untuk halaman HTML yang disajikan di internet.

Web terdiri dari miliaran halaman digital yang dapat dilihat melalui perangkat lunak peramban web di komputer anda. Laman ini berisi banyak jenis konten, termasuk konten statis seperti laman ensiklopedia dan konten dinamis seperti laporan penjualan, stok, cuaca, berita, dan lalu lintas eBay.

Laman web dihubungkan menggunakan Hypertext Transfer Protocol, bahasa pengkodean yang memungkinkan anda untuk beralih ke laman web publik manapun dengan mengeklik tautan atau mengetahui URL, yang merupakan alamat unik untuk setiap laman web di internet.

World Wide Web lahir pada tahun 1989. Yang cukup menarik, web ini dibangun oleh para fisikawan penelitian sehingga mereka dapat berbagi temuan penelitian mereka dengan komputer masing-masing. Saat ini, gagasan itu telah berkembang menjadi koleksi pengetahuan manusia terbesar dalam sejarah.

Web Hanya Satu Bagian dari Internet

Meskipun laman web mengandung sejumlah besar informasi, namun bukan satu-satunya cara berbagi informasi melalui internet.

Web adalah sebagian besar internet tapi tidak semuanya.