Cara Menemukan IP Gateway Default dengan Mudah

Cara Menemukan Alamat IP Gateway Default

Mengetahui alamat IP gateway default  (router) di jaringan rumah atau bisnis adalah informasi penting,  jika ingin berhasil memecahkan masalah jaringan atau mendapatkan akses ke manajemen berbasis web router.

Dalam kebanyakan kasus, alamat IP gateway default adalah alamat IP pribadi yang ditetapkan ke router. Ini adalah alamat IP yang digunakan router untuk berkomunikasi dengan jaringan rumah lokal.

 Diperlukan beberapa  klik untuk sampai ke sana, alamat IP gateway default disimpan dalam pengaturan jaringan Windows dan sangat mudah dikenali.

Waktu yang dibutuhkan: Tidak perlu waktu lebih dari beberapa menit untuk menemukan alamat IP gateway default anda di Windows.

Catatan: Anda dapat menemukan gateway default komputer  seperti yang dijelaskan di bawah ini. di versi Windows manapun, termasuk Windows 10 , Windows 8 , Windows 7 , Windows Vista , dan Windows XP . Petunjuk untuk macOS atau sistem operasi Linux  dapat ditemukan di bagian bawah halaman.

Cara Cari Alamat IP Gateway Default di Windows

Petunjuk di bawah ini hanya akan bekerja untuk menemukan alamat IP gateway default pada jaringan kabel dan nirkabel, dan jaringan bisnis kecil. Jaringan yang lebih besar, dengan lebih dari satu router dan hub jaringan sederhana, mungkin memiliki lebih dari satu gateway dan perutean yang lebih rumit.

    1. Buka Control Panel. Dapat diakses melalui Start Menu  di sebagian besar versi Windows. Tip: Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 8.1, anda dapat mempersingkat proses ini dengan menggunakan Network Connections link di menu Power User . Diakses melalui WIN + X . Lewati ke Langkah 5 di bawah jika anda pergi ke rute itu. Lihat Versi Windows apa yang anda punya? jika tidak yakin versi Windows yang diinstal pada komputer anda.
    2. Setelah Control Panel terbuka, klik pada link Network and Internet . Tautan ini disebut Network and Internet Connections di Windows XP. Catatan: Anda tidak akan melihat link ini jika tampilan Panel Kontrol anda diatur ke Ikon besar , Ikon kecil , atau Tampilan Klasik . Sebagai gantinya, ketuk atau klik Network and Sharing Center dan lanjutkan ke Langkah 4. Pada Windows XP, klik Network Connections dan lompat ke Langkah 5.
    3. Di jendela Network and Internet …Windows 10, 8, 7, Vista: klik Network and Sharing Center.kemungkinan besar link di bagian paling atas. Hanya Windows XP: Klik tautan Network Connections di bagian bawah jendela dan lompat ke Langkah 5 di bawah ini.
    4. Di sisi kiri jendela Network and Sharing Center . Windows 10, 8, 7: Sentuh atau klik pada Change setting adaptor .Windows Vista: Klik pada Manage network connections. Catatan: Saya menyadari itu mengatakan perubahan di link yang tapi jangan khawatir, anda tidak akan membuat perubahan untuk pengaturan jaringan pada Windows dalam tutorial ini. Yang anda lakukan adalah melihat IP gateway default yang sudah dikonfigurasi.
    5. Pada layar Network Connections , cari koneksi jaringan yang ingin anda lihat IP gateway default untuk. Tip: Pada sebagian besar komputer Windows, koneksi jaringan kabel mungkin diberi label sebagai Ethernet atau Local Area Connection. Sementara koneksi jaringan nirkabel anda mungkin diberi label sebagai Wi-Fiatau Wireless Network Connection. Catatan: Windows dapat terhubung ke beberapa jaringan secara bersamaan, sehingga anda mungkin melihat beberapa koneksi di layar ini. Biasanya, jika koneksi jaringan anda bekerja, anda dapat langsung mengecualikan koneksi yang mengatakan Tidak terhubung atau Dinonaktifkan. Jika anda masih mengalami masalah dalam menentukan koneksi mana yang akan digunakan, ubah tampilan menjadi Details dan catat informasinya di kolom Connectivity .
    6. Ketuk dua kali atau klik dua kali pada koneksi jaringan. Ini harus memunculkan kotak dialog Status Ethernet atau Wi-Fi Status , atau Statuslainnya , tergantung pada nama koneksi jaringan.Catatan: Jika anda memilih Properties , Devices and Printers , atau beberapa jendela atau notifikasi lainnya, ini berarti bahwa koneksi jaringan yang anda pilih tidak memiliki status untuk ditunjukkan, artinya anda tidak terhubung ke jaringan atau internet. Kunjungi Langkah 5 dan lihat lagi untuk koneksi yang berbeda
    7. Sekarang bahwa koneksi ini Status jendela terbuka, tekan atau klik pada Details tombol. Tip: Pada Windows XP saja, anda harus mengklik Dukungan tab sebelum anda melihat Details … tombol.
    8. Pada jendela Rincian Sambungan Jaringan , cari Gateway Default Default IPv4 atau Gateway Default IPv6 di bawah kolom Property , tergantung pada jenis jaringan yang anda gunakan.
    9. Alamat IP yang terdaftar sebagai Nilai untuk properti itu adalah alamat IP gateway default yang digunakan Windows saat ini.Catatan: Jika tidak ada alamat IP yang terdaftar di Properti , koneksi yang anda pilih di Langkah 5 mungkin bukan yang digunakan Windows untuk menghubungkan anda ke internet. Periksa lagi bahwa ini adalah koneksi yang benar.
    10. Anda sekarang dapat menggunakan alamat IP gateway default untuk memecahkan masalah koneksi yang anda miliki, untuk mengakses router anda, atau tugas lain yang ada dalam pikiran anda. Tip: Mendokumentasikan IP gateway default adalah ide bagus, jika hanya untuk menghindari mengulangi langkah-langkah ini pada saat anda memerlukannya.

    Cara Cari Alamat IP Gateway Default Via IPCONFIG

    Perintah ipconfig, di antara banyak hal lainnya, sangat bagus untuk akses cepat ke alamat IP gateway default anda:

    1. Buka Command Prompt .
    2. Jalankan perintah berikut dengan tepat:
      ipconfig
      

      … tidak ada ruang antara ‘ip’ dan ‘config’ dan tidak ada switch atau opsi lainnya.

    3. Bergantung pada versi Windows anda, berapa banyak adapter jaringan dan koneksi yang anda miliki, bagaimana komputer anda dikonfigurasi. Anda mungkin mendapatkan jawaban yang sangat sederhana, atau sesuatu yang sangat rumit. Apa yang anda cari adalah alamat IP yang tercantum sebagai Gateway Default di bawah judul untuk koneksi yang anda minati . Lihat Langkah 5 dalam proses di atas jika anda tidak yakin koneksi mana yang penting.

    Pada komputer Windows 10 saya, yang memiliki sejumlah koneksi jaringan, bagian dari hasil ipconfig yang saya minati adalah koneksi kabel saya, yang terlihat seperti ini:

    ...
    Ethernet adapter Ethernet:
     Connection-specific DNS Suffix . :
     Link-local IPv6 Address . . . . . : fe80::8126:df09:682a:68da%12
     IPv4 Address. . . . . . . . . . . : 192.168.1.9
     Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
     Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
    ...

    Seperti yang anda lihat, Gateway Default untuk koneksi Ethernet saya terdaftar sebagai 192.168.1.1 . Inilah yang anda harapkan juga, untuk hubungan apa pun yang anda minati.

    Jika itu terlalu banyak informasi untuk dilihat, anda bisa mencoba menjalankan ipconfig | findstr “Default Gateway” sebagai gantinya, yang secara signifikanmenurunkan data yang dikembalikan di jendela Command Prompt .

    Metode kedua ini hanya membantu, jika anda tahu bahwa anda hanya memiliki satu koneksi aktif. Karena beberapa koneksi akan menampilkan gateway default mereka tanpa konteks apa pun tentang koneksi yang mereka gunakan.

    Menemukan Gateway Default di PC Mac atau Linux

    Pada komputer macos, anda dapat menemukan gateway default anda menggunakan perintah berikut:

    netstat -nr | grep default
    

    Jalankan perintah itu dari aplikasi Terminal .

    Pada sebagian besar komputer berbasis Linux, anda dapat menampilkan IP gateway default anda dengan menjalankan perintah berikut:

    ip route | grep default
    

    Seperti di Mac, jalankan di atas melalui Terminal .

    Informasi Lebih Jauh Tentang Gateway Default Komputer

    Alamat IP gateway default yang digunakan oleh Windows tidak akan pernah berubah. Kecuali anda mengubah alamat IP router atau komputer anda yang terhubung langsung ke modem untuk mengakses internet.

    Jika anda masih kesulitan menemukan gateway default untuk komputer atau perangkat anda.  Anda mungkin beruntung mencoba alamat IP default yang ditetapkan oleh pembuat router.