5 Cara Memindahkan File PDF ke Word


PDF (Portable Document Format), adalah sebuah format file berbasis text yang diciptakan oleh Adobe System, Inc. Format file jenis ini sangat populer dan banyak digunakan oleh e-book (electronic book) karena dapat dibuka dengan mudah menggunakan berbagai aplikasi PDF reader gratis. Untuk dapat membuka file PDF, Anda memerlukan software PDF reader yang banyak tersedia. Software tersebut bisa software berbayar ataupun gratis, dan bisa diakses di PC ataupun gadget.

Jika dibandingkan dengan format dokumen lain, misalnya seperti file Microsoft Word, PDF lebih aman dan dapat didistribusikan atau dibuka di perangkat apapun dengan tampilan yang sama (asalkan pada perangkat tersebut sudah terpasang software PDF reader). Selain itu, file ini tidak mudah untuk diubah, baik isi dan juga tampilan teks, kecuali Anda memiliki software PDF editor. Selain itu, Anda bisa memberikan hak akses terbatas menggunakan password untuk menjaga kemanan file PDF.

Namun, meskipun PDF memiliki beberapa keunggulan, tak jarang masih banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan file Word dalam urusan teks. Alasannya karena kebanyakan pengguna komputer atau laptop sudah menjadikan software Microsoft Office, paket software induk dari Microsoft Word, sebagai software “standar” yang wajib terinstal di perangkat baru. Selain itu, pengguna bisa memanfaatkan fungsi aplikasi pengolah kata yang terdapat pada software Office. Jadi, kadang file PDF perlu diubah ke file Word agar bisa diakses oleh mereka.

Nah, untuk mengubah file PDF ke file Word (file dengan ekstensi doc atau docx), Anda dapat melakukan dua cara yaitu, offline dengan software dan online tanpa membutuhkan software tambahan. Beruntung jika Anda adalah pengguna Microsoft Office 2013 keatas, karena Microsoft telah memberikan fitur yang memungkinkan software dalam paket Microsoft Office untuk mencetak dokumen dalam format PDF.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar cara memindahkan file PDF ke Word. Berikut kami sampaikan informasinya:

1. Online Tanpa Software

Cara pertama yaitu dengan menggunakan layanan document converter online gratis. Sekarang ini, sudah ada banyak situs yang menyediakan layanan seperti ini dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti halnya dalam cara merubah JPEG ke PDF, Anda juga bisa mengubah file PDF menjadi Word dengan situs-situs ini. Salah satu situs yang bisa Anda coba adalah “convertonlinefree”.

Kelebihan situs convertonlinefree diantaranya : Anda tidak perlu registrasi, tidak perlu menggunakan alamat email untuk mendownload file yang dihasilkan, batas ukuran file yang dapat diupload cukup besar yaitu 50MB, serta adanya dua pilihan file output yang bisa dipilih, yaitu .doc dan .docx. Sehingga jika Anda masih menggunakan Microsoft Office 2003 atau versi ke bawah, Anda masih dapat menggunakan layanan ini. Berikut ini caranya:

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

  1. Kunjungi alamat situs http://convertonlinefree.com/PDFToWORDEN.aspx
  2. Tentukan jenis file output yang diinginkan. Caranya, pilih tab “PDF to DOC” atau “PDF to DOCX”.
  3. Selanjutnya klik Browse, dan cari dokumen PDF yang ingin dipindahkan ke Word.
  4. Klik “Convert” dan tunggu proses konversi sampai selesai. Selanjutnya, akan muncul pop up untuk mendownload file yang berhasil diubah. Klik “OK” untuk mengunduh ke komputer anda.

2. UniPDF

Saat ini ada banyak software yang apat digunakan untuk memindahkan file PDF ke file Word. Salah satunya adalah UniPDF. Salah satu macam macam software utility ini kompatibel untuk komputer atau laptop yang terinstal OS Microsoft Windows 8, 7, Vista, XP dan 2000. Selain itu, software ini bersifat gratis dan mudah digunakan. Berikut ini adalah cara menggunakannya.

  1. Download dan instal UniPDF di komputer atau laptop Anda.
  2. Jalankan aplikasinya kemudian buka Tab Settings pastikan pada bagian Word format pilih .doc (lihat gambar dibawah ini)
  3. Selanjutnya kembali ke Tab Home.
  4. Pada bagian Output format pilih Word, klik Add dan cari file yang ingin diubah dari PC anda
  5. Terakhir, klik Convert dan tunggu sampai selesai.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-1’); });

Sebenarnya, masih ada lagi situs yang menyediakan jasa mengubah file PDF ke file Word. Namun, cara-caranya hampir mirip dengan yang kami jelaskan di atas.

3. Microsoft Office

Cara ini bisa dilakukan jika pada laptop atau komputer Anda, telah terinstal Microsoft Office versi 2013 ke atas, karena seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa sejak versi tersebut, Microsoft telah memberikan fitur yang memungkinkan Anda untuk membuka, mengedit, dan menyimpan file PDF langsung di Microsoft Word. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Jalankan software Microsoft Word 2013 atau versi di atasnya yang tersedia di laptop atau komputer Anda
  2. Pilih Menu File > Open, dan cari dokumen PDF yang ingin diproses.
  3. Selanjutnya akan muncul pop up peringatan. Anda klik saja “OK” dan tunggu sampai proses konversi file selesai. Dokumen PDF pun terbuka dengan sempurna.
  4. Pilih Menu > File > “Save As” untuk menyimpan file ke dalam format Word 97-2003 (doc) atau docx.

Salah satu kelebihan membuka file PDF menggunakan Microsoft Office adalah: setelah proses konversi selesai, Anda bisa langsung mengedit dokumen tersebut sebelum menyimpannya sebagai file Word. Kekurangannya, jika file PDF yang diproses terlalu besar (di atas 100 MB), biasanya file PDF tersebut akan sangat lama dibukanya. Bahkan bisa gagal karena memori yang tersedia tidak cukup. Pastikan Anda telah melakukan cara install Microsoft Office dengan benar yah, agar tidak bermasalah ketika hendak membuka file PDF di Word.

4. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Bagi Anda yang memiliki software Adobe Acrobat Pro, berikut ini adalah cara untuk memindahkan file PDF menjadi file Word:

  1. Jalankan software Adobe Acrobat Pro. (Ingat, yang Pro yah. Kalo versi lain, tidak ada fitur ini)
  2. Kemudian buka file PDF yang ingin diubah.
  3. Pilih File > Save As Other > Microsoft Word > pilih Word Document jika ingin disimpan sebagai file docx, atau Word 97-2003 Document jika Anda ingin menyimpannya sebagai file doc.

5. Online Dengan Google Docs

Cara lain yang bisa Anda pilih untuk mengubah file PDF menjadi dokumen dalam format docx (yang mendukung Office 2010, 2013, 2016) adalah dengan Google Docs.

Cara ini merupakan salah satu yang paling mudah karena Anda hanya memerlukan akun Google saja. Lalu, buka halaman Google Docs dan upload file PDF tersebut. Kemudian, simpan atau download file tersebut sebagai file docx. Berikut ini adalah langkahnya:

  1. Kunjungi halaman Google Docs dan login dengan akun Google Anda.
  2. Pada template gallery, pilih saja Blank.
  3. Kemudian pilih Menu File > Open.
  4. Pilih tab Upload kemudian unggah file pdf dari komputer anda dan tunggu sampai selesai.
  5. Setelah dokumen berhasil diunggah lalu pilih Menu File – Download as – Microsoft Word (.docx) seperti terlihat pada gambar berikut dan pilih Save untuk menyimpan ke komputer.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

Patut Anda perhatikan, dari semua cara yang telah kami jelaskan di atas, tak ada jaminan dapat menghasilkan file Word yang sama dengan file aslinya. Alasannya karena dari beberapa kali percobaan, terkadang ada file PDF yang hasilnya berantakan setelah dipindahkan ke word, apalagi jika file tersebut mengandung banyak tabel.

Oh iya, lalu bagaimana jika file PDF yang hendak diubah ke Wordnya malah dilindungi oleh password? Oke, kali ini kami akan berikan bonus untuk mengatasi file PDF yang terkunci password. Berikut ini cara mengatasinya:

  • Buka kembali situs tempat anda mendownload pdf-nya, karena bisa jadi password tersebut adalah cara peng-upload file untuk melindungi file miliknya dari pembajakan. Oleh karena itu, coba Anda cek di bawah link downloadnya, apakah terdapat syarat untuk mendapatkan password pdf yang dilindungi password tersebut.
  • Jika anda lupa situs tempat anda donwload dan masih penasaran dengan isi PDF-nya, Anda bisa membukanya secara paksa, baik dengan cara offline atau online.

Sekian artikel kami seputar cara memindahkan file PDF ke Word. Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda. Mungkin Anda ingin melirik software office gratis dan berkualitas, contohnya seperti Open Office? Anda bisa menyimak kelebihan dan kekurangan Open Office di situs ini.