Jaringan WAN (Wide Area Network)


Pengertian Jaringan WAN & Perbedaan WAN dan LAN

Pengertian WAN atau Wide Area Network adalah kumpulan komputer dan sumber daya jaringan yang terhubung melalui jaringan wilayah geografis lebih luas. Wide-Area Network biasanya terhubung baik melalui internet dengan dibuat pengaturan khusus oleh perusahaan penyedia layanan. Perbedaan WAN, LAN dan MAN karena jarak antara masing-masing jaringan. Dalam WAN, satu jaringan bisa saja beberapa ribu kilometer jauhnya bahkan bisa berada dibelahan dunia atau negara yang berbeda.

pengertian jaringan wan

pengertian jaringan wan

Oleh karena Jaringan Wan adalah Jaringan yang mencakup wilayah yang luas, dan  merupakan perluasan jaringan LAN (Local Area Networ) yang dirancang untuk berhubungan dengan jaringan komputer teritorial yang menyediakan lebih banyak layanan dan pengguna yang lebih banyak, maka dapat dikatakan bahwa sebuah WAN menghubungkan lebih dari satu LAN dan digunakan untuk wilayah geografis yang lebih besar. WAN mirip dengan sistem jaringan komputer perbankan, di mana ratusan cabang di berbagai kota terhubung satu sama lain untuk berbagi data resmi mereka. Sebuah WAN bekerja dengan cara yang mirip dengan LAN, hanya saja pada skala yang lebih besar. Biasanya, Perangkat WAN menggunakan protokol TCP / IP berkombinasi dengan perangkat seperti router, switch, firewall dan modem

Karakteristik Teknologi Jaringan WAN:

  • WAN umumnya menghubungkan perangkat yang dipisahkan oleh wilayah geografis yang lebih luas yang tidak dapat dilayani oleh LAN.
  • WAN menggunakan jasa operator, seperti perusahaan telepon, perusahaan kabel, satelit sistem, dan penyedia jaringan.
  • WAN menggunakan koneksi serial dari berbagai jenis untuk menyediakan akses bandwidth atas daerah geografis yang luas.

Teknologi Jaringan WAN

Sebuah Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang bisa mencakup beberapa bidang jarak dan dapat menyebar ke seluruh dunia. WAN sering menghubungkan beberapa jaringan yang lebih kecil, seperti jaringan area lokal (LAN) atau jaringan area metro (MAN) dan yang paling populer saat ini WAN menggunakan koneksi Internet. Beberapa segmen dari internet juga mecakup WAN dalam diri mereka. Perbedaan utama antara WAN dan teknologi jaringan LAN adalah skalabilitas.  WAN berkembang sesuai kebutuhan untuk couverge area,menutupi beberapa kota, bahkan negara dan benua.

seperangkat switch dan router saling berhubungan membentuk sebuah Wide Area Network. Switch dapat dihubungkan dalam topologi yang berbeda seperti topologi mesh penuh dan setengah mesh. Sebuah jaringan WAN dapat dimiliki secara pribadi ataupun disewa dari penyedia layanan.

Dua packet switching dan teknologi circuit switching digunakan dalam WAN. Packet switching memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya dalam angkutan secara umum sehingga operator penyedian layanan dapat membuat penggunaan infrastruktur lebih efisien. Dalam setup packet switching, jaringan memiliki koneksi ke jaringan operator, dan berbagi jaringan pelanggan operator lainnya. Operator dapat membuat sirkuit virtual antara situs pelanggan dimana paket data yang dikirimkan dari satu ke yang lainnya melalui jaringan.

Sirkuit Switching memungkinkan koneksi data bila diperlukan dan kemudian menghentikannya ketika komunikasi selesai. Cara kerjanya seperti saluran telepon biasa yang bekerja untuk komunikasi suara

Perangkat Jaringan WAN

Perangkat WAN yang dirancang khusus yang digunakan untuk menghubungkan LAN. Instalasi, Konfigurasi, menginstal dan pemeliharaan perangkat yang berhubungn dengan WAN membutuhkan keterampilan dan keahlian teknisi dalam pengorganisasian jaringan.

Perangkat WAN yang digunakan dalam lingkungan Jaringan ini adalah:

Modem

  • Modem memungkinkan data digital yang akan dikirim melalui media analog selama transmisi dan menerima informasi
  • Modem Voice Band mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer – 1s dan 0s- ke frekuensi suara yang dapat ditularkan melalui saluran analog dari jaringan telepon. Di sisi lain dari koneksi, modem lain mengubah suara kembali menjadi sinyal digital untuk input ke komputer atau jaringan koneksi

CSU / DSU

Channel Service Unit (CSU) / Data Service Unit (DSU) gabungan perangkat yang digunakan untuk memantau clocking dan sinkronisasi frame pada satu line. Hal ini juga melakukan deteksi kesalahan pada lapisan fisik

Akses server

Konsentrat komunikasi pengguna dial-in dan dial-out. akses Server  memiliki campuran analog dan digital interface dan mendukung ratusan pengguna secara simultan.

 WAN Switch

Perangkat internetworking multi-port yang digunakan oleh  operator jaringan. Perangkat ini merupakan switching yang mengatur lalu lintas seperti ATM, dan beroperasi pada layer Data Link dari model referensi OSI.

 Router

Router Menyediakan internetworking antara akses LAN, WAN dan port interface yang digunakan untuk terhubung ke jaringan penyedia layanan. Baca Fungsi Router

 Inti Router Inti (Router Core)

router  berperan sebagai tulang punggung WAN. Untuk memenuhi peran ini, router harus mampu mendukung beberapa interface telekomunikasi dari kecepatan tertinggi yang digunakan dalam inti WAN, dan harus memiliki kemampuan untuk meneruskan paket IP dengan kecepatan penuh pada semua interface. Router juga harus mendukung protokol routing yang digunakan dalam core.