Jaringan Dasar Dan Konsep Dasar-Dasar Jaringan


Jaringan Dasar  adalah pengertian jaringan secara generic, dapat diartikan  sebagai satu set entitas (orang, benda, dll.) yang saling berhubungan satu sama lainnya. Sebuah jaringan memungkinkan Anda untuk mengedarkan unsur material atau bahan antara masing-masing entitas tersebut sesuai dengan aturan yang ditetapkan dengan baik.

Konsep & Pengertian Jaringan Dasar

jaringan dasar

jaringn dasar dan konsep dasar jaringan

Jaringan secara dasar atau istilah generiknya sebagaimana dikutip dalam british definitions for network “an interconnected group or system diartkan sebagia interkoneksi dari kelompok atau system” (kelompok atau sistem yang saling berhubungan)

Contoh Istilah Dasar-Dasar jaringan:

  • Jaringan Radio dan televisi : sekelompok pemancar yang dihubungkan oleh kawat atau microwave relay sehingga program yang sama dapat disiarkan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang menyediakan program-program yang disiarkan melalui stasiun ini
  • Jaringan Komputer dan Telekomunikasi adalah sebuah sistem yang mengandung kombinasi dari komputer, terminal komputer, printer, perangkat audio atau layar, visual  atau telepon disambungkan dengan peralatan Telekomunikasi atau media transmisi baik berupa kabel maupun nirkabel untuk mengirim dan menerima informasi.
  • Jaringan atau Asosiasi  individu-individu yang memiliki kepentingan bersama, dibentuk untuk memberikan bantuan timbal balik, informasi bermanfaat misalnya Jaringan Alumni perguruan tinggi

Konsep Jaringan Dasar Komputer

Dalam dunia komputer, jaringan Dasar adalah praktek menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer dalam suatu sistem jaringan secara bersama-sama untuk tujuan berbagi data. Jaringan dibangun  atas dasar sistem jaringan komputer yaitu perpaduan antara perangkat keras Jaringan komputer, perangkat lunak Jaringan komputer dan protokol jaringan komputer

Salah satu cara untuk mengkategorikan berbagai jenis desain jaringan dasar komputer adalah dengan ruang lingkup atau skala mereka. Untuk alasan historis, industri jaringan mengacu pada hampir setiap jenis desain  dan Jenis area jaringan.

Contoh konsep  jaringan dasar  menurut lingkup dan skala antra lain adalah:

  • LAN – Local Area Network
  • WLAN – Wireless Local Area Network
  • WAN – Wide Area Network
  • MAN – Metropolitan Area Network
  • SAN – Storage Area Network, Sistem Area Network, Server Area Network, atau kadang disebut Small area Network (Jaringan skala Kecil)
  • CAN – Campus Area Network, Controller Area Network, atau kadang-kadang Cluster Area Network
  • PAN – Personal Area Network
  • DAN – Desk Area Network

kategori LAN dan WAN adalah konsep konsep dasar jaringan asli sementara yang lain muncul secara bertahap selama bertahun-tahun dalam evolusi teknologi.

Perhatikan bahwa jenis jaringan ini adalah konsep yang terpisah dari topologi jaringan komputer seperti bus, cincin dan bintang.  (Lihat Pengantar Topologi  Jaringan Komputer)

Konsep Jaringan Dasar LAN – Local Area Network

Sebuah Jaringan LAN menghubungkan perangkat jaringan dengan jarak yang relatif pendek. Sebuah jaringan gedung perkantoran , sekolah, atau rumah biasanya terbangun sebuah LAN, meskipun kadang-kadang satu bangunan akan berisi beberapa LAN kecil yang dibangun masing-masing dalam sebuah  ruangan. (Lihat Konsep Dasar jaringan Komputer dan komuniasi Data)

Jaringan Dasar LAN biasanya beroperasi di ruang terbata, dimiliki, dikuasai, dan dikelola oleh orang atau organisasi tunggal dan Konsep dasar jaringan Mereka juga cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet dan Token Ring .

Konsep Jaringan Dasar  WAN – Wide Area Network

Jaringan WAN  adalah istilah yang menyiratkan cakupan jarak fisik yang besar dan Internet adalah merupakan WAN terbesar karena cakupannya secara gobal

Konsep Jaringan WAN adalah kumpulan jaringan LAN yang  tersebar secara geografis. Sebuah perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN dan dalam  jaringan dasar,  IP dan router mempertahankan kedua alamat LAN dan alamat WAN.

Dalam beberapa hal penting, WAN berbeda dari LAN. Kebanyakan WAN (seperti Jaringan Internet) yang tidak dimiliki oleh satu organisasi melainkan berada dibawah kepemilikan dan manajemen kolektif atau didistribusikan. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM , Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas atas jarak yang lebih jauh.

Jenis-Jenis  Konsep Dasar Sistem Jaringan Komputer Lainnya

Konsep LAN dan WAN adalah  jenis jaringan yang paling populer disebutkan,  dan beberapa referensi terkait jenis jaringan ini adalah:

  • Wireless Local Area Network – WLAN atau LAN berbasis pada WiFi / teknologi jaringan nirkabel
  • Metropolitan Area Network – sebuah jaringan yang mencakup wilayah fisik lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, seperti jaringan dalam sebuah kota. Sebuah MAN biasanya dimiliki dan dioperasikan oleh entitas tunggal seperti badan pemerintah atau perusahaan besar.
  • Campus Area Network – sebuah jaringan yang mencakup beberapa LAN tetapi lebih kecil dari MAN, seperti pada universitas atau kampus bisnis lokal.
  • Storage Area Network – menghubungkan server ke perangkat penyimpanan data melalui teknologi seperti Fibre Channel .
  • Sistem Area Network – menghubungkan komputer performa tinggi dengan koneksi kecepatan tinggi dalam konfigurasi  jaringan dasar. dikenal  dengan istilah  Cluster Area Network. (baca Jenis-Jenis Jaringan Komputer)