3 Cara Mengubah Tabel di PDF ke Excel


Format PDF adalah salah satu format file yang paling banyak digunakan untuk dalam pekerjaan menggunakan komputer, selain format file Microsoft Word (.doc atau .docx). Format PDF biasanya digunakan ketika mengirimkan sebuah laporan kepada atasan, rekan kerja, atau dalam mengirimkan berbagai macam file lainnya. Salah satu alasan mengapa format PDF banyak digunakan dalam berbagi file yaitu karena format data ini kompatibel di semua OS, baik Windows, Mac, iOS, Android, dan berbagai macam platform lainnya. Selain itu, tampilannya akan semua di semua platform.

Meskipun begitu, masalah bisa saja muncul ketika kita membutuhkan data berupa tabel yang terdapat di dalam sebuah laporan, pernyataan, atau penerimaan dalam format PDF untuk beberapa tujuan. Teknik “copy paste” bisa memakan waktu, tidak efisien, dan tidak bisa digunakan pada dokumen yang berupa hasil scan. Jika Anda simak, dalam cara mengedit file PDF hasil scan yang pernah kami bahas, hampir tidak ada bahasan seputar mengubah tabel dari hasil scan tersebut. Nah, solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan software atau fitur yang berfungsi untuk mengubah format file PDF ke Excel.

Yup, sebagai salah satu dari macam-macam software spreadsheet, Microsoft Excel dipercaya oleh banyak orang untuk mengolah data dalam bentuk tabel, yang selanjutnya bisa diolah kembali menjadi bentuk grafis, tabel, kurva, dan lainnya. Jadi, keberadaan file Excel juga kurang lebih sama dengan keberadaan file Word.

Kasus di atas mirip dengan kasus dimana Anda perlu melakukan cara memindahkan file PDF ke Word yang pernah kami bahas sebelumnya. Nah, pada kali ini, kami akan membahas seputar cara merubah PDF ke Excel. Oh iya, sebelum menyimak artikel di bawah, pastikan komputer atau laptop Anda sudah terinstal Microsoft Office. Jika belum, simak cara install Microsoft Office yang pernah kami bahas di situs ini. Oke, tak usah berlama-lama, berikut ini cara-caranya:

1. Software Khusus

Ada berbagai macam software yang memiliki fungsi untuk mengubah file PDF menjadi file Excel, namun setiap software tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Dalam data atau dokumen kita akan mengenal bentuk tabel. Tabel pada file PDF dapat berbeda dalam distribusi setiap baris dan kolomnya. Nah, jika Anda hendak mengubah tabel-tabel data dalam file PDF ke file Excel, Anda dapat menggunakan software tersebut. Salah satu software terbaik untuk mengubah file PDF menjadi Excel adalah Able2Extract. Jika Anda belum tahu cara menggunakan software ini, berikut kami beritahu cara-caranya:

  • Memilih Sebuah Tabel Pada PDF

Dengan Able2Extract, Anda bisa memilih tabel yang ingin Anda ubah ke bentuk Excel. Contohnya, jika Anda memiliki 100 halaman pada sebuah dokumen PDF, dan tabel yang ingin Anda konfersi ternyata berada di halaman ke-50, sedangkan Anda tidak membutuhkan hasil perubahan seluruh halamannya. Yang harus Anda lakukan adalah menuju ke halaman tersebut dan pilih tabel yang Anda inginkan.

  • Menentukan  Jenis Konversi

Able2Extract menyediakan dua pilihan konversi data ketika Anda memilih untuk mengubah data tersebut ke file spreadsheets Excel.

Pilihan pertama yaitu “Automatic”. Pilihan ini bisa meringankan pekerjaan Anda, karena software ini akan mengenali struktur baris dan kolom pada tabel yang ingin Anda konversi secara otomatis. Sedangkan, pilihan kedua yaitu “Custom”, yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan menentukan sendiri baris dan kolom yang akan diubah dalam spreadsheet Excel baru. Pilihan ini juga bisa Anda gunakan jika Anda ingin menggabungkan dua baris menjadi satu.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

Hal yang sama juga berlaku pada kolom. Baris dan kolom diwakili dengan garis merah. Jika Anda menemukan garis tidak penting yang membedakan antara baris dan kolom yang tidak dibutuhkan, pilih “Erase Row Line/Erase Column Line” untuk menghapusnya. Namun jika Anda ingin menambahkan baris atau kolom, pilih “Add Columns / Add Rows”.

  • Meninjau Hasil Konversi

Fitur lainnya yang penting dimana secara siginifikan memiliki kemampuan untuk meninjau perubahan yang tersimpan dalam format custom melalui pemilihan pilihan “Show Preview”.

  • Menyesuaikan pengaturan baris dan kolom

Tabel dalam file PDF memiliki struktur yang sedikit berbeda. Jika kita memiliki sebuah dokumen dengan 1000 halaman kita dapat melakukan penyesuaian pada seluruh halaman tersebut. Untuk menyesuaikan kolom, pilih berapa bagian kolom tersebut ingin Anda buat. Anda juga bisa meyesuaikan tipe kolom tertentu seperti kolom dengan format nomor, teks, dan format-format lainnya. Untuk penyesuaian baris, Anda dapat memilih sebuah atau beberapa baris yang akan ditampilkan.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-1’); });

2. Ubah Ke TXT

Hah, serius pake format TXT? Yup, ternyata ada cara untuk mengubah file PDF menjadi Excel menggunakan file Notepad (.txt). Berikut ini cara-caranya:

  1. Buka file PDF yang akan diubah menggunakan Foxit Reader
  2. Simpan dokumen tersebut menjadi text, dengan cara pilih File – Save As, tentukan lokasi penyimpanan, dan pada “Save as type” pilih TXT Files(*.txt). Lalu, klik “Save”
  3. Jalankan Microsoft Excel, lalu pilih tab Data > Get External Data > From Text
  4. Kemudian cari file text hasil dari langkah kedua di atas, lalu klik Import.
  5. Anda akan melihat jendeal Text Import Wizard. Pada bagian “Original data type” pilih Fixed width. Jika sudah, klik Next
  6. Selanjutnya, atur lebar kolom yang nantinya akan muncul di Excel. Caranya klik pada garis dengan panah ke atas lalu geser sesuaikan lebar kolomnya
  7. Jika ada kolom yang terpotong oleh garis dan tidak diperbaiki, nantinya tabel di dalam file Excel yang dihasilkan akan berantakan. Cara untuk memperbaikinya adalah: Geser atau hapus baris pembatas yang memotong kolom. Caranya, klik pada garis lalu geser atau klik 2x untuk menghapus.
  8. Jika anda merasa kolom pada tabel sudah rapi, klik Next
  9. Selanjutnya Anda dapat menentukan data format kolom dari masing-masing kolom yang ada. Jika sudah, klik “Finish”

3. Online

Sekarang ini, sudah banyak situs yang menyediakan tool online yang fungsinya sama dengan software telah dibahas di atas. Jadi Anda tak perlu download dan instal terlebih dahulu software khusus untuk mengubah format file sesuai dengan keinginan.

Kelebihan menggunakan tools online adalah bila di situs yang Anda gunakan tidak memiliki fitur yang diinginkan maka Anda dapat mencari situs lainnya yang memiliki fitur yang lebih komplit. Sedangkan kekurangnya, Anda harus terhubung ke internet jika ingin menggunakannya. Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir kuota data Anda akan terkuras banyak karena tools online ini sangat ringan dan prosesnya cepat.

Bandingkan jika Anda menggunakan software, Memang, salah satu kelebihannya adalah Anda dapat menggunakan software ini kapanpun dan dimanapun tanpa harus terhubung ke internet. Sedangkan kekurangannya, dengan menggunakan software berarti akan mengurangi kapasitas penyimpanan komputer.

Sebelum memulai, pastikan Anda telah mempersiapkan file PDF yang akan diubah formatnya menjadi format file Excel. Dan pastikan juga file PDF tersebut tidak dilindungi password. Untuk mengetahui apakah file PDF tersebut terlindungi password, Anda buka saja file PDF tersebut. Jika software PDF reader tidak meminta Anda untuk mengisi password, berarti file PDF tersebut tidak memiliki password. Sedangkan jika sebaliknya, berarti file PDF tersebut terlindungi oleh password dan Anda harus mengetahui password dari file tersebut.

Lalu, bagaimana caranya menggunakan tools online ini untuk mengubah file PDF ke Excel? Berikut ini langkah-langkahnya:

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

  1. Siapkan file PDF yang hendak diubah
  2. Buka website converter dari PDF ke Excel berikut: www.smallpdf.com/pdf-to-excel. Anda bisa membukanya di browser komputer, laptop, atau smartphone Anda
  3. Lalu, pilih “Choose file” dan masukkan file PDF yang hendak Anda ubah
  4. Tunggu hingga proses upload selesai
  5. Klik Download File untuk mengunduh file Excel hasil konversi. Jika Anda hendak menyimpan file hasil konversi ke Google Drive, klik ikon Google Drive dan lakukan login dengan akun Google Anda.
  6. Setelah diunduh, buka file tersebut jika di komputer Anda sudah terinstal software Microsoft Office. Jika dibuka, maka otomatis software Microsoft Excel akan muncul dan membuka file hasil konversi tersebut. Baru deh, Anda bisa menerapkan beberapa rumus excel lengkap yang Anda kuasai untuk mengolah file hasil konversi tersebut.

Sekian artikel kali ini seputar cara merubah PDF ke Excel. Semoga artikel kami ini bisa menjadi inspirasi Anda.