10 Cara Mempercepat Download Lewat uTorrent di Android dan PC


Pernahkah sobat melakukan download? Kegiatan download mendownload bisa dibilang lumrah dilakukan di jaman yang super modern ini. Download sendiri merupakan suatu proses dalam pengambilan file – file tertentu yang terdapat di internet. Nah buat kamu yang suka mendownload, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Torrent bukan? Atau bahkan kamu belum mengenalnya?

cara mempercepat download utorrent

Cara Menambah Kecepatan Download di uTorrent

Nah buat sobat yang mungkin belum tahu apa itu torrent, saya akan menjelaskan sedikit tentang definisinya. Bagi kamu yang suka mengunduh file, kalian wajib sekali untuk mencoba mendownload dengan menggunakan torrent. Torrent sendiri merupakan suatu file yang mempunyai beragam informasi, serta file yang dikemas dalam sebuah file yang disebut dengan bitTorrent. Pada BitTorrent itulah yang akan mempermudah kamu untuk download suatu file dengan fullspeed.

Sedangkan bitTorrent sendiri adalah kumpulan file yang termasuk sangat lengkap. Salah satu alasan kenapa banyak orang – orang mendownload file dengan melalui Torrent yaitu untuk memperoleh kecepatan download yang maksimal. Apalagi jika file yang mereka download mempunyai ukuran yang besar. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat mendownload berbagai file di BitTorrent dengan lancar, sebab ada saja kendala atau masalahnya.

 

Tips Mempercepat Speed Download di uTorrent HP dan PC

Oleh karena itu, di pembahasan kali ini saya akan merekomendasikan tentang 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat download uTorrent dengan mudah. Buat sobat yang sudah penasaran bagaimana cara melakukannya, langsung saja perhatikan dan simak ulasannya di bawah ini.

 

1. Atur Kecepatan Download dan Upload

Setiap bittorrent client software pasti mempunyai fitur untuk mengatur kecepatan download dan upload, begitu juga dengan uTorrent. Manfaatkan lah fitur ini untuk mempercepat download uTorrent ya sobat. Pastikan jika angka upload harus lebih rendah daripada angka download. Sebab di sini tujuan kamu mendownload, maka biarkan internet kamu difokuskan untuk download terlebih dahulu.

Tapi apabila kamu ingin download sambil browsing, saya sarankan untuk tidak mengatur kecepatan download 100%. Kamu dapat mengaturnya menjadi 80% atau 90% dan sisanya untuk upload.  Dan cara mengatur kecepatan download dan upload ini, yaitu dengan klik Options. Selanjutnya pilih menu Preference. Kemudian pilih lagi Bandwidth, dan terakhir atur lah kecepatannya dengan tips-tips tadi.

 

2. Cek Koneksi Internet

Hal selanjutnya yang harus kalian perhatikan adalah koneksi internet. Jika kamu mendownload menggunakan Wi-Fi, pastikan lah bahwa pengguna Wi-Fi tidak terlalu banyak sehingga kamu tidak “rebutan” dengan pengguna Wi-Fi Lainnya. Apalagi jika kamu mendownload film dengan resolusi HD atau bahkan BlueRay, maka kamu wajib sekali untuk memperhatikan koneksi internet. Nah, buat kalian pengguna Wi-Fi, kamu juga harus memastikan jika Wi-Fi yang kamu gunakan juga dalam posisi benar.

 

3. Perhatikan Seeder dan Leecher

Seeder adalah orang yang sudah selesai mendownload  file di Torrent. Sedangkan Leecher adalah orang yang menunggu giliran untuk mendownload file di Torrent. Nah, jika kamu akan mendownload sebuah file dari Torrent dengan cepat, saya sarankan untuk memilih Seeder dan Leecher yang banyak. Tetapi, tetap saja rasio Seeder diwajibkan lebih banyak dibandingkan Leecher. Sehingga kamu dapat mendownload file tersebut lebih cepat jika dibandingkan dengan memilih Seeder yang sedikit dengan Leecher banyak.

 

4. Atur Jumlah Peer

Peer adalah semua pengguna uTorrent, baik yang sedang download ataupun upload. Dengan banyaknya Peer, pasti akan menjadi salah satu hambatan kamu dalam mendownload uTorrent. Tapi kamu dapat mengatasi masalah ini dengan cara mengatur atau membatasi jumlah maksimal Peer. Caranya yaitu dengan menuju ke Options, lalu Preference, selanjutnya Bandwidth, dan setelah itu kamu harus menentukan Maximum number of connected peers per-torrent.

 

5. Tambahkan Trackers

Dengan adanya Trackers, kamu dapat mencari Seeder yang lebih banyak daripada kamu mencari sendiri. Caranya yaitu dengan meng-copy Info Hash dari file yang sedang kamu download. Selanjutnya coba paste di Google seperti kamu akan mencari suatu informasi pada Google. Setelah itu temukan lah file Torrent lainnya dari situs yang berbeda sesuai informasi yang kamu terima dari Hash. Kemudian klik Yes untuk mengkonfirmasi jika file yang akan didownload sudah berada di dalam daftar Torrent kamu.

 

6. Jangan Mendownload Sekaligus

Jangan pernah untuk memaksakan download sekaligus pada waktu yang sama. Meskipun sebenarnya uTorrent mengizinkan kamu untuk mendownload lebih dari satu file sekaligus, tetapi hal itu justru akan membuat kecepatan download menjadi lambat. Sebab internet yang dipakai akan saling “rebutan” untuk mendownload file-file yang kamu download. Sehingga saya sarankan untuk kamu menyelesaikan satu download terlebih dahulu, selanjutnya downloadlah file lainnya apabila yang satu sudah selesai.

Caranya yaitu dengan menuju ke Options, lalu Preference, selanjutnya ubah maximum number of active downloads menjadi 1 atau 2 supaya download menjadi lebih cepat dan tidak lelet. Sesudah mendownload 1 atau 2 file selesai, lalu uTorrent akan otomatis mengaktifkan file yang belum didownload lainnya.

 

7. Cek ke Versi Terbaru uTorrent

Cara lain dan simpel untuk mempercepat download uTorrent adalah memastikan bahwa kamu menggunakan versi terbaru dari uTorrent. Sebab keleletan download file uTorrent mungkin bisa jadi disebabkan oleh software yang belum kamu update ke versi terbaru. Saya sarankan untuk kamu mengupdate ke versi terbaru software uTorrent yang digunakan. Kamu bisa mengecek versi terbarunya dengan pergi ke menu Help. Selanjutnya, kamu bisa klik Check for Updates untuk versi terbaru uTorrent.

 

8. Ubah Pengaturan Advanced

Kamu harus memperhatikan Settings Advanced dari uTorrent dengan mengubah dan mengedit beberapa pengaturan supaya dapat download file lebih cepat di uTorrent. Beberapa yang harus diubah sebagai berikut :

  • allow_same_ip menjadi True
  • show_notorrents_node menjadi false
  • update_interval menjadi 20
  • max_halfopen menjadi 50 sampai 100

Jika sudah kamu atur semua, selanjutnya kamu tinggal klik Apply dan OK.  Kemudian lihatlah, apakah uTorrent mendownload lebih cepat dari biasanya?

 

9. Lakukan Force Start

Mempercepat download uTorrent dengan cara memaksa file untuk didownload dengan cepat yaitu dengan cara meng-klik Force Start pada file yang akan kamu download. Maka file akan didownload otomatis dan sedikit “pemaksaan” walaupun internet kamu lelet.

 

10. Prioritaskan uTorrent

Kamu dapat mengatur uTorrent menjadi prioritas utama untuk kinerja maksimal di PC dan Laptop kamu. Caranya yaitu dengan pergi ke Task Manager. Selanjutnya klik Process, kemudian pilihlah software uTorrent yang kamu punya. Setelah itu, klik Go to Details dan ubahlah setting menjadi High. Nah, sekarang PC / laptop kamu akan memprioritaskan kinerja dari uTorrent.

 

Itulah yang bisa saya sampaikan di pembahasan kali ini tentang Cara Mudah Mempercepat Download Dengan Menggunakan uTorrent ya sobat. Semoga apa yang telah saya tulis dan sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk kalian yang membacanya. Apabila ada yang perlu untuk ditanyakan tentang pembahasan kali ini, silahkan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar yang tersedia.