2 Cara Mengubah HP Andromax CDMA menjadi GSM


Jaringan operator seluler yang digunakan di seluruh dunia saat ini memang ada dua, yaitu GSM dan CDMA saja. Perbedaan GSM dan CDMA terletak pada teknologi transmisi data yang digunakan. Anda mungkin sudah mengetahui pengalaman rekan atau Anda sendiri ketika menggunakan layanan dari operator seluler GSM dan CDMA, sehingga Anda jadi tahu beberapa kelebihan dan kekurangan GSM dan CDMA dari berbagai operator seluler di Indonesia. Untuk jaringan GSM, di Indonesia sendiri sudah cukup banyak operator seluler yang menyediakan jaringan tersebut, mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Tri Indonesia. Operator-operator tersebut sudah menyediakan berbagai kebutuhan akan jaringan seluler dan internet secara cepat dan harga yang terjangkau.

Untuk jaringan CDMA, di Indonesia kini hanya tersisa satu operator seluler yang menerapkan jaringan tersebut, yaitu Smartfren. Smartfren bisa dibilang sebagai operator seluler Indonesia yang cukup sukses memegang jaringan CDMA di Indonesia hingga saat ini. Hal tersebut termasuk prestasi di saat banyak operator seluler penerap jaringan CDMA yang mulai mematikan jaringannya, mulai dari Esia, Flexi, hingga StarOne.

Perkembangan Smartfren dalam jaringan CDMA di Indonesia sudah terbukti dengan memiliki brand smartphone CDMA khusus yakni Andromax. Smartphone Andromax ini ternyata juga menawarkan beberapa kelebihan, yaitu  tidak hanya bisa digunakan pada jaringan CDMA saja. Jadi, ternyata smartphone Andromax ini bisa menjangkau jaringan GSM.

Namun, dari pihak Smartfren sudah memberikan aturan khusus dimana smartphone Andromax yang mereka rilis sudah dikunci jaringan utamanya adalah untuk CDMA saja dan menggunakan jaringan dari operator Smartfren itu sendiri. Jaringan GSM tetap dipakai, namun kecepatan internetnya dibatasi hanya sampai pada kecepatan jaringan 3G atau HSDPA. Sehingga, kartu GSM di smartphone Andromax hanya bisa digunakan untuk telepon, SMS, dan internet dengan kecepatan yang lebih rendah saja. Hal tersebut sudah menjadi kebijakan khusus dari smartfren terhadap produk Andromax mereka.

Hal tersebut jelas akan membuat pengguna Andromax sedikit kecewa. Karena beberapa diantara mereka menggunakan perangkat Andromax mereka sebagai salah satu jenis modem yang digunakan untuk internet tethering di laptop atau perangkat mobile lainnya. Yup, fungsi modem juga bisa diterapkan pada perangkat Andromax. Dan pembatasan jaringan ini membuat pengguna mau tak mau harus menggunakan jaringan CDMA milik Smartfren agar bisa mengakses internet dengan kecepatan yang lebih baik ketimbang dari jaringan GSM yang ada di perangkat Andromax tersebut.

Jika Anda saat ini sedang menggunakan smartphone Andromax dan ingin jaringan GSMnya digunakan secara maksimal, Anda tak perlu khawatir. Bagi Anda yang membutuhkan cara-cara untuk mengubah jaringan CDMA ke GSM di smartphone Andromax, sekarang ini sudah ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan trik-trik ini, Anda tentu saja jadi bisa menikmati jaringan internet dari operator seluler GSM seperti Indosat Ooredoo, Simpati, As, XL, Tri, dan provider GSM lainya. Untuk menikmati hal ini, akan ada beberapa hal yang harus Anda siapkan dan beberapa hal yang harus Anda lakukan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah. Oke, berikut ini informasi seputar cara merubah HP CDMA menjadi GSM dari kami untuk Anda:

1. Andromax Tools

Andromax Tools adalah software tool khusus untuk membuka “kunci” yang membatasi smartphone Andromax menerima jaringan terbaik dari kartu GSM yang tertanam di dalamnya. Nah, berikut ini kami tunjukkan cara-cara untuk membuka “kunci” ini menggunakan software khusus Andromax Tools ini:

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

  • Langkah yang harus Anda lakukan adalah, Anda wajib banget untuk mendownload aplikasi Andromax Tools Versi 3.0. Aplikasi ini tidak bisa didapatkan di Google Play Store. Jadi Anda mau tak mau harus sedikit berusaha dengan cara mencarinya sendiri di internet.
  • Jika Anda sudah mendapatkan aplikasinya, langsung instal aplikasi tersebut di smartphone Anda.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut hingga aplikasi terbuka normal dan melakukan pengaturan secara otomatis.
  • Setelah Anda sudah memastikan aplikasi sudah terbuka dengan sempurna, segera pilih tab “Switch SIM” untuk memilih kartu SIM mana yang akan diaktifkan. Apakah kartu CDMA atau kartu GSM?
  • Langkah berikutnya adalah hilangkan RUIM/Sub1 pada bagian CDMA, lalu centang bagian “Boost Signal” dan pilih opsi “Request Network Data Type”
  • Lakukan restart pada perangkat Andromax Anda.
  • setelah proses restart selesai, coba Anda cek opsi Edit APN pada Pengaturan di perangkat Andromax Anda.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-1’); });

Jika Anda sudah melakukan semua langkah di atas dengan benar dan tepat, maka Anda sekarang tinggal membuka browser di perangkat Andromax Anda. Sudah bisa dipastikan bahwa Anda sudah bisa menikmati jaringan internet dengan operator seluler GSM yang Anda gunakan di perangkat Andromax Anda.

2. Any Cut

Cara lain untuk mengubah HP CDMA Andromax menjadi GSM adalah dengan aplikasi Any Cut. Any Cut adalah aplikasi Android yang memiliki banyak fungsi. Cara kerjanya dari aplikasi ini adalah membuat sebuah shortcut yang berfungsi untuk mempermudah pengguna agar bisa menjalankan suatu proses di Android dengan cepat. Shortcut khusus ini dibuat oleh Any Cut. Tidak jarang juga, dalam beberapa hal aplikasi ini mampu mengaktifkan pengaturan yang awalnya tidak bisa diakses oleh pengguna karena pengaturan dari si pembuat perangkat. Contohnya seperti terkuncinya perangkat Andromax dalam mengakses internet menggunakan SIM2 (jaringan GSM). Berikut ini cara-cara menggunakan Any Cut untuk mengubah HP Andromax CDMA menjadi GSM:

  • Langkah pertama, download Any Cut di Google Play Store atau apps store lainnya untuk Android.
  • Jika Anda mendownload Any Cut dari apps store selain Google Play Store, pastikan sebelum instal Anda telah mengaktifkan perangkat Andromax Anda agar bisa agar bisa menginstal aplikasi selain dari Google Play Store. Caranya, centang pada bagian “Unknown Source” di Pengaturan Keamanan.
  • Jika sudah, silahkan Anda  instal Any Cut yang sebelumnya telah Anda download.
  • Setelah selesai di instal, buka menu widget. Caranya, coba Anda sentuh Home Screen di perangkat Android Anda selama beberapa saat, atau pilih saja menu Widget di App Drawer. Carilah widget Any Cut.
  • Sentuh widget Any Cut beberapa saat untuk menambahkan widget tersebut ke Home Screen perangkat Android Anda.
  • Selanjutnya, akan terlihat menu pengaturan dari aplikasi Any Cut. Pilih “Activity“.
  • Di bagian “Choose an Activity”, silahkan pilih APNs (ada dua, pilih yang paling bawah). Lalu, edit shortcut kemudian ganti namanya bebas sesuai keinginan Anda.
  • Buka kembali menu Any Cut, kemudian ulangi langkah sebelumnya. Di bagian “Choose an Activity” silahkan pilih “Select subscriptions” (ada dua, pilih yang paling bawah), lalu edit lagi nama shotcutnya bebas sesuai keinginan Anda. Lalu, pilih “OK”.
  • Selanjutnya anda buka Home Screen di perangkat Andromax Anda. Anda akan melihat shortcut baru dengan nama “Select subscriptions” yang sebelumnya sudah dibuat.
  • Di menu “Select subscription”, hapus atau hilangkan tanda centang RUIM di CDMA, kemudian pilih OK.
  • Saat melakukan hal di atas, maka sinyal jaringan kartu Smartfren Anda bakalan hilang dan tidak bisa terdeteksi. Tenang, Anda nggak usah khawatir apalagi sampe panik, karena nati sinyal dari jaringan Smartfren akan muncul lagi kok.

    googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

  • Untuk mengaktifkan koneksi internet jadi GSM, buka shortcut “APNs”, kemudian pilih koneksi data yang akan digunakan. Karena Anda hendak menggunakan jaringan GSM, maka pilihlah koneksi data dari jaringan GSM.
  • Jika Anda hendak mengembalikan pengaturan internet Anda ke semula (menggunakan jaringan Smartfren), lakukan kebalikan langkah dimulai dari langkah di atas hingga langkah ke shortcut “Select subscription”.
  • Selamat, kini Anda bisa menggunakan jaringan GSM yang Anda tanam di perangkat Android Anda untuk berselancar internet.

Sebenarnya, jika Anda baru saja menggunakan jaringan Smartfren, Anda tidak akan mendapat jaringan CDMA lagi, karena Smartfren telah mematikan jaringan CDMA-nya untuk pengguna baru. Jadi, Anda akan mendapatkan kualitas jaringan setara dengan kualitas jaringan GSM karena Smartfren sama-sama mengusung teknologi 4G LTE. Anda pasti tahu dong kelebihan dan kekurangan 4G LTE ini? Sekian artikel kami seputar cara merubah HP CDMA menjadi GSM. Semoga bermanfaat bagi Anda.