Keuntungan Dan Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat jaringan komputer tanpa disadari telah memberi konstribusi positif dalam pendidikan, dunia bisnis bahkan kehidupan kita sehari-hari. keuntungan jaringan komputer dalam pemanfaatannya tidak bisa dipungkiri lagi, karena sangat membantu dalam efisiensi dan efektifitas dalam urusan yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi data

Pada Modul 2 macam-macam jaringan dan jenis-jenisnya. terbayang dibenak kita besaran biaya ketika harus membangun jaringan walaupun dalam unit kecil, namun Membangun jaringan komputer tidaklah serumit apa yang ada dalam fikiran kita, meskipun membutuhkan biaya ekstra untuk pengadaan perangkat jaringan komputer, misalnya kabel jaringan, router, switch, bridge dan lain-lainnya akan tetapi manfaat jaringan komputer jauh lebih besar keuntungannya dibanding biaya yang harus dikeluarkan jika tidak memanfaatkan jaringan komputer. beberapa keuntungan jaringan komputer antara lain:

Manfaat Jaringan komputer Dari Segi Ekonomis dan Keamanan Data:

Modul 3 keuntungan dan manfaat jaringan komputer

keuntungan dan manfaat jaringan komputer

Jaringan dapat mengurangi biaya pengadaan perangkat lunak karena berbagai potongan diberikan oleh pengembang jika membeli perangkat lunak untuk dipakai di jaringan. Selain keuntungan finansial, pemutakhiran perangkat lunak dapat dilakukan dengan cepat karena cukup dilakukan sekali saja, yaitu di komputer server, bukannya di masing-masing simpul.

Jaringan juga memungkinkan penerapan kebijakan keamanan jaringan komputer yang terpadu dan seragam. File dan perangkat lunak dapat ditandai sebagai “rahasia” atau “dilarang untuk dipindahkan maupun disalin” sehingga mengurangi risiko pembajakan maupun pembuatan salinan secara ilegal. password (kata sandi) juga dapat diberlakukan untuk melindungi jaringan komputer dari akses oleh orang-orang yang tidak berhak.

Manfaat Jaringan komputer Dari Segi Efekstifitas dan Efisiensi

Jaringan komputer memungkinkan efisiensi dan efektifitas penggunaan sumberdaya jaringan yang tinggi dengan cara berikut:

  1. resource sharing, Manfaat jaringan komputer adalah berbagi sumberdaya dalam satu jaringan seperti koneksi Internet, printer, dan lain-lain, dapat digunakan secara bersama-sama dalam waktu yang sama pula. misalnya sebuah jaringan komputer yang memiliki 30 simpul, tidaklah perlu menyediakan satu printer untuk tiap simpulnya. Cukup menyediakan beberapa printer saja yang terhubung ke jaringan untuk dipakai secara bersama-sama. Demikian pula dengan sumberdaya lainnya.
  2. file sharing, dengan memanfaatkan jaringan komputer, memudahkan pengguna berbagi file seperti file image, file video, file audio, file dokumen, lembar kerja (spreed sheet) yang dapat diakses dan digunakan secara bersama-sama. File dapat disimpan pada satu atau lebih simpul lalu kemudian diakses oleh pemakai dari simpul lainnya. Dengan demikian dapat menghemat media storge (harddisk) atau media penyimpan lainnya. Hal ini juga memungkinkan data tetap up-to-date dan terintegrasi.
  3. application sharing, salah satu keuntungan jaringan komputer dengan berbagi aplikasi yang diinstal pada satu atau lebih simpul juga dapat digunakan secara bersama-sama. Seperti halnya dengan data sharing, kemampuan untuk melakukan application sharing dapat menghemat pemakaian media storge harddisk. Selain itu juga, memungkinkan pamakaian software atau perangkat lunak yang versinya seragam. Permainan game komputer multi player merupakan contoh yang populer dari perangkat lunak application sharing

dengan manfaat Jaringan komputer, maka transfer file secara cepat sangat memungkinkan. Tanpa menggunakan fasilitas jaringan, transfer file biasanya dilakukan dengan menyalinnya ke flash disk, atau CD, atau media penyimpan lainnya, dan kemudian disimpan ke komputer lainnya. Cara seperti ini umumnya tidak efisien.

Sebelum anda mengerjakan soal dalam Modul Keuntungan dan manfaat Jaringan Komputer, simaklah beberapa artikel jaringan komputer yang telah disediakan untuk melengkapi pengetahuan keuntungan dan manfaat membangun jaringan komputer Dalam situs jaringan komputer ini,

Kegunaan dan Manfaat Jaringan Komputer

Keuntungan dan Kerugian Jaringan Komputer

Membangun Jaringan Komputer

Soal Latihan:

  1. Jelaskan secara singkat manfaat jaringan komputer dibidang pendidikan
  2. jelaskan apa yang dimaksud dengan resouce sharing, file sharing, appplication sharing
  3. Jelaskan apa keuntngan dan kerugian jaringan komputer

Setelah anda menguasa materi keuntungan dan manfaat jaringan komputer, kita bersama-sama melanjutkan Modul Jaringan Komputer Bag4