Pengertian Jaringan Dan Sistem Jaringan Komputer


pengertian jaringan dan sistem jaringan komputer

pengertian jaringan dan sistem jaringan komputer

Artikel dan Modul Jaringan Komputer menjadi sangat penting disekolah Menengah Kejuruan yang membuka jurusan Teknik Komputer dan Jaringan atau TKJ dan sekolah sekolah Tinggi yang membuka jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Mengkhusus pada Teknik Jaringan komputer adalah sebuah Paket Keahlian dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dan merupakan salah satu paket keahlian unggulan dibeberapa Sekolah teknik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional dengan Jenis Pekerjaan dan lingkup pekerjaan untuk Bidang Instalasi jaringan Komputer

dibawah ini kami menyiapkan kompilasi artikel jaringan menjadi sebuah Modul jaringan Komputer.

Pengertian jaringan komputer adalah Perpaduan lebih dari satu komputer yang saling terhubung dengan sebuah media baik melalui kabel jaringan komputer maupun nirkabel (tanpa kabel/wireless) sehingga komputer komputer tersebut membentuk sebuah jaringan kerja komputer yang saling terkait atau sering kita kenal dengan istilah jaringan komputer atau network komputer.

jaringan komputer dan teknologi jaringan

Modul jaringan komputer

Tujuan utama dibuatnya jaringan komputer agar dapat saling berbagi sumberdaya (resource sharing) dan saling bertukar data dan informasi. kemudian seiring makin majunya teknologi jaringan, konsep network komputer tidak hanya sekedar berbagi data dan informasi saja tetapi berbasis pada konsep berbagi (sharing) peralatan misalnya printer dan alat-alat output komputer lainnya dapat dipakai secara bersama-sama dalam jaringan dari komputer-komputer yang saling terkait

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang dihubungkan dengan menggunakan sebuah sistem komunikasi. Sistem jaringan secara konseptual, adalah suatu jaringan kerja berbasis komputer yang terdiri dari simpul-simpul (nodes) yang saling berhubungan satu sama lain, baik menggunkan atau tanpa menggunakan kabel. Setiap simpul akan berfungsi sebagai stasiun kerja (workstation). Suatu simpul dapat berperan sebagai penyedia jasa (service provider) atau server yang mengontrol fungsi-fungsi tertentu dari simpul- simpul lainnya.
Perbedaan yang mendasar dari jaringan komputer dan komunikasi data ialah :
Komunikasi data lebih cenderung pada kehandalan dan efisiensi transferdata sejumlah bit-bit dari satu titik ke titik tujuannya. Jaringan komputer menggunakan teknik komunikasi data tetapi lebih mementingkan arti dari tiap bit dalam proses pengiriman hingga diterima ke titik tujuannya.

Secara konseptual, jaringan komputer adalah suatu jaringan kerja berbasis komputer yang terdiri dari simpul-simpul (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. Setiap simpul akan berfungsi sebagai stasiun kerja (workstation). Suatu simpul dapat berperan sebagai penyedia jasa (service provider) atau server yang mengatur fungsi-fungsi tertentu dari simpul- simpul lainnya.

Sebelum anda menjawab pertanyaan-pertanya pada Modul Pengertian Jaringan Komputer dan sistem jaringan , simaklah beberapa artikel jaringan komputer yang telah disediakan untuk melengkapi pengetahuan pada konsep pengertian jaringan komputer Dalam situs jaringan komputer ini,

Pengertian Jaringan Dan Sistem Jaringan Komputer

Sistem Jaringan Komputer

Definisi Network Komputer

Setelah membaca artikel-artikel yang berhubungan dengan pengertian jaringan komputer, cobalah menjawab pertanyaan berikut ini.

Soal Latihan

  1. Jelaskan Pengertian Jaringan Komputer menurut John Gage (chief researche Sun Micro System)
  2. Dari beberapa artikel yang anda baca cobalah membuat kesimpulan sendiri mengenai pengertian jaringan komputer
  3. Coba Definisikan Network (jaringan) komputer dari segi ukuran dan jangkauan
  4. Jelaskan apa yang dimaksud sistem jaringan komputer

Setelah menguasai materi diatas mari kita lanjutkan pada Modul jaringan Komputer (Bag 2)