Perangkat Jaringan Komputer Lengkap dan Singkat


Sebelumnya saya sudah membahas tentang Pengenalan jaringan komputer dan kali ini saya akan berbagi artikel tentang Perangkat jaringan komputer lengkap. Sebuah jaringan komputer biasanya didukung dengan ada nya perangkat jaringan komputer yang lengkap agar fungsi dan kegunaan dari jaringan komputer bisa berjalan dengan maksimal.

Perangkat jaringan komputer sangat diperlukan karena mengingat hal ini adalah tools pokok yang harus ada dalam sebuah jaringan komputer.

Dengan begitu suatu jaringan komputer bisa berfungsi sesuai dengan apa yang diharapkan, adapun mengenai perangkat yang biasa digunakan dalam jaringan komputer, khusunya jaringan kabel akan dijelaskan pada artikel ini.

Perangkat Jaringan Komputer

1. Perangkat Keras (Hardware)

  • Komputer Server

Komputer Server
Source image : Pixabay

Komputer server biasanya selalu mempunyai sistem operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain (Client) dalam jaringan. 
Jika sebuah jaringan tersebut terkoneksi degan internet, maka server ini juga berfungsi sebagai gateway.
Gateway sendiripun adalaha perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunkan protol yang berbeda, sehingga informasi dari satu jairngan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.
  • Komputer Client
Komputer Client
Source image : Pixabay

Komputer client merupakan komputer yang digunakan untuk mengolah data yang diambil dari server, dengan kata lain komputer yang menerima pelayanan dari komputer server.

  • NIC (Network Interface Card) atau Kartu Jaringan
NIC
Source : Wikimedia

NIC adalah sebuah perangkat keras komputer yang dirancang pada jaringan.

Fungsi utama NIC antara lain :
– Sebagai media pengirim data komputer lain di dalam jaringan.
– Mengontrol arus data kekomputer dan sistem kabel.
– Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer.
Ada beberapa jenis BUS yang digunakan NIC, yaitu :
– ISA (Industry standard architecture.
– PCI ( Peripheral Component Inter Face.
  • HUB (Konsentrator)

    HUB
    Source : Pixabay

    Hub adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk membagi dan menguatkan sinyal data pada jaringan. Dengan hub ini, sebuah kabel dari komputer server  dibagi menjadi beberapa client.

    Hub mempunyai beberapa port sebagai konektor dari kabel komputer, atau perangkat lain yang terhubung dalam jaringan. Jumlah port pada hub bervariasi diantaranya b,8,dan 24. 
    Saat ini hub mulai ditinggalkan penggunanya karena berbagai kelemahan yang dimiliki nya seperti jangkauan jaringannya, kecepatan transfer datanya dan resiko loss data yang tinggi.
    • Switch  
    Switch
    Source : Pixabay

      Switch merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai konektor/penghubung. hampir mirip seperti hub, perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data. Switch memiliki cakupan luas jaringan yang lebih besar dari hub, dan switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan hub. 

      Sampai saat ini besaran kecepatan transfer data tertinggi hub adalah 100 Mbps. Sementara switch telah dikembangkan untuk dapat melakukan fungsinya dengan kecepatan diatas 100 Mbps, bahkan ada yang hampir mendekati kecepatan 1Gbps. 

      Perbedaan switch dan hub juga terletak di tempat keduanya  bekerja. Switch bekerja pada Layer 2 dan Layer 3, sementara hub bekerja pada Layer 1. Switch bekerja berdasarkan alamat MAC pada NIC ( Network Interface Card ). 
      Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemana paket data itu akan dikirim dan diterima. Sistem ini juga dibentuk agar tidak terjadi tabrakan pada jalur pengiriman data (collision ) antara port satu dengan yang lain

      • Router
        Router
        Source : Wikipedia

        Router merupakan perangkat jaringan yang mengatur aliran data dari suatu jaringan (LAN) ke jaringan lain sehingga arus data dari satu jaringan tidak tercampur dengan arus data jairngan lain.

        Router juga dibuat sebagai alat perluasan dari jaringan LAN ke jaringan WAN dan MAN. Router digunakan dalam  jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP. 

        Router jenis ini disebut IP Router. Router digunakan untuk memperluas jaringan data yang kecil ke jaringan yang luas . Contohnya dari jaringan LAN, oleh router diperluas menjadi jaringan berbasis Internet.

        Secara Umum, router dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
        – Static Router (Router Statis) : adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang disetting secara maual oleh adminstrator jaringan.
        – Dynamic Router (Router Dinamis) : adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga saling berhubungan dengan router lain nya.

        Baca juga : Pengenalan Jaringan Komputer
        • Kabel dan Konektor 

        Dalam sebuah jaringan kabel berfungsi sebagai penghubung. Ada beberapa jeins kabel yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer, yaitu :

        a. BNC Connector

        BNC Connector
        Source : Wikimedia

        – Berbentuk Silinder, dengan 2 prongs untuk menghubungkan jaringan.

        – Terbuat dari tembaga.
        – Menggunakan T-connector jika dihubungkan dengan network adapter.
        b. Twisted Pair Ethernet
        Kabel ini ada dua macam :
        – UTP (Unshielded Twisted Pair), tanpa selubung pembungkus.

        KABEL UTP
        Source : Wikimedia

        – STP ( Shielded Twisted Pair), dengan selubung pembungkus.

        KABEL STP
        Source : it.rs-online.com

        c. Konektor RJ-11 atau RJ-45

        RJ 11 atau RJ 45
        Source : Wikimedia

        – Twisted atau terpelintir maksudnya untuk mengurangi interfrensi listrik.
        – Dapat melewatkan sinyal sampai 10 mbps.
        – STP tahan gangguan dari pada UTP sehingga kecepatan sampai 100 mbps.
        – Dibutuhkan Hub/Switch untuk membangun sebuah jaringan LAN.
        d. Fiber Optic (F.O)

        Kabel Fiber Optic
        Source : Pixabay

        Kecepatan pengiriman data dengan media F.O bisa dibilang lebih dari 100 mbps dan bebas pengaruh gangguan lingkungan. Harga nya relatif mahal dan pemasangan atau instalasi yang lebih sulit dibanding dengan kabel yang lain.

        2. Perangkat Lunak (Software)

        • Sistem Operasi (Operating System)

         Untuk sistem operasi yang tidak terlalu perlu menjadi masalah, karena hampir semua sistem operasi yang sekarang ini sudah mampu untuk membangun jaringan komputer. Sistem operasi yang umum digunakan biasanya Windows dari Microsofot dan Linux.

        Masing-masing sistem operasi mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing, jadi kembali kepada anda mau menggunakan sistem operasi mana yang akan anda gunakan.
        • Driver 

        Driver ini merupakan sebuah program komputer kecil yang biasanya menjadi suatu paket dengan perangkat yang akan di pasang atau di install pada komputer. Misalnya, pada saat kalian akan memasang peranggkat tambahan NIC (Network Interface Card), Jika komputer tidak mengenal NIC yang akan dipasang maka kalian memerlukan driver tambahan untuk menginstallnya. 

        Maka dari itu, driver juga perlu dalam sebuah jaringan komputer.
        Demikian artikel tentang Perangkat jaringan komputer lengkap dan singkat dari saya.
        Semoga artikel ini bermanfaat.