Teknologi Jaringan Komputer


Pengertian Teknologi Jaringan Komputer

Teknologi jaringan komputer

Author: Zulhikam El Said

Untuk menarik kesimpulan Pengertian teknologi Jaringan Komputer, marilah kita lebih dulu memahami pengertian “Teknologi” dan “jaringan Komputer”.

Pengertian teknologi adalah :
  1. penggunaan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan cara untuk melakukan sesuatu. Contohnya dengan menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menciptakan mesin atau perangkat untuk membuat hal-hal menjadi lebih mudah agar suatu pekerjaan dapat dengan mudah untuk dilakukan.
  2. Teknologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan pada penemuan dan penggunaan sarana teknis dan yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan sosial dan lingkungan
  3. Teknologi adalah cara di mana taraf kualitas hidup manusia dapat ditingkatkan dengan penemuan dan pengenalan produk baru
  4. Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan (kolaborasi teknik ilmiah dan material) untuk mencapai tujuan atau dalam hal problem solving atau pemecahan masalah

Pengertian jaringan komputer adalah:

  1. Perpaduan lebih dari satu komputer yang saling terhubung dengan sebuah media baik melalui kabel jaringan komputer maupun nirkabel sehingga komputer komputer tersebut membentuk sebuah jaringan kerja komputer yang saling terkait atau sering kita kenal dengan istilah jaringan komputer atau network komputer.
  2. Jaringan Komputer secara sederhana di definisikan sebagai penggabungan lebih dari satu komputer yang saling terhubung secara berkomunikasi satu sama lain melalui media transmisi kabel jaringan maupun nirkabel. sekumpulam komputer independen berkomunikasi satu sama lainnya melalui media jaringan bersama.
jaringan komputer dan teknologi jaringan

jaringan komputer dan teknologi jaringan

Dari perpaduan antara pengertian teknologi dan pengertian jaringan komputer diatas, maka kita dapat menarik Pengertian Teknologi jaringan Komputer adalah penggunaan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan cara untuk melakukan (kolaborasi teknik ilmiah dan material) untuk menemukan cara, penemuan alat atau inovasi produk dalam hal menghubungkan komputer dengan komputer lain agar dapat berbagi, data dan informas, sumber daya, dll dengan tujuan memudahkan pekerjaan.
Perkembangan teknologi terbaru, seperti telepon, komputer, internet telah menyebabkan berkurangnya hambatan fisik untuk berkomunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas pada skala global.
Tujuan utama membangun jaringan komputer agar dapat saling berbagi sumberdaya dan saling bertukar data dan informasi. kemudian seiring berkembangnya teknologi jaringan, konsep network komputer tidak hanya berbagi data dan informasi saja tetapi berbasis pada konsep berbagi (sharing) peralatan misalnya printer dan alat-alat output komputer lainnya dapat dipakai bersama dalam jaringan dari komputer-komputer yang saling terkait
Dapat disimpulkan Pengertian Teknologi Jaringan terkait peran penting dalam hal menghubungkan orang-orang, dalam memfasilitasi komunikasi melalui pengembangan manajemen mutu perangkat-perangkat jaringan komputer.Contoh Jaringan Internet adalah platform yang bagus untuk teknologi jaringan yang berbeda.

Ragam Teknologi dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

LAN adalah jaringan komputer yang biasanya terbatas pada wilayah geografis yang sempit, seperti sebuah gedung atau bangunan tunggal. Jaringan LAN bisa saja sedikit, menghubungkan sedikitnya tiga komputer, tetapi LAN sering pula menghubungkan puluhan dahkan ratusan unit komputer. Pengembangan standar protokol jaringan dan media menyebabkan penggunaan LAN semakin meluas, dan didukung teknologi Jaringan Komputer yang semakin maju sehingga banyak ragam dan jenis jaringan tergantung dari tujuan dan manfaat jaringan dibangun.
Intranet dan Internet (WAN) adalah Contoh Penerapan Teknologi Jaringan Komputer Secara Luas

jaringan komputer dan teknologi jaringan internet dan intranet

jaringan komputer dan teknologi jaringan komputer

kebutuhan layanan jaringan dan semakin pesatnya tenologi komputer baik dari perangkat keras jaringan komputer dan didukung aplikasi/software jaringan komputer yang perkembangannya semakin pesat, maka perluasan cakupan dan jangkauan jaringn tidak hanya bekerja secara lokal, tetapi dapat menghubungkan pemakai komputer secara Global dengan menggunakan fasilitas layanan internet dan intranet. Pengertian internet dan intranet sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya skala penggunaan yang berbeda, jika intranet membatasi penggunanya pada lingkup organisasi dan orang-orang yang terlibat dalam organisasi itu melaukan pertukaran data dan informasi, sedangkan internet tidak terbatas pada orang atau organisasi tertentu saja tetapi setiap pengguna memungkinkan berbagi informasi secara global link category jaringan Internet

Pengembangan Teknologi Jaringan Komputer

jaringan komputer dan teknologi perangkat jaringn komputer

jaringan komputer dan teknologi perangkat jaringn komputer

Pesatnya Teknologi jaringan komputer sampai saat ini tidak terlepas dari sejarah yang melatar belakangi dari waktu kewaktu baca sejarah jaringan komputer hingga penggunaan teknologi protokol jaringan. Komputer yang terhubung bisa saja menggunakan teknologi trasnmisi dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah. Untuk menjalankan satu jaringan, ada beberapa komponen peralatan atau perangkat keras jaringan komputer dan konfigurasi yang harus dilakukan agar jaringan komputer bisa exis. Teknologi jaringan komputer dikembang pada Jenis-Jenis perangkat lunak jaringan, protokol jaringan, media transmisi dan teknologi Perangkat Keras Jaringan Komputer.
Dalam situs jaringan komputer ini, kami menyajikan artikel-artikel lengkap mengenai jaringan LAN, WAN dan Internet, agar mudah memahaminya kmi telah menyiapkan link dalam situs ini untuk memudahkan bagi pelajar pemula maupun yang berminat mempelajari seluk beluk teknologi komputer, network komputer dan jenis-jenis jaringan, maupun media transmisi yang dipergunakan dalam teknologi jaringan. untuk mendalami serba serbi komputer masuk pada link category Teknologi jaringan komputer