Yakin Gak Suka Pete ? Ini dia 10 Manfaat Pete Bagi Tubuh


AJIB20 – Buah Pete dalam bahasa indonesia dalah Petai. Buah pete ini merupakan salah satu makanan yang berada di Indonesia. Namun, sebagian orang tidak menyukai keberadaan pete ini karena bau nya. Buah ini memiliki bentuk yang cukup unik karena bentuk nya yang bulat pipih dan mempunyai warna hijau yang menjadi khas dari buah pete itu sendiri. biji yang menonjol didalam kulit nya yang panjang itu yang biasanya untuk dimakan.

Lalu kenapa Pete Bau?

10 manfaat buah pete
Sumber Gambar : http://manajerrumahtangga.blogspot.co.id
Buah Pete ini mempunyai kandungan asam amino didalam bijinya serta mengandung juga unsur sulfur. Kandungan tersebut yang membuat buah pete ini menghasilkan bau yang sangat menyengat dan tidak enak.
Namun, meskipun pete ini cukup bau siapa sangka ternyata buah pete ini memiliki gizi yang tinggi dan mempuyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.
Ini adalah 10 manfaat buah pete bagi tubuh :

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Kandungan Vitamin B yang sangat tinggi pada buah pete ini dapat memperbaiki stamina pada tubuh, sehingga dapat mengobati penyakit anemia. Efek dari anemia sendiri adalah :
  • rasa pusing disertai mual
  • tubuh lemas atau tidak bertenaga
  • gampang terserang penyakit ringan
  • 5L (Lemah, Letih, Lesu, Lunglai)

  2. Sebagai Obat Sakit Jantung 

Dengan Kemampuan yang dapat mengurangi kolestrol dan hipertensi, hal ini juga dapat membantu mengurangi dan mengobati penderita penyakit jantung.

  3. Mencegah Gangguan PMS

PMS (Pre Menstrual Syndrome) biasanya perempuan bisa dengan cepat berubah rasa mood dan rasa emosinya. Maka dengan monkonsumsi pete ini mampu menstabilkan rasa tersebut. Karena itu pengaruh dari zat tryptophan yang terkandung didalam pete. Selain itu kandungan vitamin B1 juga  mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

  4. Mencegah Penyakit Stroke

Berdasarkan ungkapan dari The New England Journal of Medicine menyatakan bahawa dengan mengkonsumsi pete dapat mengurangi penyakit stroke.

  5. Membantu Untuk Berhenti Merokok

Vitamin B12, B2, kalium, dan magnesium yang ada pada buah pete dapat membantu benrhenti untuk kebiasaan merokok.
Baca Juga : Cara Cepat Berhenti Merokok Yang Berhasil

  6. Obat Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembhkan “penyakit” mabuk adalah MilshakePete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh,segangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. Selain tentu saja baunya yang membangunkan dari mabuk.

  7. Kegemukan

Penelitian Institut of Psycology  Austria  menemukan bahwa tekanan pada saat orang kerja menyebabkan orang sering mengkonsumsi makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. dengan melihat kepada 5.000 pasien dirumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang menjadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.

10 manfaat pete
Sumber Gambar : tradsional.blogspot.co.id

Laporan menyimpulkan bahwa, untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik,kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap.

  8. Melawan Bakteri

Ekstrak biji pete ternyata mampu melawan menekan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat. Ekstrak biji pete mengandung hexabiothine dan thritiolane yang memiliki kemampuan antibakteri.

  

  9. Cacingan

Pete memiliki kandungan belerang dan tanin yang efektif untuk mengatasi masalah cacingan. Cacing perut seperti cacing kremi dan cacing lainnya akan mati atau segera keluar darin perut. Cukup konsumsi pete secara rutin untuk mengusir dan mencegah cacingan.

 

  10. Menetralkan Luka Lambung

Pete dapat bermanfaat untuk mencaga saluran percernaan. Hal ini dikarenakan tekstur nya yang lembut dan halus. Buah ini juga dapat menetralkan asam lambung serta dapat mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.
Demikian 10 manfaat pete bagi tubuh diatas. Semoga tulisan diatas bermanfaat. Terimakasih