3 Cara Menghapus Virus di Laptop Tanpa Menggunakan Antivirus Paling Mudah


Istilah virus komputer bukanlah istilah yang asing bagi para pengguna komputer. Virus komputer atau malware merupakan sebuah program yang seringkali memberikan dampak negatif bagi korbannya.

Perkembangan virus komputer tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi komputer yang saat ini telah meranah ke berbagai kalangan masyarakat. Virus komputer saat ini kebanyakan beredar melalui medium internet dimana ketika para penggunanya sedang melakukan browsing atau mengklik link – link aneh yang ada pada internet.

Virus komputer memang perlu diakui sebagai salah satu sumber masalah yang banyak mengganggu dan merugikan para pengguna komputer. Mulai dari kerugian yang sederhana seperti perubahan pengaturan pada komputer hingga pencurian data – data penting yang bersifat pribadi dapat dilakukan oleh virus komputer. Virus komputer juga merupakan salah satu aspek yang menjadi penyebab ram pv penuh. Oleh karena itu virus komputer seringkali diasosiasikan dengan hal – hal yang bersifat negatif.

Apakah bisa menghapus virus di laptop tanpa menggunakan antivirus?

Jika anda ingin menghapus virus di laptop anda, anda tidaklah harus menggunakan antivirus untuk menghapus antivirus yang menginfeksi komputer anda. Ada beberapa program virus removal yang dapat membantu anda menghapus virus di laptop anda dengan lebih ampuh dan juga lebih akurat.

Program virus removal merupakan sebuah program yang dikembangkan untuk menghapus virus/ malware pada suatu komputer. Berbeda dengan antivirus biasanya virus removal memiliki database dan juga sistem program yang dapat mendeteksi virus yang tidak dapat dideteksi oleh  program antivirus pada umumnya dengan mudah.

Meskipun sama – sama memiliki fungsi melindungi komputer anda dari bahaya virus komputer. Secara sederhana program virus removal memberikan perlindungan secara pasif, sedangkan anti virus memberikan perlindungan secara aktif. Oleh karena itu biasanya anti virus dan virus removal diinstall secara berdampingan oleh kebanyakan penggunanya. Salah satu program virus removal yang telah diakui dapat membersihkan komputer penggunanya dari berbagai macam jenis virus adalah program aplikasi Malwarebytes Anti-Malware.

Cara Menghapus Virus di Laptop tanpa Menggunakan Antivirus

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan komputer anda dari virus komputer. Metode – metode tersebut akan dibahas pada pembahasan dibawah merupakan cara menghapus  virus malware yang ada pada komputer. Berikut merupakan metode – metode ampuh untuk menghapus virus di laptop tanpa menggunakan antivirus.

Scanning

Metode ini merupakan metode yang menggunakan suatu program pada komputer untuk mencari virus atau malware lainnya pada komputer dengan melalui proses scanning. Perlu disadari bahwa terdapat banyak program berbeda yang tersebar di internet yang memiliki kategori sebagai software virus removal. Kebanyakan program ini tersedia secara gratis. Akan tetapi jangan pernah menggunakan virus removal yang tidak memiliki reputasi yang baik karena nantinya hanya akan memberikan dampak negatif kepada penggunanya.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

Penting untuk diingat bahwa program virus removal yang berbeda akan memberikan jenis hasil yang berbeda juga dan tidak ada satupun dari mereka yang dapat memberikan hasil dengan tingkat pendeteksian virus secara 100%. Sebagai contoh anda dapat melakukan proses scanning menggunakan salah satu program virus removal, dan menghapus virusnya. Akan tetapi ketika anda menggunakan jenis program virus removal lainnya anda malah akan mendapatkan lebih banyak lagi virus yang sebelumnya tidak dapat ditemukan oleh program virus removal lainnya.

Oleh karena itu untuk dapat menghapus virus komputer yang membandel, salah satu pilihan yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan beberapa program virus removal ini secara bergantian. Akan tetapi kebanyakan jenis virus – virus yang dibuat dalam beberapa tahun belakangan memiliki tingkat pemrograman yang pintar dan dapat mencegah anda menjalankan program virus removal di dalam program Windows ataupun sistem operasi lainnya. Untuk dapat mengatasi hal ini anda perlu menjalankan sistem operasi anda dalam kondisi Safe Mode.

Berikut merupakan langkah – langkah cara menghapus virus laptop tanpa menggunakan antivirus dengan metode scanning.

  • Langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah memastikan bahwa laptop anda sedang berada dalam kondisi Safe Mode.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-1’); });

  • Ketika anda sudah memastikan bahwa laptop anda sudah berada dalam kondisi Safe mode, anda perlu menjalankan beberapa program scanning antara yang satu dengan yang lainnya sehingga tidak ada lagi infeksi yang ada pada komputer anda.
  • Beberapa program virus removal yang dapat anda gunakan dan juga memiliki Reputasi yang baik adalah SUPER, Anti-Spyware dan MalwareBytes Anti-Malware, diikuti dengan Spybot,  dan Ad-Adware. Untuk dapat melakukan proses scanning ini anda membutuhkan koneksi Internet. Oleh karena itu apabila anda menggunakan Safe Mode pastikan juga bahwa kondisi Safe Mode yang anda gunakan memiliki izin untuk melakukan koneksi internet.
  • Dengan melakukan proses scanning, pada sebagian besar kasus infeksi yang ada seharusnya anda dapat terbebas dari sebagian bear malware yang menginfeksi komputer anda sebelumnya. Memang langkah ini  sebenarnya tidaklah terlalu praktis, dan membutuhkan kesabaran dan juga beberapa pekerjaan teknikal, akan tetapi cara ini cukup ampuh untuk menghapus virus di laptop anda tanpa perlu menggunakan antivirus.

Rescue Disk

Sebagai tambahan dalam metode sebelumnya yang menggunakan metode Safe Mode, anda juga harus mencoba untuk melakukan proses scanning pada laptop anda ketika komputer anda  hendak untuk dinyalakan. Anda dapat melakukan hal ini dengan menggunakan scanner pra-boot.

Untuk program Rescue Disk, anda dapat menggunakan Windows Defender Offline. Aplikasi ini dapat membantu anda menghapus virus di laptop apabila metode sebelumnya tidak berhasil dalam mennghapus virus di laptop anda secara keseluruhan.

CMD (Command Prompt)

Dalam menghapus virus di laptop anda juga dapat menggunakan command prompt untuk dapat membersihkan virus yang menjangkit komputer anda. Akan tetapi apabila anda tidak memiliki pengalaman dalam menggunakan perintah berbasis command line interface, nantinya anda hanya akan dapat menghapus jenis file virus – virus dasar yang sangat mudah untuk ditemukan pada komputer yang terinfeksi olehnya. Metode ini merupakan dapat digunakan sebagai cara menghapus virus shortcut yang biasa ditemukan pada media flashdsik.

Berikut merupakan langkah – langkah cara menghapus virus menggunakan CMD (Command Prompt)

1. Hal yang pertama anda perlu anda perlu lakukan adalah membuka program CMD. Untuk dapat membuka program CMD anda dapat menekan tombol Windows + Start.

2. Jika jendela CMD telah terbuka pergi ke directory yang mana anda rasa telah terinfeksi oleh virus. Untuk melakukannya cukup ketik partisi yang hendak anda tuju (contoh D: ).

3. Jika sudah tekan tombol perintah type attrib -s -h *.* /s /d dan kemudian tekan enter. 

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

4. Setelah anda berada dalam directory partisi yang dimaksud ketik perintah dir (perintah ini akan menampilkan seluruh program yang ada di dalam partisi ini)

5. Perhatikan file – file aneh khususnya yang memiliki akhiran .exe

6. Jika anda menemukan file – file yang aneh yang anda yakin buka merupakan bagian dari sistem operasi laptop yang anda gunakan. Silahkan hapus file tersebut karena kemungkinan file tersebut merupakan file virus yang menjangkit komputer anda.

Cara menghapus virus dengan CMD meskipun mudah untuk dilakukan, tidak dapat digunakan untuk menghapus sebagian besar yang umum menginfeksi virus pada komputer. Meksipun anda telah membersihkan komputer anda dari bahaya virus. Alangkah baiknya anda mengikuti cara mencegah komputer terkena virus, agar komputer anda tidak lagi dapat terinfeksi oleh virus komputer.

Itu tadi pembahasan mengenai cara menghapus virus di  laptop tanpa menggunakan antivirus sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.