Cara Mengatasi Masuk Angin


Sering masuk angin? Gunakan cara ini untuk menghindari dan mengatasi nya.

Ajib20 – Masuk angin adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh sekumpulan gas yang terkumpul didalam tubuh secara tidak rata dan angin yang masuk kedalam tubuh kita, masuk nya angin itupun karena sistem kekebalan tubuh kita yang melemah akibat cuaca yang ekstrim atau pun karena sering terkena angin malam. 
Sebenarnya penyakit ini hampir mirip dengan penyakit Flu pada umumnya tetapi gejala yang ditimbulkan hanya sedikit berbeda. 
cara mengatasi masuk angin
Source image : Google 

Penyebab masuk angin pun sangat banyak. 

  • Mulai dari terlalu sering bergadang atau terkena angin malam.
  • Kurang asupan makan yang menyebabkan tubuh melemas,perut kosong dan membuat angin mudah masuk kedalam tubuh. 
  • Kurangnya vitamin dalam tubuh
  • Kurang istirahat
  • Kecapean hal ini bisa saja menjadi penyebab nya angin masuk kedalam tubuh. Karena disaat tubuh kita melemas karena kecapean, pori-pori pada kulit kita pun terbuka dan angin pun dengan mudah masuk melalu pori-pori yang ada di tubuh kita dan masih banyak penyebab masuk angin yang pasti kita pernah rasakan sendiri. 

Tanda-tanda kita mengalami masuk angin.

  • Perut terasa kembung
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Pilek
  • Pundak terasa sakit atau pegal
  • Seluruh badan terasa sakit atau ngilu
  • badan dingin semua atau menggigil
  • demam
Gejala seperti itu sering saya rasakan didiri saya, kadang juga saya suka batuk dan dada terasa sesak ketika mengalami masuk angin. Dan sekarang saya  mau kasih tau cara mengatasi masuk angin yang selalu saya lakukan. 
Tetapi alangkah baik nya saya kasih tau terlebih dahulu cara menghindari penyakit yang satu ini check this out…

Cara menghindari masuk angin.

1. Jangan terlalu sering keluar malam
karena jika terlalu sering keluar malam, resiko kita masuk angin sangat besar. Karena angin di malam hari itu tidak baik bagi kesehatan tubuh maka dari itu jangan terlalu sering keluar malam, ingat jangan terlalu sering !
2. Olahraga yang teratur.
Olahraga adalah hal yang paling menyenangkan dalam hidup saya, mungkin tidak juga bagi kalian.
kenapa olahraga bisa menghindari masuk angin ? olahraga itu banyak mengandung manfaat nya bila kita kaji lebih dalam, olahraga dapat membuat kita awet muda,bisa membuat kita lebih sehat dan bugar, dapat menghindari dari segala hal penyakit. Tetapi, jika kita terlalu berlebihan dalam berolahraga bisa juga menyebabkan kita jatuh sakit karena kecapean. maka dari itu olahragalah dengan santai,rileks dan juga tidak berlebihan.

3. Makan yang teratur
Makanan adalah hal yang terpenting dalam hidup kita. Untuk mengindari masuk angin, atur pola makan kalian agar perut kalian tidak kosong. Karena dengan perut yang kosong membuat tubuh lebih mudah berpotensi masuk angin, maka dari mulai sekarang jangan sampai telat makan yah.

Cara mengatasi masuk angin.

1. Kerikan atau Kerokan
Kerokan adalah salah satu pengobatan tradisional sejak dahulu. Pada orang dewasa kerikan dilakukan dengan sebuah uang koin dan minyak bisa juga dengan krim handbody dengan menggosokan koin yang sudah diberi minyak pada tubuh kita secara bolak-balik samapi kulit memerah. 
Dan pada anak kecil atau bayi kerikan bisa dilakukan dengan bawang merah saja, karena kulit bayi masih sangat tipis. dan jika menggunakan uang koin pun sebenarnya tidak masalah tetapi, kasian pada si anak tersebut, bisa-bisa mereka teriak atau gak tahan karena sakit nya uang koin yang digosok pada kulit mereka. Maka dari itu saya saran kan gunakan bawang saja jika ingin mengerik anak kecil.

2. Istirahat yang cukup
Jika kalian masuk angin, alangkah baik nya untuk libur dulu dalam melakukan segala pekerjaan atau aktifitas dan istirahat,makan yang teratur dan minum obat , karena jika tidak banyak istirahat angin pun dapat lebih mudah lagi masuk dan menyebar kedalam tubuh kita.
3. Banyak minum air hangat
hal ini sering saya lakukan dirumah, apalagi ketika masuk angin mulut saya selalu terasa kering makanya alangkah baik nya jika kita banyak mengkonsumsi air putih ketika masuk angin.
Oh iya saya punya tips untuk kalian. Yaitu, dengan membuat minuman racikan teh manis dan sirup penolak angin, asli jika kalian campurkan teh manis panas dengan sirup penolak angin maka angin dalam tubuh kalian pun bisa cepat hilang, rasa nya pun enak karena seperti minum teh manis mint (ada rasa mint-mint nya gitu).
4. Vitamin C
Vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh karena bisa memperkuat daya tubuh. Kita bisa dapatkan Vitamin C pada makanan kita sehari-hari atau pun buah-buahan yaitu jeruk,cabai dan masih banyak makanan yang mengandung Vitamin C, kalian juga bisa beli Vitamin C di apotek terdekat bahkan sekarang, Vitmain C banyak terkandung dalam minuma-minuman sehat botolan yang ada diwarung atau toko terdekat.
5. Rebusan air daun pepaya.
Ini adalah salah satu obat tradisional  warisan leluhur kita, tetapi obat ini tidak banyak dikonsumsi oleh orang, karena rasanya yang sangat pahit dan kurang enak di mulut.
Cara membuatnya cukup simple dan mudah. Pertama,ambil 5 hingga 6 lembar daun pepaya, lalu cucilah daun pepaya nya hingga bersih, lalu rebus dengan menambahkan kurang lebih satu liter air.
Rebus hingga air nya terserap oleh daun pepaya dan meninggalkan setidaknya setengah liter air yang tersisa. Terakhir, minumlah air rebusan yang sudah kalian rebus tersebut.

6. Minum Air Jahe
Jahe adalah tanaman atau bahan makanan yang paling berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin.
biasanya jahe dikonsumsi dengan cara ditumbuk,direbus, dan diminum air nya. 
Biasanya untuk mengurangi rasa pedas rebusan jahe tersebut kalian juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.
Selain itu jahe juga dapat menghangatkan tubuh dengan cepat, banyak orang mengkonsumsi jahe di tempat-tempat yang berudara dingin ataupun dalam kondisi cuaca dingin. 
Kesimpulan : Jadi sayangilah tubuh kalian agar tidak mudah masuk angin,atur pola makan,isitrahat,olahraga, dan mengkonsumsi vitamin c agar kalian tidak gampang masuk angin. 
Demikian artikel tentang cara mengatasi masuk angin dari saya, semoga artikel ini bermanfaat.