MENCIPTAKAN PELUANG USAHA DENGAN BISINIS ONLINE SHOP


Banyak sekali seseorang yang tidak bisa memanfaatkan suatu peluang usaha, sebenarnya peluang usaha dapat kita dapatkan dengan cara yang mudah, asal ada kemauan pada diri kita sendiri untuk menciptakannya, dengan menciptakan suatu peluang usaha selain kita dapat meraih keuntungan, kita juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain sehingga kita dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Mungkin kalian bingung usaha apa yang dapat kalian buat untuk mendapatkan keuntungan?, atau mungkin kalian berfikir tidak punya modal besar untuk membuka suatu usaha?.

Hey guys.. coba deh kalian putar segala fikiran kalian, kalian punya handphone? udah pasti punya kan, atau alat elektronik lainya seperti laptop dan komputer, kalian juga pasti pengguna aktif dalam social media misalnya : Instagram, BBM, Line, Facebook, Twitter dll. 

Tanpa kalian sadari semua benda dan hal tersebut dapat memberikan kalian keuntungan loh.. tanpa harus bermodal besar.

Dengan cara apa ?


Online Shop
Soirce image : Wikimedia


Dengan cara Online Shop, mungkin bagi kalian para pemula online shop itu sulit, tapi ketahuilah online shop bila sudah dijalankan sangatlah mudah, dan apabila kalian sudah mendapatkan keuntungan kalian akan selalu tergiur dengan ingin selalu memasarkannya kembali.

Sehubungan dengan hal itu saya ingin berbagi tips atau cara usaha online shop sebagai berikut:

1. Niat dan kemauan. 


Setiap pekerjaan dan usaha pasti di awali dengan niat dan kemauan, karena tanpa niat dan kemauan semua nya akan menjadi sia-sia dan tidak akan maju. Sama halnya dengan bisinis online shop, tanpa niat dan kemauan bisnis ini tidak akan berjalan dengan lancar dan stabil. Karena bisnis sangat banyak saingan atau kompetitor, maka dari itu sebelum membangun bisinis yang satu ini, bulatkan dulu niat serta kemauan kalian untuk membesarkan dan mempromosikan tanpa mengenal lelah dan bosan dalam menjalani bisinis ini.

2. Tentukan barang yang kalian ingin jual.


Menentukan barang yang kalian ingin jual adalah hal wajib ketika kalian ingin memulai bisnin online shop, karena jika kalian memulai nya tanpa menentukan barang yang ingin kalian jual, lalu kalian mau jual apa? apa menunggu orang memberi barang untuk dijual ? jangan ! itu sangat tidak efektif.
Karena semakin cepat proses kita dalam menentukan barang sendiri, maka semakin cepat customer atau konsumen berdatangan kepada kita.

3. Tentukan siapa yang akan menjadi admin dalam online shop kalian.

Admin dalam bisinis online shop adalah orang yang memegang dan mengatur seluruh kendali dan memonitor seluruh kinerja tim nya dan perkembangan barang yang dijual. Maka dari itu tentukan orang yang terpercaya untuk menjadi admin yang mampu membuat bisnis online shop kalian berkembang dengan cepat dan maju.

4. Mempunyai supplier tetap.

Dengan kalian mempunyai supplier tetap kalian dapat dengan mudah memasarkannya.

Biasanya supplier tersebut mempunyai stock yang banyak dan carilah supplier yang memberikan harga yang sangat murah, tapi bukan murahan yaa..
Dengan begitu kalian dapat mengambil keuntungan yang besar sesuai dengan kualitas barang tersebut, atau istilahnya “Harga tidak bisa dibohongi”.

5. Mempunyai Akun social media.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas harus ada akun instagram, facebook, twitter,BBM, Line, WEB dll. Dengan akun-akun tersebut kalian mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, tidak hanya orang-orang disekitar kalian atau di kota kalian bahkan kalian dapat memasarkan barang kalian ke seluruh kota yang ada di Indonesia atau luar Indonesia dan  kalian harus Aktif dalam sosmed itu sangat penting karena dapat menarik perhatian para konsumen untuk membeli barang yang kita jual.

  

6. Membuat rencana yang tepat untuk online shop kalian.

Yang dimaksud disini kalian harus membuat struktur dalam usaha kalian sendiri.
Sebagai Contoh :
  • Admin sangat berperan penting dalam online shop, siapa admin? tentu saja diri kalian sendiri, karena kalian sendiri lah yang bisa menentukan online shop kalian dapat berjalan dengan lancar atau tidak. kalian sebagai admin tugasnya untuk selalu standby dengan handphone, melayani dengan baikdan ramah kepada semua customer.
  • Sistem bagaimana yang akan kalian pakai dalam online shop kalian. Mungkin dalam hal ini saya lebih tertuju kepada masalah  pemesanan dan pengiriman barang.
Untuk pemesanan barang biasanya seseorang admin online shop selalu membuatkan yang namanya format order, guna mempermudah merekap apa yang dipesan oleh konsumen.

Format order terdiri dari (nama, alamat lengkap, no. telephone, orderan (biasanya orderan itu diisi dengan kode barang yang kita mau, warna barang dan jumlah barang).

Untuk pengiriman barang online shop biasanya ditawarkan dengan 2 cara, yaitu:

1. COD “Cash On Delivery” atau biasa kita sebut dengan istilah “ketemuan”.
Merupakan layanan transaksi jual beli di mana pihak pembeli bersedia untuk membayar barang secara langsung jika pihak penjual mengantarkan barang sampai ke alamat yang telah ditentukan. COD ini biasanya dilakukan di area yang masih bisa terjangkau oleh penjual untuk mengantarkannya.

2.  Menggunakan jasa pengiriman (JNE, POS, TIKI, dll). Biasanya untuk yang menggunakan jasa ini pengiriman yang cukup jauh, dan pembayaran barang dilakukan dengan cara transfer dan akan dikenakan biaya tambahan untuk ongkos pengiriman barang “Ongkos Kirim”. Oh iya sedikit tambahan untuk kalian pembeli atau penjual dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:
   
Untuk pembeli :
         
  • Transferlah sesuai dengan jumlah yang sudah ditotalkan oleh penjual.
  • Transfer  ke nomor rekening yang sudah diberikan (jangan sekali-sekali transfer uang dilain rekening dengan alasan apapun).
  • Kirim bukti pembayaran dan format order kembali agar tidak kesalahan dalam menerima barang. 
  • Mintalah nomer Resi biasanya diberikan H+ 3 setelah tanggal transfer.

Untuk penjual :

  • Totalkan dengan benar harga barang dan biaya ongkir dengan benar.
  • Minta bukti pembayaran.
  • Jaga kepercayaan pembeli, jangan membohongi atau menipu pembeli dengan cara tidak dikirim barang yang sudah dibayar, jika ada kendala dikonfirmasikan kepada pembeli.
  • Tentukan cara dan syarat yang berlaku di online shop kalian.

Maksudnya adalah demi meningkatkan angka pendapatan kita. Kita mencari resseler atau orang yang ikut menjual barang kita, dengan ketentuan misalnya reseller minmal pembelian adalah 3pcs barang.
Atau selalu mengadakan promosi dengan tujuan untuk menarik banyaknya minat pembeli.


Semoga Bermanfaat..