Pengenalan Jaringan Komputer


Pengenalan Jaringan Komputer.

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkankan dua buah node
(Komputer/Device/Virtual machine) atau lebih menggunakan media komunikasi berupa kabel (wire) atau tanpa kabel (wireless) sebagai perantara serta membutuhkan protokol-protokol komunikasi untuk bisa saling berbagi sumber daya seperti software atau data maupun perangkat keras seperti printer dan media penyimpanan.

Jaringan komputer memungkinkan kita bekerja bersama-sama untuk meningkatkan penggunaan sumber daya yang ada dalam sebuah perusahaan/organisasi, komunikasi dan arus informasi semakin cepat serta melindungi aset-aset penting perusahaan/organisasi yang semestinya diakses oleh pihak yang berwenang di dalamnya.

Secara singkat Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan sebuah perangkat yang satu dengan perangkat yang lain dengan menggunakan media berupa kabel atau nirkabel.

Sejarah dan perkembangan jaringan komputer.

Profesor. Dr. Howard Aiken
Inilah orang yang menyimpan komputer model 1 
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer Model 1 di laboratorium Bell dan grup riset Harvard University yang disimpan oleh profesor H.Aiken, pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang hanya dipakai bersama. 
Untuk mengerjakan sebuah proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses berurutan (Batch Processing),  sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya jumper komputer,  maka dari itu sebuah komputer harus melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yanh dikenal dengan nama TSS (Time Sharing  System).  Maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network)  komputer diaplikasikan. 
Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai banyak p
Perpaduan teknologi telekomunikasibyang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Time Sharing System.

Contoh time sharing system
Contoh Time Sharing system
Memasuki tahun 1970-an,  setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal,  maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada gambar diatas, dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal secara seri dihost komputer secara seri disetiap host komputer dan telekomunikasi.
Karena selain proses yang didistribusikan, semua host wajib terminal-terminal nya dalam satu peritah dari komputer tersebut.

Contoh Distributed Processing
Source Image: wikipedia

Pada tahun 1972,Roy Tomilson berhasil menyempurnakan program surat elekronik (E-mail) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET. Program tersebut begitu mudah untuk di gunakan , Sehingga langsung menjadi Populer.
Pada tahun yang sama yaitu 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lamabang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”.

Pada Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas keluar Amerika Serikat. Komputer University College merupakan komputer pertama yang ada diluar amerika serikat yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama yaitu 1973, dua orang ahli komputer yaitu Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran network internasional network (Internet).

Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 maret 1976, ketika ratu inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Estabilishment di Malvern.
Setahun kemudian, sudah lebih 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Demikian arikel tentang pengenalan jaringan komputer serta sejarah perkembangan singkat nya.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan berkomentar dan Follow akun sosial media Ajib20.blogspot.co.id.
Enjoy Blogging Guys 🙂