Cara Mengatasi Touchscreen Android Yang Suka Kepencet Sendiri


Handphone android, nama yang sering di sebut – sebut ini memang sudah biasa kita dengar ya sobat, jadi sudah tidak asing lagi untuk kita perbincangkan, sebab kita sudah mengenalnya dan bahkan memilikinya. Banyak orang dari berbagai kalangan dan tanpa mengenal usia, semuanya sudah mempunyai handphone canggih yang satu ini. Hal ini karena android memang sudah tidak bisa kita ragukan lagi kecanggihan nya, jadi tidak akan ada habisnya untuk kita membicarakan tentang handphone android.

cara kalibrasi touchscreen yang suka kepencet sendiri

Cara Mudah Kalibrasi Touchscreen Android Yang Suka Kepencet Sendiri

Membahas tentang handphone android, kamu pasti sudah tahu apa itu touchscreen kan sobat? Touchscreen merupakan sebuah layar yang digunakan untuk mengetahui keberadaan dan lokasi suatu sentuhan di dalam suatu area. Android memang dirancang khusus untuk perangkat yang mendukung pengoprasian dengan layar sentuh. Walaupun ada beberapa perangkat yang juga menyajikan tombol fisik, tetapi touchscreen masih menjadi hal penting dalam pengoprasian perangkat tersebut.

 

Cara Mudah Kalibrasi Touchscreen Android Yang Suka Kepencet Sendiri

Tetapi, sudah tak jarang ada beberapa orang yang mengalami penurunan dari kinerja touchscreen yang dipakai pada perangkatnya. Misalnya saja touchscreen yang mempunyai respon yang sangat lambat atau mendeteksi sentuhan dengan tidak akurat. Lalu bagaimana untuk mengatasinya ya sobat? Nah untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tidaklah sulit, pengguna Android bisa melakukan kalibrasi terhadap touchscreen di perangkatnya, untuk memperoleh kembali pengenalan sentuhan dengan lebih akurat.

Android memiliki kelebihan dan kekurangan, biasanya tidak semua android bisa menggunakan fitur untuk melakukan kalibrasi touchscreen. Maka dari itu, kita perlu menginstal aplikasi tambahan di Google Play Store. Salah satu aplikasi tersebut misalnya Touchscreen Calibration. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan kalibrasi touchscreen supaya touchscreen di perangkat Android bisa kembali berkerja dengan baik. Cara menggunakan aplikasi Touchscreen Calibration untuk kalibrasi touchscreen di perangkat Android sebagai berikut.

  1. Pertama – tama silahkan kamu download aplikasi Touchscreen Calibration dari Google Play Store.
  2. Selanjutnya silahkan kamu buka aplikasi tersebut
  3. Berbeda dengan aplikasi pada umumnya, dengan aplikasi ini pengguna tidak perlu mengatur preferensi atau hak ases apapun.
  4. Apabila udah terbuka, silahkan klik tombol CALIBRATE untuk memulai kalibrasi touchscreen
  5. Jika sudah langkah selanjutnya adalah melakukan sentuhan sesuai perintah datri TEST PAD. Ada beberapa macam sentuhan perintah antara lain geser, ketukan ganda, sentuhan lama dan lain – lain.
  6. Di setiap melakukan pengujian pada jenis sentuhan, aplikasi akan memperlihatkan keakuratan dari jenis sentuhan
  7. Setelah itu akan muncul notifikasi Calibration Successfully, klik OK di  notifikasi tersebut
  8. Selanjutnya silahkan restart handphone android kamu untuk mengaplikasikan hasil kalibrasinya

Catatan : Proses kalibrasi touchscreen di handphone Android ini tidak memperbaiki kerusakan perangkat keras pada touchscreen ya sobat. Aplikasi tersebut hanya membantu pengguna mendeteksi jenis sentuhan di area touchscreen, dan membantu mendefinisikan kembali jenis sentuhan tersebut.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan di pembahasan kali ini tentang Cara Mudah Kalibrasi Touchscreen Android Yang Suka Kepencet Sendiri. Semoga cara yang sudah saya jelaskan dapat membantu kamu mengatasi touchscreen yang suka kepencet sendir atau kurang responsif. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang pembahasan kali ini, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar ya sobat.