Cara Print / Cetak dan Simpan PDF Halaman Web di Google Chrome


Internet merupakan gudangnya informasi dari seluruh penjuru dunia. Kita bisa menemukan data yang kita butuhkan dengan sangat mudah hanya dengan memanfaatkan internet. Keberadaannya memang membawa banyak dampak positif terutama dalam persebaran informasi. Jika dimanfaatkan dengan baik, maka internet merupakan salah satu jalan untuk melihat dunia dengan cara yang lebih baik.

Tentu kalian pernah dong mencari sebuah informasi di internet entah itu bacaan ataupun tutorial tertentu. Nah pernahkah kalian berpikir, apakah bisa kita menyimpan informasi dari sebuah halaman web ke android? Dalam hal ini kita menconvert ataupun mengubah dari bentuk html menjadi pdf agar bisa di download ke perangkat smartphone. Jawabannya tentu saja bisa dan sangat mudah untuk dilakukan.

Tapi kenapa kita perlu mensave sebuah tampilan website tertentu ke android? Yah kadang alasannya beragam, ada yang karena ingin halaman web tersebut bisa dibuka saat sedang offline. Dengan begitu kita tidak perlu datang ke website tersebut jika membutuhkan informasinya lagi. Ada juga yang mungkin untuk kebutuhan tugas tertentu. Kita bisa mengubah tampilan website menjadi PDF dan mungkin memprintnya ke atas kertas.

 

Tutorial Save (Cetak) Tampilan Website di Google Chrome Android

Fitur untuk mengubah halaman website dari HTML menjadi PDF ini sebenarnya sudah ada di Google Chrome android. Kalian bisa langsung menggunakannya tanpa harus menambahkan aplikasi tertentu. Penasaran bagaimana triknya? Berikut ini adalah panduan untuk cetak halaman web dan mendownloadnya ke perangkat smartphone android.

A. Pertama silahkan buka Chrome di android dan masuk ke halaman website yang ingin diprint serta simpan.

B. Setelah tampilannya keluar dengan sempurna, kalian klik menu yang ada di pojok kanan atas dan pilih opsi Bagikan.

cara menyimpan save halaman website di google chrome

 

C. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan, klik pada opsi Cetak.

cara menyimpan save halaman website di google chrome

 

D. Lalu kalian akan diarahkan ke menu tampilan, disana akan terlihat bagaimana website yang akan dicetak. Silahkan klik pada ikon PDF untuk menconvert serta mensavenya ke android.

cara menyimpan save halaman website di google chrome

 

E. Terakhir kalian tinggal tentukan dimana lokasi yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan file PDFnya.

F. Dan selamat, halaman web yang kalian inginkan sudah terdownload ke perangkat android.

 

Demikian Cara untuk print halaman web di google chrome android dengan sangat mudah. Kalian bisa mengubah informasi sebuah website dari bentuk HTML menjadi PDF kemudian mendowload serta menyimpannya ke smartphone. Dengan begitu kalian bisa membukanya di lain waktu dalam keadaan offline tanpa perlu koneksi internet. Masih ada yang belum dimengerti? Silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar.