10 Cara Membersihkan Casing HP Putih yang Menguning


Casing HP dapat dibentuk dari berbagai material, sama ibarat silikon, karet, logam, dsb. Merk dan motif yang terdapat juga tidak sedikit pilihannya. Bahan untuk membuat softcase sendiri ada yang terbuat dari dove, karet, kain, kulit dan yang paling terkenal yaitu dari plastik silikon.

Casing HP satu ini seakan menjadi favorit oleh sebagian besar orang. Malahan, bisa dibilang masyarakat Indonesia lebih menyukai casing pelindung handphone tipe softcase dibandingkan tipe hardcase. Alasannya karena casing HP softcase lebih nyaman ketika digenggam tangan dan casing ini bisa meredam benturan lebih baik di saat HP terjatuh. Selain itu, casing jenis ini biasanya memiliki beragam motifn dan modelnya lucu-lucu.

Sayangnya, casing jenis ini tidak sanggup mengalirkan panas karena sifat bahan utama pembuatnya yang menyimpan panas. Jangan heran jika HP anda akan mudah panas di saat menggunakan softcase. Selain itu, casing ini pun lebih mudah kotor jika sering digunakan. Suatu saat nanti, akan tiba saatnya ketika tampilan dari casing tersebut sudah tidak secantik dikala Anda membelinya pertama kali. Selain muah kotor, casing HP dari silikon juga bisa berubah warna menjadi kekuningan.

Casing HP dari bahan plastik silikon, apalagi yang jenis jelly case dan berwarna putih (atau bening), akan sangat sulit dibersihkan ketika warnanya sudah menguning. Jika tidak segera diatasi, kotoran yang menguning tersebut akan mengeras dan kaku. Yah, kurang lebih sama dengan baju putih yang lama-kelamaan akan menguning.

Ada banyak hal yang menyebabkan silikon case bisa cepat menguning. Beberapa diantaranya adalah karena lotion yang sering dipakai pada tangan, keringat yang menempel pada casing, dan juga sinar ultraviolet. Tahukah Anda, bahwa bahan silikon bisa menyerap cairan? Hal tersebut membuatnya menjadi susah sekali ketika dibersihkan.

Selain itu, senyawa polimer, termasuk juga bahan pembuat silikon, adalah bahan yang sensitif, jika bahan ini terkena panas, oksidasi dan kotoran, bahan tersebut akan berubah warna menjadi kusam kekuningan. Proses ini bersifat irreversible, sehingga hampir tidak mungkin bagi Anda untuk mengembalikannya kembali seperti warna semula dengan bahan kimia apapun.

Tidak ada cara mengembalikan silikon HP yang menguning. Anda lebih baik membeli casing yang baru saja!” Atau saran lebih baik lagi yaitu menggunakan casing silikon HP berwarna gelap agar noda dan kotoran yang menempel pada silikon tidak terlihat jelas.

Memang, membeli silikon yang baru terasa lebih mudah dilakukan. Tetapi, bagaimana jika casing HP tersebut adalah pemberian dari orang yang paling berharga (contohnya dari mantan pacar Anda *ehh) ? Atau model dan warna dari softcase tersebut terlalu sulit untuk dicari meskipun Anda sudah pergi ke berbagai tempat penjual casing silikon HP? Atau harga casing tersebut dibeli dengan harga yang mahal?

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

Jika casing silikon HP Anda belum begitu kaku dan masih bisa dipakai, sebenarnya masih ada cara terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan warna kusam pada casing tersebut agar bisa kembali dipakai. Layaknya seperti cara membersihkan laptop. Lagipula, jika solusinya cukup membeli yang baru, untuk apa kami menulis artikel ini? (;

Untuk mencegah casing silikon cepat menguning, sebaiknya Anda sebisa mungkin menghindarkannya dari terpaan sinar matahari secara langsung. Jika anda keluar rumah, sebaiknya masukkan HP Anda ke dalam saku atau tas ketika HP sedang tidak digunakan. Selain itu, selalu bersihkan HP Anda jika terjatuh ataupun terkena kotoran. Anda cukup membersihkannya dengan kertas tissue untuk sehari-hari. Tak usah pakai kertas HVS, apalagi kertas HVS yang berisi skripsi Anda *lahh.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-1’); });

Meskipun cara-cara yang kami jelaskan di bawah ini bukanlah cara agar HP Android tidak lemot secara software, namun cara-cara ini setidaknya dapat mempercantik kembali tampilan HP Anda. Nah, untuk perawatan yang lebih maksimal, Anda bisa mencoba cara membersihkan casing hp putih yang menguning di bawah ini.

 

  1. Langkah pertama dalam mengatasi casing silikon HP warna putih yang menguning adalah menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Emang apa aja sih yang dibutuhkan? Sekilas, alat-alat yang dibutuhkan hampir sama dengan alat pembersih layar HP biasa. Nah, berikut ini bahan-bahannya:
    • Sikat gigi bekas. Jangan gunakan sikat gigi yang Anda pakai sehari-hari, apalagi menggunakan sikat gigi orang lain
    • Baking soda secukupnya
    • Air hangat
    • 1 buah mangkok
    • Alkohol. Tentu saja yang alkohol yang digunakan untuk keperluan medis. Bukan alkohol yang dipakai untuk ehemm minum-minum
    • Kapas halus
    • Kain mikrofiber. Jika tak punya, Anda bisa menggunakan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata
  2. Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, tuangkan air hangat ke dalam mangkuk. Lalu masukkan baking soda secukupnya.
  3. Kemudian, aduk hingga merata.
  4. Setelah itu, masukkan casing silikon HP warna putih Anda ke dalam mangkuk yang di dalamnya sudah terdapat larutan baking soda.
  5. Biarkan casing HP itu terendam selama beberapa saat.
  6. Setelah beberapa saat, gosok secara perlahan silikon yang tengah di rendam tersebut secara keseluruhan. Pastikan Anda menggosoknya sampai ke semua sudut casing silikon HP Anda. Jangan sampai ada yang tertinggal agar kotoran yang selama ini menempel bisa segera hilang. Dengan menerapkan cara membersihkan casing hp putih yang menguning ini, maka casing silikon HP Anda akan terlihat seperti baru. Tetapi jika kotoran atau noda pada casing silikon tersebut sulit hilang, Anda bisa merendam casing ponsel tersebut ke dalam larutan soda dengan jangka waktu yang lama. Setelah itu, barulah Anda bisa menggosoknya dengan sikat gigi.
  7. Jika merasa masih kotor, Anda dapat menggosoknya dengan alkohol yang di teteskan ke kapas halus. Selain untuk mempersihkan, alkohol juga berfungsi sebagai anti bakteri sehingga casing silikon HP Anda menjadi kembali higienis dan terlihat baru lagi.
  8. Seperti halnya cara membersihkan tempered glass, jika Anda merasa bahwa casing silikon HP Anda sudah bersih, Anda bisa mengeringkannya dengan lap bersih atau kain mikrofiber. Jangan sampai menggunakan hairdryer karena panas dari hairdryer bisa mengakibatkan efek samping pada casing silikon HP yang baru saja dibersihkan.
  9. Setelah itu, barulah casing silikon HP Anda bisa dipakai kembali. Eitsss, pastikan dulu jika casing silikon tersebut benar-benar dalam kondisi kering saat Anda memasangnya kembali pada HP Anda. Jangan sampai ada sisa air yang tertinggal, karena hal tersebut bisa menyebabkan HP Anda mudah rusak akibar konsleting listrik.

    googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

  10. Perlu kami ingatkan bahwa warna karet silikon yang dibersihkan tidak mungkin kembali bersih dan bening seperti ketika Anda awal membelinya. Namun dengan melakukan beberapa cara di atas, noda kuning dan bakteri di casing silikon HP Anda akan berkurang dan setidaknya bisa kembali bersih.

Oh iya, sebagai pengganti baking soda, Anda juga bisa memakai body lotion, baby oil, perasan jeruk nipis, atau cairan pemutih pakaian sebagai alat untuk melakukan cara membersihkan HP yang kotor, khususnya casing HP Anda yang berwarna putih dari kekuningan. Sekian artikel kami pada kali ini seputar cara membersihkan casing hp putih yang menguning. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadi referensi Anda untuk membersihkan HP Anda, apalagi jika warna casingnya putih.