7 Cara Memperbaiki Scanner yang Bergaris untuk Printer HP


Scanner adalah salah satu perangkat input dan output komputer yang berfungsi untuk menyalin dokumen atau gambar dalam bentuk fisik ke dalam bentuk digital. Nah, ketika Anda sedang menggunakan scanner, pernahkah Anda mendapati hasil scan yang terdapat garis melintang? Jika pernah, apakah Anda tahu penyebabnya? Lalu gimana sih cara mengatasinya?

Tenang, pada artikel kami kali ini, kami akan memberikan informasi seputar cara memperbaiki scanner yang bergaris. Untuk kali ini, kami akan membahas mengenai scanner merek HP. Namun, jika Anda memiliki scanner merek lain, Anda bisa kok mengikuti informasi ini. Tentu saja, Anda sesuaikan langkah-langkahnya dengan scanner Anda. Yuk kita simak informasinya.

1. Pastikan Kaca Scanner Anda Asli

Yup, jika sebelumnya scanner Anda pernah rusak dan dibawa ke tukang servis, ada kemungkinan kaca scanner Anda diganti dengan kaca yang tidak asli dari merek produsen scanner Anda. Hal tersebut bisa berakibat terbentuknya garis-garis yang disebabkan oleh perbedaan ketebalan kaca scanner abal-abal dengan kaca scanner asli. Untuk memastikannya, coba Anda cek adakah bekas penggantian kaca pada scanner Anda.

2. Pastikan Masalah tersebut Tidak Berhubungan dengan Printing

Loh, maksudnya apa nih? Kok ujung-ujungnya jadi ke printing? Poin ini sebenarnya berlaku bagi Anda yang menggunakan printer yang memiliki fitur scanner di dalamnya. Seiring waktu, banyak produsen printer yang menawarkan fungsi scan pada printer keluaran mereka. Tak terkecuali juga untuk HP.

Nah, jika hasil scan pada printer HP Anda bergaris, pastikan masalah tersebut hanya terjadi ketika Anda melakukan scan saja, bukan ketika melakukan print. Jika hasil print Anda bergaris, jangan lanjutkan ke tahap selanjutnya pada artikel ini.

Untuk masalah printer HP, Anda bisa mengunjungi website HP Customer Support, cari tipe printer atau model number-nya (jika dibutuhkan), lalu cari bahasan mengenai perbaikan kualitas hasil print. Anda juga bisa menyimak artikel kami seputar cara mengatasi hasil print bergaris yang pernah kami bahas di sini.

Sedangkan jika yang bermasalah adalah hasil scan, lanjutkan membaca artikel ini sampai akhir.

3. Bersihkan Scanner

Sidik jari, noda, debu, atau sisa-sisa puing di kaca scanner, yang berada di bawah penutup scanner atau di slot feeder kertas bisa menyebabkan timbulnya garis dan pita warna yang tidak diinginkan pada hasil scan. Bersihkan kaca scanner dengan kain lembut yang disemprot dengan pembersih kaca. Caranya berbeda-beda, tergantung dari jenis kaca pada scanner Anda. Berikut ini cara-caranya:

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

  • Printer atau scanner dengan kaca scanner yang “tidur” dan memiliki penutup
    • Matikan printer, lalu lepaskan dari sumber listrik.
    • Buka penutup scanner.
    • Semprotkan cairan pembersih kaca ke kain lembut atau kain mikrofiber. Lalu usapkan kain tersebut ke kaca scanner, celah-celah kaca (jika ada), bagian putih di bawah penutup scanner, dan celah-celah bagian putih di bawah penutup scanner (jika ada), hingga bersih. Setelah itu keringkan dan biarkan terbuka. Agar komponen di dalam printer atau scanner terlindung, jangan menyemprotkan langsung cairan pembersih kaca ke kaca scanner atau ke balik penutup scanner.
    • Sambung kembali printer ke sumber listrik, lalu nyalakan printer. Jangan lupa untuk menutup penutupnya dengan rapat.
    • Coba Anda lakukan scan sebuah dokumen atau foto ke printer. Pastikan dokumen atau foto yang hendak di-scan berada dalam kondisi bagus dan tidak terdapat kotoran, lipatan, basah, sisa staples, atau sisa selotip.
    • Jika masalah masih berlanjut, simak langkah selanjutnya.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-1’); });

  • Printer dengan slot feeder kertas
    • Matikan printer, lalu lepaskan dari sumber listrik, and cabut baterai (jika printer Anda memiliki baterai).
    • Buka segala penutup bagian atas, tray feeder kertas, dan penutup feeder kertas scan, yang tergantung dari model printer Anda.
    • Bersihkan segala puing-puing seperti potongan kertas atau klip kertas yang mungkin berada di dalam feeder kertas.
    • Semprotkan cairan pembersih kaca ke kain lembut atau kain mikrofiber. Lalu usapkan kain tersebut ke kaca scanner dan bagian putih di sisi bawah dari feeder kertas sampai bersih. Lalu, keringkan dan biarkan printer terbuka. Agar komponen di dalam printer atau scanner terlindung, jangan menyemprotkan langsung cairan pembersih kaca ke kaca scanner atau ke balik penutup scanner.
    • Setelah kering, tutup rapat semua penutup dan tray yang Anda buka sebelumnya.
    • Sambung kembali printer ke sumber listrik, pasang kembali baterai jika sebelumnya tersedia, lalu nyalakan printer.
    • Coba Anda lakukan scan sebuah dokumen atau foto ke printer. Pastikan dokumen atau foto yang hendak di-scan berada dalam kondisi bagus dan tidak terdapat kotoran, lipatan, basah, sisa staples, atau sisa selotip.
    • Jika masalah masih berlanjut, simak langkah selanjutnya.

Patut diperhatikan, beberapa produk printer menyediakan kain pembersih feeder kertas di dalam paket penjualannya. Jika Anda memilikinya, bersihkan feeder kertas dengan kain tersebut dan mulai lakukan proses scan untuk membersihkan sistem mekanik dari scanner.

4. Reset Printer / Scanner

Dengan me-reset scanner, beberapa kesalahan dari scanner bisa terkalibrasi, yang mungkin saja bisa menjadi cara memperbaiki scanner yang bergaris terampuh.

  1. Bersihkan semua kotoran yang ada di kaca scanner dan automatic document feeder (ADF), lalu, tutup penutup scanner.
  2. Saat printer atau scanner menyala, cabut printer dari sumber listrik.
  3. Tunggu sekitar satu menit.
  4. Sambung kembali printer / scanner ke sumber listrik.
  5. Jika printer atau scanner Anda adalah printer HP seri DeskJet 3700, lakukan kalibrasi scanner setelah me-reset printer.
  6. Pastikan scanner Anda terdeteksi setelah direset. Jika belum, lakukan cara-cara mengatasi scanner tidak terdeteksi.
  7. Coba scan satu lembar foto atau dokumen.
  8. Jika masalah belum terpecahkan, lanjutkan ke cara berikutnya.

5. Bersihkan roller Automatic Document Feeder (ADF)

Jika printer Anda memiliki roller automatic document feeder (ADF), debu dari sisa kertas pada roller atau separator di dalam ADF bisa membuat kualitas hasil scan menjadi menurun. Untuk mengatasinya, buka ADF, lalu bersihkan roller ADF dan separator.

  1. Siapkan beberapa alat di bawah ini:
    • Kain lembut yang tidak meninggalkan sisa serat atau kain mikrofiber
    • Air bersih
  2. Keluarkan sisa kertas pada ADF.
  3. Matikan printer.
  4. Putus sambungan listrik ke printer.
  5. Buka penutup ADF.
  6. Cari roller pengambil kertas dan pad separator di dalam ADF.
  7. Rendam kain dengan air bersih, lalu peras agar kain tidak menyerap banyak air.
  8. Gunakan kain yang telah dibasahi tersebut untuk membersihkan segala kotoran yang ada di roller pengambil kertas dan pad separator.
  9. Biarkan penutup ADF terbuka selama dua menit untuk mengeringkan roller pengambil kertas dan pad separator.
  10. Tutup penutup ADF.
  11. Masukkan kembali kertas ke tray feeder kertas. Masukan kertas dengan baik agar kertas bisa diambil dengan mudah oleh printer.
  12. Paskan kertas dengan panduan sampai tidak ada halangan yang menghalangi jalur masuk kertas. Jika kertas masih terhalang, Anda harus melakukan cara-cara mengatasi scanner macet.
  13. Sambung kembali printer dengan sumber listrik.
  14. Nyalakan printer, lalu coba lakukan scan sekali.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

6. Kalibrasi Scanner

Pada poin nomor 4, dijelaskan untuk melakukan kalibrasi pada printer. Untuk printer merek HP, gunakan “HP Printer Assistant” untuk mengkalibrasi scanner dari OS Windows.

  1. Nyalakan printer.
  2. Masukan satu lembar kertas putih yang bersih ke dalam scanner dengan posisi disesuaikan dengan panduan peletakan kertas yang ada di sebelah kanan dari scanner.
  3. Saat kertas sudah diisi ke dalam scanner,  printer akan memasukannya ke dalam scanner, dan lampu scanner akan menyala. Jika scanner tidak bekerja dan menahan kertas, keluarkan kertas, dan masukkan kembali ke dalam scanner.
  4. Buka Windows for HP, lalu pilih tipe printer yang Anda gunakan pada daftar pencarian. HP Printer Assistant selanjutnya akan terbuka.
  5. Klik “Print”, lalu klik “Maintain Your Printer”. Toolbox dari printer akan terbuka.
  6. Pada tab “Scan Services”, klik “Calibrate Scanner”. Jika printer tidak menarik kertas, tunggu sampai pesan “Calibration Unsuccessful” muncul. Lalu klik “Close”, dan ulangi kembali dari awal. Jika scanner masih tidak mau mengkalibrasi, mungkin Anda harus mengecek apakah ada penyebab scanner tidak bisa scan di scanner tersebut.
  7. Jika berhasil, scanner akan menarik beberapa kertas dan scanner akan melakukan kalibrasi. Jangan mengambil kertas-kertas tersebut sampai proses kalibrasi selesai.
  8. Saat kalibrasi selesai dilakukan, klik OK.

7. Bawa ke Service Center

Jika masalah terus berlanjut setelah Anda melakukan semua cara yang kami berikan di atas, mau tidak mau Anda harus membawa printer Anda ke Service Center HP untuk diperbaiki.

Sekian artikel kami seputar cara memperbaiki scanner yang bergaris. Semoga informasi kami ini bisa bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah pada scannernya.