Cara Mudah Setting / Mengatur Ukuran Kertas atau Page Setup di PDF


PDF adalah singkatan dari Portable Document Format, merupakan salah satu format pada komputer yang biasanya berisi teks yang bisa dibaca. Mungkin diantara kalian masih banyak yang belum mengetahui cara untuk mengatur page setup atau ukuran kertas diformat pdf yang ingin kalian cetak atau print. PDF berbeda dengan microsoft office, di microsoft office kita bisa dengan mudah mengatur ukuran kertas atau pak setup supaya lebih mudah saat kertas tersebut dicetak atau diprint.

Biasanya sebuah buku ataupun ebook ebook yang ada di disekitar kita memiliki format pdf. Nah jika kalian mencetak buku tersebut biasanya ukurannya tidak sesuai, jadi supaya ukuran kertas pada ebook saat dicetak mnjadi sesuai seperti yang kalian inginkan maka kalian harus mengganti ukuran kertas nya terlebih dahulu sebelum mencetaknya.

Pada kesempatan kali ini mastekno akan memberikan sebuah tutorial tentang cara mengatur page setup di pdf dengan mudah. Jadi pertama-tama silahkan kalian siapkan terlebih dahulu file pdf nya, dan jangan lupa juga siapkan aplikasi untuk membuka file pdf tersebut atau kalian juga bisa menggunakan google chrome untuk membuka file pdfnya. Disini saya menggunakan google chrome untuk membukanya, caranya tinggal drag file pdf ke tab kosong di google chrome.

 

Tutorial Cara Mengganti Ukuran Kertas dan Page Setup di PDF

Untuk mengubah dan mengatur ukuran kertas atau page setup file pdf silahkan kalian masuk ke menu print dengan cara menekan tombol CTRL + P di keyboard secara bersamaan. Atau kalian juga bisa klik gambar printer yang ada di bagian sebelah kanan atas jika menggunakan chrome. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar berikut.

begini cara mengatur ukuran kertas atau page setup di pdf dengan mudah 1

 

Setelah kalian masuk ke dalam menu print, silahkan atur ukuran kerta sesuai dengan keinginan kalian. Selain mengatur ukuran kertas, kalian juga bisa mengatur dpi pada file pdf tersebut, Kalian bisa memilih dpi yang banyak atau dpi yang sedikit. Semakin banyak dpi maka semakin jelas gambarnya atau hasilnya ketika dicetak.

begini cara mengatur ukuran kertas atau page setup di pdf dengan mudah 2

 

Setelah kalian mengatur ukuran kertas dan sudah sesuai dengan keinginan kalian, silahkan kalian klik Cetak atau Print untuk mulai melakukan proses pencetakan.

begini cara mengatur ukuran kertas atau page setup di pdf dengan mudah 3

 

Nah itulah tutorial singkat yang bisa mastekno berikan kepada kalian tentang bagaimana cara mengatur page setup atau ukuran kertas di pdf dengan mudah, sangat mudah kan? Mengatur page setup atau ukuran kertas alhasil ebook atau buku elektronik yang dicetak akan sesuai dengan keinginan kita. Jadi jika kalian ingin mencetak sebuah ebook kalian harus memperhatikan page setup atau ukuran kertas pada pdf yang ingin kalian cetak.