Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di HP Andoid Tanpa Root


Tentunya kamu pernah menghapus foto pada smartphone kamu secara tidak sengaja bukan?. Pastinya setelah melakukan hal tersebut kamu langsung panik ketika foto yang kamu hapus tersebut merupakan foto – foto penting kamu atau foto – foto penting bersama keluarga ataupun pasangan kamu yang sudah kamu simpan baik – baik dan akhirnya tidak sengaja terhapus. Jika kamu menghapus foto tersebut pada komputer atau laptop, maka foto tersebut akan tersimpan di Recycle Bin dan kamu dapat merestore kembali dengan mudah.

Namun bagaimana jika di android?. Mengembalikan foto yang telah terhapus di android dapat di bilang cukup mudah dan cukup sulit. Sebenarnya foto yang kamu hapus tidak hilang atau lenyap begitu saja dari storage ponsel kamu. Karena sistem hanya meghapus index file tersebut saja dari storage ponsel kamu. Data yang sudah tidak terindex lagi bisa saja di timpa oleh data lain karena sistem sudah tidak menganggap data tersebut masih ada. Maka kamu harus segera melakukan recovery sebelum foto tersebut di timpa oleh file lain.

 

Cara Mengembalikan / Restore Foto Yang Telah Terhapus Di HP Andoid

Salah satu cara yag dapat kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi. Pada artikel kali ini mastekno akan menggunakan aplikasi DiskDigger Photo Recovery untuk membantu mengembalikan foto yang telah terhapus. Sebenarnya terdapat banyak sekali aplikasi recovery lain yang bisa kamu gunakan namun mungkin memiliki metode yang berbeda beda. Tapi pada dasarnya perinsip kerjanya sama. Yuk langsung simak tutorialnya berikut ini.

1. Pertama, silahkan kamu download dan install aplikasi DiskDigger Photo Recovery via Google Play Store [DISINI].

2. Kemudain buka aplikasi DiskDigger Photo Recovery lalu pilih Start Basic Photo Scan untuk memulai melakukan pencarian pada foto yang telah terhapus. Namun perlu kamu ingat bahwa menggunakan opsi ini sangat terbatas sekali, hanya sedikit foto saja yang dapat di recovery.

3. Nah jika kamu ingin mencari foto – foto yang telah terhapus sampai ke akarnya, kamu dapat menggunakan opsi Full Scan. Namun opsi Full Scan hanya dapat di lakukan jika ponsel android anda sudah di root. Proses rooting ponsel juga tidak sesulit yang kamu bayangkan.

4. Pada kali ini mastekno akan menggunakan opsi Full Scan untuk mengembalikan foto – foto yang telah terhapus. Dan tentunya ponsel android yang di gunakan oleh mastekno sudah di root. Jika kamu sudah sampai pada langkah ini, berarti mastekno anggap ponsel android kamu sudah di root. Kemudian pilih partisi yang akan kamu recovery. Pilih opsi pertama jika kamu ingin merecovery foto – foto yang telah terhapus pada external memory. Dan pilih opsi kedua jika kamu ingin merecovery foto – foto yang  telah terhapus pada internal memory .

cara mengembalikan foto yang telah terhapus di android dengan mudah ampuh

 

5. Kemudain pilihlah format file yang ingin kamu recovery. Nah untuk format file foto, kamu dapat mencentang di bagian JPG dan PNG. Jika kamu juga ingin melakukan recovery pada video yang telah terhapus, kamu juga dapat mencentang pada bagian MP4. Kamu hanya dapat memilih 3 format file itu saja, karena format file lainnya hanya tersedia di versi pro yang artinya kamu harus membeli aplikasi ini. Jika sudah klik OK.

cara mengembalikan foto yang telah terhapus di android dengan mudah ampuh

 

6. Tunggulah beberapa saat sampai proses scanning selesai. Kamu bisa melakukan filter scanning  (opsional, dapat di skip), caranya yaitu klik pada icon Settings. Kamu dapat mengatur hasil scanning, misalnya mengatur ukuran minimal foto 100.000 bytes (800KB). Tapi perlu di ingat bahwa ini hanya opsional saja. Selanjutnya klik OK.

cara mengembalikan foto yang telah terhapus di android dengan mudah ampuh

 

7. Nah maka proses scanning sudah selesai. Pada ponsel yang mastekno gunakan, aplikasi ini berhasil menemukan 85 foto. Tidak semua file foto yang di temukan dapat di recovery, karena mungkin file tersebut ada yang corrupt atau rusak. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, kamu harus cepat – cepat melakukan recovery agar file tersebut dapat kembali dalam kondisi baik.

cara mengembalikan foto yang telah terhapus di android dengan mudah ampuh

 

8. Selanjutnya centanglah pada foto – foto yang ingin kamu recovery. Jika kamu ingin merecovery semua foto, kamu dapat klik pada icon titik tiga lalu pilih Select All. Untuk menghapus semua centang pada foto yang kamu pilih kamu dapat pilih Unselect All. Jika kamu ingin mengurutkan ukuran foto – foto tersebut dari yang terkecil atau terbesar, pilih Short by size.

cara mengembalikan foto yang telah terhapus di android dengan mudah ampuh

 

9. Setelah itu klik tombol Recover lalu tentukan lokasi file hasil recovery tersebut. Jika yang direcovery adalah memory internal, maka simpanlah hasil recovery pada SD Card dan sebaliknya.

cara mengembalikan foto yang telah terhapus di android dengan mudah ampuh

 

10.Jika telah muncul tulisan Recovery Complate, maka proses recovery file telah berhasil.

cara mengembalikan foto yang telah terhapus di android dengan mudah ampuh

 

Apakah semua foto yang telah terhapus dapat di kembalikan?

Dapat atau tidaknya foto yang telah terhapus di kembalikan tergantung pada cepat atau tidaknya kamu melakukan recovery pada foto tersebut. Jika kamu melakukan recovery foto tersebut secepat mungkin, maka kemungkinan besar foto – foto yang telah terhapus tersebut dapat kamu kembalikan dengan tingkat keberhasilan 80-90%. Agar proses recovery dapat berjalan dengan maskimal, maka sangat di sarankan agar ponsel android kamu di root terlebih dahulu.

 

Bagamiana cara mencegah agar hal tersebut tidak terjadi lagi?

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu dapat melakukan backup terhadap foto – foto tersebut pada harddisk baik harddisk eksternal maupun internal pada laptop atau komputer. Jika kamu tidak memiliki harddisk eksternal atau tidak memiliki komputer atau laptop, maka kamu dapat menyimpan hasil backup di layanan cloud storage seperti Google Drive, karena Google Drive menyediakan penyimpanan 15GB, mungkin menurut kami 15GB sudah cukup untuk menyimpan hasil backup.

 

Nah itulah artikel tutorial dari mastekno mengenai cara mengembalikan foto yang telah terhapus di android dengan mudah ampuh. Namun disini mastekno tidak menjamin bahwa hasil foto yang telah terhapus dapat di kembalikan dalam kondisi yang baik. Karena tentunya terdapat beberapa hal yang menyebabkan foto tersebut corrupt atau tidak dapat di recovery dengan baik, seperti kamu telat melakukan recovery, partisi telah tertimpa data lain dan sebagainya. Namun tak ada salahnya jika kamu mencobanya. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.