Cara Mudah Memperbaiki dan Mengatasi File Corrupted di Windows 10


Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan versi Windows terbaru saat ini. Windows 10 ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh versi windows sebelumnya, seperti fitur yang modern, powerful untuk Gaming, memiliki windows Store dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah dengan kelebihannya tersebut, maka tak heran lagi jika sistem operasi windows 10 saat ini banyak diminati oleh para pengguna komputer atau pun laptop.

Namun, selain keunggulan Windows 10 tersebut, sistem operasi ini juga masih memiliki kelemahan atau kekurangan loh sobat. Masalah yang sering para pengguna windows 10 alami misalnya seperti mengalami error saat menggunakan Windows 10, terasa sangat lambat atau bahkan sering mendapatkan pesan error “file corrupted” atau “file missing” ketika baru menyalakan windows 10.

Kerusakan Windows 10 salah satunya bisa disebabkan oleh file sistem yang rusak ataupun hilang. Pada umunya file sistem yang rusak ataupun hilang bisa disebabkan dari berbagai alasan, misalnya virus. Selain itu, file sistem juga bisa menjadi corrupt ketika kamu  menggunakan aplikasi modifier yang seringnya dipakai untuk mengubah tampilan Windows. Lalu, bagaimana cara yang paling mudah yang bisa kita gunakan untuk memperbaiki kerusakan tersebut?

 

Tutorial Cara Memperbaiki dan Mengatasi File Corrupted di Windows 10

Cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengganti file sistem yang rusak dengan aslinya. Nah, dalam windows 10 ini sudah tersedia tool yang bisa kita pakai untuk mengecek serta memperbaiki file sistem yang rusak / missing / corrupt, sehingga kita tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan untuk menggunakan tool tersebut. Namun, tool ini tidak mempunyai antarmuka sehingga kita harus memakai Command Prompt untuk menjalankannya.

Nah cara yang saya rekomendasikan di bawah ini tidak mempengaruhi file selain milik Windows itu sendiri ya sobat, jadi file dokumen, musik, atau yang lainnya akan tetap aman di tempatnya. Buat kamu yang sudah penasaran untuk memperbaiki file corrupted / missing di Windows 10, maka langsung saja simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

#1. Langkah Pertama

Silahkan kamu buka Command Prompt dengan hak akses Administrator. Caranya yaitu dengan ketik CMD di Start Menu kemudian klik kanan opsi Command Prompt selanjutnya klik Run as Administrator.

cara mudah memperbaiki file corrupted atau missing di windows 10 1

Setelah itu, klik tombol Yes ketika muncul dialog User Account Control.

 

#2. Langkah Kedua

Sesudah jendela Command Prompt terbuka, silahkan kamu ketik perintah di bawah ini, setelah itu silahkan klik Enter.

cara mudah memperbaiki file corrupted atau missing di windows 10 2

Kemudian DISM.exe akan mulai memindai file sistem Windows kamu. Apabila ditemukan kesalahan, DISM.exe   segera memperbaiki file tersebut. Jika sudah selesai maka pesan “Restore operation completed successfully” akan tampil.

cara mudah memperbaiki file corrupted atau missing di windows 10 3

 

#3. Langkah Ketiga

Sesudah perintah di atas sukses dijalankan, selanjutnya masukan perintah di bawah ini, dan setelah itu klik Enter.

cara mudah memperbaiki file corrupted atau missing di windows 10 4

cara mudah memperbaiki file corrupted atau missing di windows 10 5

Biasanya perintah tersebut memakan waktu kurang lebih 10 menit. Sesudah perintah diatas sukses dijalankan maka selanjutnya silahkan restart komputer kamu.

 

Demikianlah pembahasan saya kali ini tentang Cara Mudah Memperbaiki File Corrupted / Missing di Windows 10. Semoga apa yang telah saya rekomendasikan kali ini bisa membantu dan juga bermanfaat. Dan apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!