Perbedaan VGA DDR2 dan DDR3 Paling Mudah Diterapkan


VGA Card merupakan sebuah perangkat tambahan yang berfungsi untuk menambah kinerja PC. Fungsi tambahan ini sering disebut sebagai Add-ons. Ada dua produsen VGA card yaitu AMD dan Nvidia. AMD memproduksi merk Radeon sedangkan Nvidia memproduksi merk Gforce. Tetapi, AMD dan Nvidia tidak memasang sendiri VGA card yang diproduksi, melainkan menyerahkannya pada pihak ketiga. Seperti Asus, MSI, Powercolor, XFX, Zotac, Biostar, Gigabyte, DIgital Alliance, EVGA, dan sebagainya.

Mengapa AMD dan Nvidia harus bekerja sama dengan pihak ketiga? Karena dua produsen ini hanya membuat chip inti dari VGA card saja, yang biasa disebut GPU. Chip GPU mempunyai fungsi hampir sama dengan processor. Hanya saja, GPU hanya digunakan sebagai otak pengolah data berupa grafis. Misalnya video, gambar 2D dan 3D, video game, dan sebagainya.

Jelas bahwa VGA berfungsi sebagai otak pada pengolahan data grafis. Karena fungsinya ini, VGA card tentu harus memiliki memori untuk menyimpan data yang diprosesnya. Komponen yang membantu penyimpanan data sementara ini adalah RAM. RAM yang ada di VGA biasa disebut sebagai VRAM. Bentuk VRAM berupa chip. Anda bisa menambah kemampuan grafis PC anda dengan cara menambah VRAM ini.

VRAM memiliki jenis yaitu DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, hingga DDR5. Jenis DDR mempengaruhi kecepatan VGA. Semakin tinggi jenis DDR nya, maka kecepatannya semakin tinggi.

Apakah DDR? DDR adalah singkatan dari Double Data Rate. Orang awam mengetahui bahwa DDR hanya dimiliki oleh processor saja. Sampai saat ini RAM memiliki DDR, DDR2, DDR3, DDR4, dan DDR5 yang mempunyai perbedaan pada masing-masing. Tapi ternyata VGA juga memiliki komponen ini.

Berikut ini kecepatan data transfer untuk masing-masing DDR :

  1. VGA DDR1 atau biasa di sebut DDR saja memiliki kecepatan maksimal 400 Mhz
  2. VGA DDR2 memiliki kecepatan 400 hingga 1000 Mhz
  3. VGA DDR3 memiliki kecepatan 1200 hingga 1800 Mhz
  4. VGA DDR4 memiliki kecepatan 1800 hingga 2200 Mhz
  5. VGA DDR5 memiliki kecepatan yang fantastis, yaitu 3600 Mhz hingga 4000 Mhz.

Saat ini DDR dan DDR2 mulai langka di pasaran karena sudah tidak diproduksi lagi. Kemampuan yang mumpuni untuk perangkat komputer berteknologi terkini minimal adalah VGA yang ber DDR3.

VGA DDR2

VGA DDR2 adalah kelanjutan dari VGA DDR1. Perbedaan keduanya terletak pada BUS. Pada DDR2, BUS dijalankan 2 kali lebih cepat. Bukan berarti DDR2 mengirimkan data dua kali, tapi sel memorinya yang mampu memuat data sebanyak 2 kali. Anda bisa melihat kemampuan DDR2 dari nama tipenya. Misalnya DDR2-400, artinya adalah data yang dipindahkan oleh DDR2 tersebut bisa mencapai 400 million tiap detik. 

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

VGA DDR3

Kecepatan transfer DDR3 memang lebih unggul dibanding DDR2. Kecepatan transfer ini tidak dipengaruhi oleh BUS. Tetapi ternyata DDR3 tidak terbuat dari BUS yang berbeda. Tidak lagi fokus pada clock, DDR3 lebih fokus terhadap efisiensi. Yakni dengan pemakaian tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. Karena penyempurnaan efisiensi ini, DDR3 akhirnya mampu mentransfer data dengan tambahan kecepatan sekitrar 800 Hz hingga 1600 Hz.

Secara garis besar, perbedaan VGA DDR2 dan DDR3 adalah :

  • Kecepatannya. DDR2 memiliki kecepatan hanya mencapai 400 hingga 1000 Mhz. Sedangkan DDR3 memiliki kecepatan 1200 Mhz hingga 1800 Mhz.
  • Prospek. Karena DDR2 memiliki kemampuan yang lebih rendah dibanding DDR3, maka kini produksinya mulai dihentikan. Produksi dimaksimalkan pada DDR3 hingga DDR5. Sekarang yang umum di pasaran untuk kelas menengah adalah DDR4.
  • Bentuk fisik. Ini adalah perbedaan yang mendasar. Bentuk kode DDR2 berbeda dengan DDR3, sehingga dapat menghasilkan kemampuan yang berbeda pula.
  • DDR2 diperkenalkan sejak tahun 2002. Sedangkan DDR3 mulai dikenal sejak 2007.
  • Tegangan yang dibutuhkan DDR2 lebih besar yaitu sekitar 1,8 V hingga 2,5 V. DDR3 memiliki tegangan yang lebih rendah, sekitar 1,5 V saja.
  • Karena tegangan yang dibutuhkan berbeda, maka jika DDR3 disematkan pada laptop, akan lebih menghemat baterai dibanding DDR2.
  • Teknologi DDR3 yang lebih modern dan terkini, membuat harga DDR3 lebih mahal daripada DDR2. Namun anda tidak akan rugi karena DDR3 menawarkan keunggulan yang lebih besar dibanding DDR2.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

Itulah beberapa perbedaan antara DDR2 dan DDR3. Lalu bagaimana anda akan memilih VGA Card untuk Personal Computer anda? Untuk anda yang berniat membeli memori VGA Card ini, ada beberapa tips mendasar yang harus anda perhatikan :

  1. Perhatikan slot cmos motherboard processor anda. Meskipun processor anda masih menggunakan DDR2, bukan berarti anda tidak bisa memasang VGA DDR3. Kesesuaian slot memori ini tergantung dari slot motherboard anda apakah sudah PCI Express atau belum. Jika sudah, maka PC anda bisa terpasangi VGA DDR5 sekalipun.
  2. Perhatikan kecepatan memori. Kecepatan memori atau memori clock seperti yang kami jelaskan di atas. Besarnya RAM tidak terlalu mempengaruhi kinerja dibanding dengan memori clocknya.
  3. Perhatikan BIT VGA yang akan anda pilih. Perlu anda ketahui bahwa BIT VGA bukanlah ukuran ketajaman warna seperti bit pada windows. Tetapi, BIT VGA adalah lebar jalur yang ada pada VGA. Semakin besar BITnya, maka jalurnya semakin lebar. Itu artinya, kecepatan memori semakin besar pula.
  4. Jika anda memiliki pilihan VGA A : RAM 1Ghz 64 bit dan VGA B : RAM 256Mb 256 bit, maka pilihan terbaik adalah VGA B. Walaupun memiliki RAM yang kecil, tapi bit VGA B lebih besar sehingga kinerjanya akan lebih unggul dibanding VGA A.
  5. Memilih merk. Ini bisa menjadi referensi anda untuk memutuskan memori VGA apa yang akan anda beli. Jika PC anda ada PC game, dan sering merekam game PC anda, sebaiknya memilih memori VGA dari produsen AMD. Tetapi untuk design grafis, anda bisa memilih memori produksi dari Nvidia.
  6. Perhatikan ukuran monitor PC anda. Semakin lebar monitor anda, semakin besar pula tenaga yang dibutuhkan. Misalnya untuk monitor 16 inchi, anda dapat memilih DDR3 128 bit. Sedangkan monitor 19 inchi, anda disarankan memilih DDR3 dengan 256 bit.

Demikian ulasan yang dapat kami uraikan. Perkembangan memori VGA semacam ini bisa menjadi hal yang penting untuk diketahui. Karena pada saat ini penggunaan PC tidak lagi hanya untuk pengetikan ala kantor saja. Tetapi banyak yang menggunakan untuk keperluan grafis. Saat ini memori VRAM akan terus disempurnakan karena teknologi semakin berkembang.