Cara Ampuh Melindungi Flashdisk dari Virus Tanpa Software Apapun


Flashdisk merupakan media penyimpanan yang lumayan populer saat ini, selain karena mobilitasnya yang tinggi, flashdisk juga merupakan salah satu media penyimpanan yang bisa dicopot. Oleh karena itu banyak sekali yang menggunakan flashdisk. Hampir semua orang kantoran dan murid sekolah mempunyai flashdisk, biasanya flashdisk ini digunakan untuk menyimpan data atau dokumen yang sewaktu-waktu akan di print. Flashdisk memiliki bentuk yang kecil sehingga banyak orang tanpa repot membawanya kemana-mana.

Karena semakin banyaknya orang yang mulai menggunakan flashdisk, sekarang sudah banyak peralatan yang menyesuaikan dengan colokan USB flashdisk mulai dari pemutar audio, sampai dengan pemutar vidio, mereka kebanyakan sudah dilengkapi dengan port USB untuk menancapkan flashdisk. Hal ini dikarenakan flashdisk sangat mudah dibawa bepergian sehingga bukan Cuma komputer saja yang bisa menggunakan flashdisk.

Semakin kesini ukuran kapasitas dari flashdisk semakin bertambah besar dan ditingkatkan terus menerus. Pada saat pertama kali flashdisk hadir, mereka hanya mempunyai kapasitas beberapa mb (mega byte) saja. Namun sekarang kapasitasi dari flashdisk sudah sangat jauh berkembang, yaitu kapasitas flashdisk sekarang sudah mencapai gb (giga byte), bahkan kalau tidak salah dengar kini sudah ada flahdisk yang mempunyai kapasitas tb (tera byte) dimana kapasitas ini melebihi kapasitas HDD umum pada sebuah komputer.

Dengan kapasitasi flashdisk yang hanya beberapa giga saja kita sudah bisa menyimpan berbagai jenis file dan vidi di dalamnya, apalagi tera yang kapasitasnya seribu kalin dari gb. Apalagi flashdisk berkapasitas gb ini dapat kita beli dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari puluhan ribu rupiah. Hal ini berbeda denga harga flashdisk pada jaman dulu dimana harganya sangat mahal walaupun kapasitasnya tidak sebesar sekarang.  Pada kesempatan kali ini saya bukan akan membahas tentan kapasitas harddisk yah, melainkan cara melindungi flashdisk dari virus dengan mudah tanpa software.

Flashdisk adalah sebuah media penyimpanan yang sangat mudah dan gampang terkena virus. Hal ini karena flashdisk sering dicolokan ke sembarang komputer, dan komputer tersebut terdapat virusnya sehingga flashdisk kita juga terkena virusnya. Selain flashdisk yang dapat tertular oleh virus pada komputer, komputer juga dapat tertular virus yang dimiliki flashdisk lho!. Oleh karena itu untuk berjaga-jaga, kita harus meningkatkan kekebalan dari flashdisk kita supaya tidak mudah terserang virus.

 

Cara Melindungi dan Protect Flashdisk dari Serangan Virus

Hal yang menyebabkan flashdisk gampang terkena virus kemungkinan adalah karena sering dipindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain. Ini menyebabkan virus yang ada pada salah satu komputer menular ke flashdisk. Apabila flashdisk kita terkena virus, maka pada flashdisk kita akan muncul sebuah folder yang namanya autoturn.inf. Apabila sebuah flashdisk dicolokan ke sebuah komputer atau laptop yang di dalamnya terdapat sebuah virus, maka secara otomatis virus tersebut akan menular ke flashdisk.

Seperti yang sudah saya janjikan tadi, kali ini saya akan memberikan cara supaya flashdisk milik kalian memiliki kekebalan yang tinggi, sehingga tidak mudah terserang virus. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa membutuhkan software yang macam-macam. Kita cukup menggunakan sistem operasi windows yang kita pakai dan kita sudah dapat membuat flashdisk miliki kita menjadi kebal terhadap sebuah virus.

Okeh langsung saja, berikut ini adalah tutorial cara melindungi flashdisk dari virus dengan mudah tanpa software. Sebelum mengikuti langkah-langkah ini, pastikan kalau komputer kalian terbebas dari virus key? Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama silahkan siapkan flashdisk yang ingin kalian buat kebal terhadap virus, kemudian colokan flashdisk tersebut ke USB laptop atau komputer, dan kalian juga harus memastikan kalau flashdisk juga terbebas dari sebuah virus. Jadi kalian bisa scan flashdisk kalian terlebih dahulu dengan menggunakan antivirus.

2. Setelah itu, buatlah folder di dalam flashdisk kalain kemudian berinama folder tersebut inf.

3. Setelah itu, silahkan kalian buka folder yang kalian buat tadi (autoturn.inf).  kemudian buatlah sebuah file dengan format .txt kalian bisa membuatnya menggunakan notepad. Untuk membuat file menggunakan notepad adalah dengan tekan Klik Kanan kemudian New pilih Text Document.

4. Kemudian berilah nama file yang kalian buat tadi  dengan menggunakan huruf-huruf yang unik, disini kalian bisa menggunakan aplikasi bawaan windowns yaitu Character Map. Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan kalian masuk ke Start, cari Windows Accessoris, kemudian buka, dan disitu ada aplikasi yang namanya Character Map. Silahkan kalian buat nama menggunakan huruf-huruf unik dengan cara mengganti font tulisan menjadi font yang dibelakangnya berakhiran dengan Unicode, contonya adalah Arial Unicode. Setelah itu copy huruf tersebut kemudian pastekan pada nama yang file yang tadi dengan cara Double Click dengan jeda waktu atau dengan cara Rename.

5. Selesai, flashdisk kalian sudah kebal terhadap virus.

Sekarang dalam flashdisk kalian sudah ada folder yang namanya autorun.inf dan di dalam folder tersebut terdapat sebuah file dengan nama unik dan file tersebut dibiarkan kosong saja tidak apa-apa. Kalian bisa menyimpan file-file yang lain di luar folder autorun.inf.

 

Itulah cara melindungi flashdisk dari virus dengan mudah tanpa software. Dengan ini flashdisk kalian menjadi kebal terhadap virus. Ini karena dalam flashdisk kalian terdapat folder autorun.inf dan didalamnya terdapat file dengan nama unik. Jadi virus tidak bisa membuat folder yang bernama autorun.inf dan juga virus tidak akan bisa menularkan virusnya karena di dalam folder tersebut terdapat file dengan nama yang unik, semoga berhasil.