14 Ciri-Ciri Laptop Gaming Bagus dan Terbaik


Laptop memang sudah menjadi kebutuhan bagi hampir setiap orang sekarang ini. Untuk dari segi hiburan, laptop sering digunakan untuk bermain game. Tapi tahukah anda, laptop yang didesain khusus untuk game itu memiliki spesifikasi tersendiri. Untuk anda yang sangat gemar bermain game, disarankan menggunakan laptop gaming. Apa itu laptop gaming? Laptop gaming adalah laptop yang memiliki spesifikasi khusus untuk game. Gamers biasanya akan memilih laptop ini, walaupun harga yang ditawarkan sangat lebih tinggi daripada laptop biasa. Game membutuhkan banyak spesifikasi yang lebih besar dan bagus dibanding laptop untuk penggunaan di kantor dan sebagainya. Berikut ini ciri-ciri laptop gaming :

1. Processor

Ada dua merk processor yang ada yaitu AMD dan Intel. Dahulu, banyak yang percaya bahwa prosesor AMD lah yang tahan untuk laptop gaming. Tapi ternyata, Intel pun mampu menjadi prosesor yang handal yang disematkan di laptop gaming dengan syarat minimal intel core i5. Untuk merk intel, laptop gaming biasanya berlabel MQ atau HQ, contohnya i7-6700HQ. Prosesor berlabel U biasanya digunakan pada laptop dengan penggunaan ringan.

Jika laptop prosesor AMD, maka prosesor yang handal adalah AMD A10 dan FX Series. Selain itu, ada beberapa merk prosesor yang paling tinggi saat ini.

2. RAM

RAM adalah bagian terpenting dari sebuah gadget, termasuk laptop gaming. Semakin besar nilai angka RAM, maka game akan berjalan tanpa hambatan sama sekali. Laptop gaming memiliki spesifikasi RAM minimal 4 GB. Selain itu, laptop gaming biasanya diberi tambahan slot RAM, agar bisa setiap waktu anda bisa melakukan upgrade RAM. Laptop gaming yang beredar di pasaran sekarang ini bahkan banyak yang ber spek RAM 8 GB. RAM yang besar mampu memainkan game yang berat seperti GTAV, MAD MAX, Watch Dog,dan sebagainya.

3. VGA

RAM yang besar tanpa disertai VGA yang tinggi dirasa kurang untuk sebuah laptop gaming. Fungsi VGA cara adalah mendukung visual sebuah laptop. Maka salah satu ciri laptop gaming adalah adanya VGA yang mumpuni seperti Nvidia GT840. Untuk merk Nvidia, laptop gaming kini yang berseri GTX seperti Nvidia GTX950, GTX960, GTX970, dan GTX980. Sedangkan untuk merk AMD, laptop gaming biasanya berseri R7 230 atau R9 series.

4. Baterai

Baterai laptop memiliki dua pilihan yaitu removable dan non-removable. Biasanya baterai non-removable memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding removable baterai. Untuk baterai, laptop gaming memiliki daya tahan sekitar 3 jam jika digunakan untuk game berat. Pada penggunaan biasa, baterai laptop gaming bertahan hingga 6 jam. Agar tidak cepat rusak, anda harus mempelajari bagaimana cara memperpanjang umur baterai laptop.

5. Upgradable

Salah satu ciri laptop gaming yang lain adalah upgradable. Artinya adalah laptop gaming menyediakan slot tambahan jika setiap saat si pemilik ingin mengupgrade ke spek yang lebih tinggi. Misalnya pada RAM. Ada tambahan slot, sehingga anda bisa setiap saat mengupgrade RAM ke angka yang lebih tinggi. Begitu juga untuk hardisk, harusnya ada slot tambahan agar bisa menambah kapasitas hardisk tanpa membeli laptop yang baru.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

6. Resolusi Layar

VGA yang tinggi harus disertai dengan resolusi layar yang tinggi pula. Game memiliki grafis yang sangat detail dan bergerak dengan cepat. Laptop gaming biasanya bukan laptop yang berlayar kecil, namun minimal 15.6 inch. Untuk laptop berlayar 15.6 inch minimal memiliki resolusi FHD 1920 x 1080.

7. Harga

Karena memiliki spesifikasi yang sangat tinggi dibanding laptop biasa, maka harga yang ditawarkan pun sangat tinggi. Untuk laptop gaming yang baik umumnya memiliki harga minimal 10 juta.

8. Port

Laptop gaming bisa dikatakan adalah laptop berspek dewa. Termasuk dengan port yang menyertainya. Laptop gaming yang bagus memiliki port USB 3.0 dengan jumlah minimal 3. Selain itu, port HDMI juga harus ada. Ada pula yang memiliki port Dissplay Port. Jangan sampai bingung perbedaan HDMI, VGA pada portnya, dan Display Port.

9. Hardisk

Media penyimpanan laptop gaming memiliki nilai minimal 500 GB. Namun sekarang ini penggunaan hardisk 1 TB sudah sangat umum. Bahkan anda disarankan untuk memilik HDD 1 TB jika menginginkan laptop gaming. Game yang besar membutuhkan hardisk yang besar pula. Sayang sekali jika RAM yang besar tidak disertai dengan hardisk berkapasitas besar pula.

10. Keyboard

Berbeda dengan Play Station yang menggunakan stik untuk bermain game, laptop menggunakan keyboard untuk bermain game (walaupun anda bisa menambahkan stik pula). Keyboard pada laptop gaming memiliki fungsi yang cukup penting. Ciri laptop gaming terdapat back light pada keyboardnya sehingga memudahkan anda untuk bermain game. Beberapa laptop gaming memiliki numpad seperti pada komputer.

11. Garansi

Garansi pada laptop gaming dan biasa umumnya sama. Laptop gaming yang bagus memiliki garansi yang lama, yaitu minimal 2 tahun.

12. Audio

Apalah arti sebuah game tanpa efek sound yang bagus. Karena itulah laptop gaming memiliki speaker dengan sound yang sangat memuaskan. Untuk laptop gaming ber merk ASUS, biasanya telah disematkan software Republic of Gamers Audio Wizard. Software ini mengatur kualitas suara sesuai kebutuhan anda.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

13. Operating System

Operating system sebenarnya hal yang fleksibel dalam sebuah laptop. Biasanya seseorang membeli laptop memiliki yang tanpa OS, untuk menghemat biaya pengeluaran. Setelah itu, mereka akan menginstal sendiri Windows 10 atau sesuai yang diinginkan. OS yang terinstal di laptop gaming umumnya sama seperti laptop biasanya yaitu Windows 8 atau Windows 10.

14. Desain

Salah satu yang tidak bisa menjadi keunggulan laptop gaming adalah desainnya yang masih lebih besar daripada laptop biasa. Ciri laptop gaming memang memiliki desain yang unik pada visualnya, namun ukuran yang besar saat ini masih menjadi hal yang umum. Untuk anda yang menginginkan laptop gaming dengan desain yang tipis, harus mengeluarkan budget yang lebih besar. Karena laptop gaming yang tipis dibanderol dengan harga yang selangit pula. Body yang tidak bisa kecil dan slim ini umumnya tidak menjadi masalah untuk para gamers.

Itulah beberapa ciri-ciri laptop gaming yang beredar di pasaran sekarang ini. Pastikan anda mempelajari hal tersebut jika ingin membeli laptop gaming. Jangan sampai tergoda dengan laptop gaming harga murah tapi tidak memiliki kualitas yang mumpuni seperti yang kami uraikan di atas.