Cara Membuka Whatsapp Yang Diblokir Teman


Whatsapp termasuk aplikasi smartphone yang menjadi kebutuhan setiap pemegang handphone. Aplikasi ini adalah aplikasi mobile messaging yang memungkinkan anda bertukar pesan. Istimewanya, pesan yang ditukar bukan hanya tulisan seperti sms, tapi dapat berupa suara, gambar, video. Pada perkembangannya, Whatsapp terus menambah dan menyempurnakan diri. Dari awalnya hanya untuk bertukar pesan, hingga kini Whatsapp dapat membuat status layaknya Instagram dan Facebook.

Selain bertukar pesan, aplikasi Whatsapp memungkinkan anda melakukan voice call dan video call. Sebenarnya banyak sekali aplikasi messaging yang disediakan untuk pengguna smartphone. Tetapi mengapa Whatsapp begitu populer? Aplikasi yang dianggap ringan menjadi salah satu alasan pengguna handphone lebih memilih Whatsapp sebagai media komunikasi. Dengan fitur yang lengkap, Whatsapp menjamin aplikasi yang ringan.

Jika dibandingkan dengan BBM pada jamannya, WA memiliki keunggulan lebih di kapasitas memori dan kekuatan sinyal. Dengan kapasitas memori yang dibutuhkan lebih kecil, WA menjadi lebih unggul dibanding BBM sekarang ini. Whatsapp dapat mengirim dan menerima pesan dengan sinyal seminimal mungkin. Bahkan di daerah dengan sinyal berjudul ‘E’, WA mampu menyampaikan pesan pengguna dengan lancar. Keunggulan ini tidak dimiliki oleh BBM dan aplikasi messaging yang lainnya. BBM lebih membutuhkan sinyal yang kuat daripada WA. Karena itulah, WA lebih banyak diminati daripada BBM.

Penggunaan WA kini semakin menyebar dan menyeluruh. Bahkan aplikasi ini menjadi aplikasi yang sudah disematkan langsung ketika orang membeli handphone baru. Bukan tidak mungkin pengguna handphone di seluruh usia menggunakan Whatsapp sebagai alat komunikasi yang penting. Whatsapp digunakan oleh pengguna smartphone dan tidak mengenal usia. Alasan-alasan tersebut menjadi pendukung bahwa keberadaan Whatsapp dan komunikasi yang lancar dengan Whatsapp adalah hal yang harus dipenuhi. Bahkan sekarang banyak yang menggunakan Whatsapp di laptop untuk memperlancar komunikasi. Tentunya anda harus mempelajari cara instal Whatsapp di laptop. Walaupun sebenarnya, BBM memiliki cara untuk dipasang di laptop juga.

Tetapi kemudahan pada aplikasi Whatsapp tidak serta merta dapat mengabaikan privasi seseorang. Walaupun aplikasi ini menggunakan nomor handphone sebagai ID kontak, namun privasi penggunanya tetap terjamin.

Bagaimana WA menjamin privasi penggunanya? Di dalam aplikasi ini terdapat pengaturan siapa saja yang bisa mengubungi anda, siapa saja yang tidak. Anda juga dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat status WA anda. Tentang pemilihan kontak yang dapat berkomunikasi dengan anda, ada pengaturan yaitu pada option pemblokiran. Anda bisa memblokir nomor dari kontak anda, nomor yang tidak anda inginkan untuk menghubungi anda. Inilah salah satu fitur yang memang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi komunikasi. Selain itu, anda juga bisa keluar dari grup Whatsapp yang tidak anda inginkan secara permanen.

Lalu bagaimana jika sebaliknya? Bagaimana jika nomor kita di blokir oleh teman kita? Sebelum mengetahui cara membuka whatsapp yang diblokir teman, pastikan dulu apakah anda benar-benar diblokir dari seseorang dengan cara sebagai berikut :

  • Lihat Last Seen

Last seen bisa diartikan terakhir dilihat. Fitur ini memungkinkan pengguna WA melihat seseorang terakhir online. Last seen pada pengaturan dasar berlaku sama untuk setiap WA. Untuk mengetahui anda diblokir atau tidak, lihatlah last seen kontak orang yang ingin anda periksa. Jika anda bisa melihat last seen seseorang tersebut, maka nomor WA anda tidak diblokir oleh orang itu. Namun ini bukan satu-satunya cara untuk memastikannya, karena fitur last seen bisa saja dinonaktikan. Maka kemudian anda pelajari poin selanjutnya.

  • Centang Biru

Centang biru adalah hal viral di WA. Karena dengan indikator centang biru, maka pesan anda telah dibaca atau dilihat oleh lawan komunikasi anda. Jika pesan anda bisa memiliki tanda centang biru, maka nomor anda dipastikan tidak diblokir. Tetapi sekali lagi, fitur centang biru ini bisa dinonaktikan. Sehingga, lagi-lagi ini bukan satu-satunya petunjuk.

  • Call

Mungkin ini opsi yang cukup jelas menunjukkan apakah nomor anda diblokir atau tidak. Cobalah mencari topik untuk menelpon seseorang yang anda curigai memblokir nomor anda. Jika berhasil tersambung, maka selamat, nomor anda tidak diblokir. Namun jika tidak segera tersambung, bisa jadi nomor anda telah diblokir. Namun jika anda tidak bisa menghubungi teman anda, bisa juga karena sinyal yang tidak mendukung.

  • Tanda yang lainnya

Yang lainnya antara lain tidak bisa melihat status Whatsapp teman anda dan tidak bisa melihat foto profilnya.

Jika nomor anda jelas diblokir, lalu langkah apa yang selanjutnya anda ambil untuk tetap bisa menghubungi orang yang memblokir nomor anda? Cobalah cara membuka whatsapp yang diblokir teman berikut ini :

Langkah-langkah di bawah ini sebenarnya adalah langkah untuk menghapus akun dan mengganti nomor handphone. Jika berhasil, makan nomor anda tidak lagi terblokir oleh teman anda.

  1. Buka aplikasi Whatsapp anda.
  2. Klik tiga titik di sebelah kanan atas aplikasi.
  3. Pilihlah setting/setelan.
  4. Sebelum melakukan langkah inti, sebaiknya anda melakukan back up data pada WA anda. Klik Chatting.
  5. Pilih menu Cadangkan Chat.
  6. Klik Cadangkan.
  7. Selanjutnya adalah menghapus akun anda. Berarti apakah akun anda akan terhapus? Iya. Ini agar nomor anda kembali ke pengaturan awal. Artinya, pada awal menggunakan WA anda tidak akan diblokir oleh siapapun.
  8. Sebelum menghapus akun anda sendiri, hapuslah nomor teman anda dari kontak handphone anda. Jangan lupa mencatat nomornya.
  9. Sama seperti langkah sebelumnya, klik tiga titik di pojok kanan atas.
  10. Pilihlah Setelan.
  11. Klik pada akun.
  12. Pilihlah menu HAPUS AKUN SAYA/DELETE MY ACCOUNT.
  13. Masukkan nomor WA anda saat ini yang sedang diblokir teman anda.
  14. Mengisi nomor WA ini disertai kode negara dilanjut nomor anda, mulai dari angka 8.
  15. Pilihlah HAPUS AKUN SAYA.
  16. Jangan lupa isi alasan mengapa anda menghapus akun. Misalnya : Menghapus akun sementara.
  17. Setelah akun anda terhapus, hapus aplikasi WA dari smartphone anda.
  18. Untuk memaksimalkan kinerja, restart handphone anda. Sebelumnya, bersihkan pula cache handphone anda.
  19. Instal ulang kembali WA pada smartphone anda.
  20. Masukkan nomor WA anda untuk didaftar dan menggunakan WA kembali.
  21. Tambahkan nomor teman yang memblokir anda pada daftar kontak anda.
  22. Sekarang anda tinggal cek apakah anda bisa melihat foto profil, status, dan tanda-tanda yang lainnya pada kontak teman anda tersebut.
  23. Biasanya cara ini berhasil mengembalikan nomor anda untuk tidak diblokir oleh teman anda.

Selain menghapus akun, anda bisa menggunakan cara lain yaitu mengganti nomor handphone anda. Langkahnya adalah :

  1. Pastikan anda sudah memback up seluruh data WA anda seperti langkah di atas.
  2. Masuk ke menu setelah dari tiga titik di pojok kanan atas.
  3. Klik akun.
  4. Jika tadi anda memilih HAPUS AKUN SAYA, sekarang anda memilih GANTI NOMOR.
  5. Klik lanjut.
  6. Isikan nomor lama dan nomor baru WA anda.
  7. Lakukan verifikasi sesuai yang diperlukan.

Itula beberapa cara membuka Whatsapp yang diblokir teman. Pasti ada alasan teman anda memblokir anda dari kontak WA nya. Setelah berhasil mengubungi teman anda, mintalah penjelasan dan selesaikan masalah sosial anda tersebut sebaik-baiknya. Good luck.