Cara Mematikan Laptop / PC Windows dengan Mudah Panduan Lengkap


Kadang saat kita sedang menggunakan laptop kita untuk mengerjakan sesuatu atau melakukan sesuatu tiba-tiba laptop kita hang dan tidak mau merespon perintah kita. Masalah ini bukan cuma terjadi pada laptop saja, bahkan PC pun kadang mengalami masalah yang sama seperti ini. Jika kalian mengalami hal ini, mau tidak mau kalian harus mengambil keputusan terhadap komputer kaliian yang hang ini.

Jika laptop atau komputer kalian tiba-tiba hang dan tidak mau merespon perintah yang kalian berikan dan tidak ada tanda-tanda perintah yang kalian berikan berjalan, maka cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan merestart atau mematikan laptop kalian secara paksa. Untuk kalian yang sering menggunakan komputer dan mempelajari ilmu komputer, tentunya hal ini sudah tidak asing lagi.

Sekarang ini laptop sudah menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh para pelajar, mahasiswa, dan bahkan guru di masa sekarang ini. Sekarang banyak sekali user komputer yang menginstall software tanpa memerhatikan apakah aplikasi tersebut benar-benar dibutuhkan untuk membantu pekerjaan atau tidak. Karena hal inilah biasanya banyak laptop yang hang dan tidak merespon perintah yang diberikan.

Banyak laptop yang hang dan crash karena terlalu banyak diinstall aplikasi yang seharusnya tidak diisntall pada laptop tersebut. Sebelum melakukan penginstallan aplikasi seharusnya kalian cek spesifikasi hardware laptop kalian terlebih dahulu. Dan jika sudah terlanjur kalian bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk mematikan laptop atau pc kalian yang sudah terlanjut hang atau crash.

 

Tutorial Mematikan Laptop Windows 7, 8 dan 10 Biasa, Ngehang, Tidak Bisa Mati

Cara Mematikan Laptop Windows 8

cara mematikan laptop pc windows dengan mudah lengkap 1

Dalam perkemebangan Windows dari Windows 7 ke Windows 8, banyak sekali mengalami perubahan tampilan dan menu. Salah satu perubahan yang ada di Windows 8 adalah tombol power options atau tombol untuk mematikan Windows. Berikut ini adalah cara untuk mematikan Windows 8.

 

#1. Mematikan Windows dengan Tombol Tersembunyi

Cara ini merupakan cara pertama dan cara resmi yang dianjurkan oleh pihak Microsoft untunk mematikan laptop dengan sistem operasi windows 8. Caranya adalah dengan mengarahkan cursor ke pojok kanan bawah atau atas sampai dengan Charm Bar muncul >> Settings >> Power >> kemudian silahkan kalian pilih Sleep, Restart atau Shutdown sesuaik kebutuhkan kalian.

 

#2. Mematikan Windows dari Dekstop

Cara mematikan Windows melalui dekstop ini bukan cuma berlaku untuk Windows 8 saja, melainkan berlaku untuk semua Windows. Caranya adalah pastikan terlebihd dahulu kalian berada di Dekstop >> Kemudian setelah itu silahkan kalian tekan tombol ALT + F4 (Shutdown Windows akan muncul) >> Silahkan kalian pilih Shutdown, Sleep, Restarat, Sign Out atau Switch User. Cara ini memerlukan waktu sekitar 3-4 detik.

 

#3. Mematikan Windows dengan Shortcut

Mematikan windows melalui shortcut sangatlah mudah, cara ini tergolong aman karena memanfaatkan fitur dari run command yang ada pada Windows. Yang perlu kalian lakukan adalah membuat file shortcut yang berisi perintah shutdown (cara ini sama dengan mematikan windows melalui cmd, namun cara ini lebih efektif, lebih cepat dan lebih mudah). Langkah-langkahnya adalah silahhkan kalian klik kanan di dekstop kemudian buat New Shrotcut  atau pintasan baru kemudian setelah itu masukkan kode berikut ini pada Type location of the item.

Kemudian setelah itu masukkan nama terserah kalian, contohnya “shutdown” kemudian klik Finish. Selesai (atau download file shutdown shortcut tadi). Setelah kalian download dan memiliki file shortcut shutdown tersebut, untuk mematikan laptop tinggal double klik pada file shortcut tersebut dan laptop akan mati. Sedangkan jika kalian ingin mengubahnya menjadi restart, silahkan kalian ganti kodenya menjadi shutdown.exe /r /t00 atau jika untuk hibernate adalah shutdown.exe /h.

 

Cara Mematikan Laptop Windows 10

cara mematikan laptop pc windows dengan mudah lengkap 2

Ketika ingin mematikan laptop tentunya kita akan mencari tombol shudownnya dimana, hal ini berlaku untuk semua jenis windows baik itu windows 7,8 maupun 10. Contohnya pada windows 7, tombol shutdown berada di menu start, kemudian power dan shutdown. Untuk windows 8, tombol shutdown berada di charm bar. Dan untuk windows 10 hampir sama seperti win 7 yaitu melalui start. Berikut adalah cara mematikan windows 10 dengan benar.

 

#1. Mematikan Melalui Start

Jika kalian mengklik pada tombol Start, akan muncul banyak sekali shortcut. Silahkan kalian lihat shortcut yang paling bawah nomor 2 , disitu ada shortcut menu Shut down or sign Out. Silahkan kalian pilih shortcut tersebut kemudian pilih Shutdown maka Windows akan mati.

 

#2. Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara ini sama seperti cara mematikan windows 8 yang sudah kita bahas sebelumnya, cara ini bisa kalian sudah ada sejak jamannya Windows XP, dan cara ini sampai sekarang masih bisa digunakan. Untuk mematikan Windows dengan keyboard caranya mudah, silahkan kalian ke dekstop terlebih dahulu kemudian tekan ALT+F4 dan Enter.

 

#3. Membuat Shortcut Shutdown Sendiri

Untuk mematikan laptop dengan sistem operasi Windows 10, kita juga bisa membuat shortcut sendiri untuk mematikan laptop kita lohh. Dimana kalian tinggal menaruh shortcut tersebut di dekstop. Dan jika shotcut tersebut kalian klik atau enter, maka komputer atau laptop kalian akan mati.

Selain itu kalian juga menjadi icon shortcut  shut down tersebut dengan cara klik kanan pada shotcut  >> Properties >> Change icon >> Pilh Icon >> OK. Setelah itu bisa kalian lihat apakah icon tersebut berubah atau tidak.

 

#4. Mengganti Tombol Power

Cara berikutnya ini saya sarankan untuk kalian gunakan pada saat keadaan darurat saja, misalnya saat kalian sedang hal-hal yang bersifat pribadi dengan laptop kalian dan tiba-tiba ada seseorang yang tidak diinginkan datang. Cara ini sangatlah mudah, caranya kalian tinggal mengganti tombol power kalian menjadi tombol shutdown. Pada umumnya ketika kalian menekan tombol power laptop yang menyala maka laptop akan berada pada mode sleep.

Cara untuk menggantinya adalah silahkan kalian masuk ke Control Panel >> Hardware & Sound >> kemudian pada opsi Power Options silahkan kalian pilih Change what the power off buttons do >> silahkan kalian ubah When I press the power button dari Sleep menjadi Shutdown >> OK.

 

#5. Mematikan Laptop dengan CMD

Cara mematikan laptop dengan menggunakan cmd atau command promt masih jarang yang menggunakannya. Kebanyakan orang mematikan komputer melalui menu Start > Shutdown. Ternyata kalian juga bisa mematikan komputer kalian dengan menggunakan CMD, dan tampilannya akan sangat berbeda dengan melalui menu Start.

Command Prompt (CMD) adalah sebuah apliaksi atau fitur bawaan dari windows yang bisa kita gunakan untuk memasukan perintah dan intruksi ke dalam komputer atau laptop kita. Perintah atau command prompt ini adalah sebuah tulisan yang gunanya memrintahkan komputer untuk melakukakn sesuatu. Berikut ini adalah cara mematikan komputer melalui cmd.

Pertama silahkan kalian masuk ke cmd caranya adalah dengan menekan tombol Win + R >> ketik CMD >> Enter. Shutdown adalah sebuah kondisi dimana komputer/laptop dimatikan dan sedang tidak bekerja. Cara mematikan komputer sangat beragam, mulai dari menekan tombol power, melalui intruksi layar sampai dengan mencabut sumber listrik. Namun jarang sekali yang mematikan komputer dengan menggunakan command prompt.

 

Cara mematikan komputer Windows lewat CMD

  1. Masuk ke CMD
  2. Setelah masuk silahkan kalian ketik exe -s
  3. Enter

Setelah itu akan muncul sebuah pemberitahuan dan akan langsung shutdown atau mati.

Selain itu kalian juga bisa mewaktu / timer komputer kalian saat shutdown loh, berikut adalah caranya.

 

Mematikan komputer lewat CMD dengan timer

  1. Masuk ke CMD
  2. Setelah masuk silahkan kalian ketikkan exe -s -t 60
  3. Enter

Note: satuan waktu untuk timer di sini adalah detika atau secon, jadi angka 60 diatas tadi berarti 60 detik/secon. Kalian bisa mengubah waktu tersebut sesuai keinginan kalian sendiri.

Setelah kalian mengetikkan perintah di atas tadi, maka komputer akan mati setelah 60 detik dimulai dari kalian memberikan perintah atau interuksi di CMD tersebut. Fitur timer ini mirip seperti fitur yang ada pada TV yang memberikan waktu Sleep.

 

Cara memberikan pesan sebelum komputer mati lewat cmd

  1. Masuk ke CMD
  2. Setelah masuk silahkan kalian ketikkan exe -s -t 60 -c “tuliskan pesan kalian sebelum komputer shutdown”
  3. Enter

Jika kalian mengetikkan perintah tersebut, maka sebelum komputer mati akan muncul pesan “tuliskan pesan kalian sebelum shutdown” di layar monitor kalian.

 

Cara membatalkan perintah mematikan komputer lewat cmd

  1. Masuk ke CMD
  2. Setelah masuk silahkan kalian ketikkan exe -a
  3. Enter

 

#6. Cara Mematikan Komputer Lewat Keyboard

Saat kalian menggunakan laptop atau komputer tentunya kalian sudah memiliki tujuan terlebih dahulu sebelum menggunakannya, misalnya untuk mengerjakan tugas, bermain game, menonton film, dan sebagainya. Banyaknya orang yang menggunakan laptop, muncul sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh para user, misalnya kebiasaan menghidupkan dan tidak lama berselang mematikan laptop yang digunkan dengan men-klik shutdown.

Saat kalian menggunakan laptop atau komputer kalian untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu membebani laptop kalian, untuk mematikannya tidaklah sulit. Beda lagi jika kalian menggunakan laptop kalian untuk menjalankan aplikasi atau software yang sangat membebani laptop kalian, tentunya akan memakan waktu yang cukup lama sampai proses shutdown berlangsung. Berikut ini adalah cara mematikan laptop lewat keyboard.

 

Cara mematikan komputer lewat keyboard di windows xp

  1. Tekan tombol Windows >> U+U Jadi silahkan kalian tekan tombol Windows + U + U maka setelah itu komputer atau laptop kalian akan mati.
  2. Selain itu kalian juga bisa mematikan laptop win xp dengan tombol ALT + F4, kemudian menekan tombol

 

Cara mematikan komputer dengan keyboard di windows 7

  1. Tekan tombol Windows >> tekan tombol à >> kemudian Enter. Cara ini sangatlah mudah dan simple, hanya dengan dua langkah kalian bisa mematikan laptop kalian dalam posisi apapun baik itu di dekstop atau pun tidak di dekstop.
  2. Tekan tombol ALT + F4, kemudian Enter. Untuk cara ini kalian harus berada di dekstop terlebih dahulu supaya bisa berhasil. Jika kalian menggunakan tombol ini saat membuka aplikasi, maka aplikasi tersebut akan tertutup (mirip tombol close).

 

Cara mematikan komputer dengan keyboard di windows 8 dan 10

Cara ini masih sama seperti cara sebelumnya yaitu dengan menggunakan tombol ALT + F4. Kalian juga harus memastikan bahwa kalian sudah berada di dekstop saat menggunakan tombol ini. Jika kalian ingin mematikan laptop atau komputer kalian langsung saja tekan Enter setelah menekan tombol ALT+F4.

Cara ini bisa kalian gunakan untuk mempercepat proses shutdown atau mematikan komputer. Hanya dengan dua kali tekan tombol keyboard, kalian sudah bisa mematikan komputer kalian. Langkah pertama silahkan kalian tekan ALT+F4 secara bersamaan kemudian tekan tombol U. Maka setelah itu proses shutdown akan berjalan.

 

#7. Cara Mematikan Laptop yang Tidak Bisa di Shutdown

Tentunya kalian pernah mengalami atau menjumpai laptop yang tidak bisa di shutdown atau tidak merespon ketika di shutdown. Meskipun kalian sudah shutdown komputer berulang-ulang, komputer atau laptop tersebut tetap tidak mau mati. Saat kalian mengalami hal ini tentunya kalian merasa bingung bagaimana cara mematikannya padahal sudah coba di shutdown berulang kali.

Bahkan tak jarang orang-orang menganggap ini disebabkan oleh virus pada komputer kita. Memang benar kadang virus ini bisa menyebabkan komputer atau laptop kita rusak dan error sehingga sistem dan hardware tidak bisa bekerja semestinya. Saat komputer atau laptop kalian tidak bisa dishutdown, bisa saja itu karena kerusakan pada hardware kalian. Berikut adalah cara mematikan komputer yang tidak bisa dishutdown.

Komputer atau laptop yang tidak bisa dimatikan atau di shutdown tidak selalu disebabkan oleh adanya virus. Malahan yang paling banyak menyebabkan komputer tidak bisa dishutdown adalah software. Namun tidak menutup kemungkinan juga disebabkan oleh kerusakan hardware. Berikut ini adalah cara mematikakn komputer atau laptop kalian yang tidak bisa dishutdown karena masalah tadi.

 

Peran dari registry winndows sangatlah penting, registry ini bagaikan tempat untuk menyimpan perintah itu sendiri. Jadi jika registry ini error maka windows yang kalian gunakan akan bermasalah, dan salah satu masalah yang bisa terjadi adalah windows kalian tidak bisa dimatikan.

Untuk memperbaiki registry tidaklah sulit, kalian bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner dan sebagainya. Jika kalian menggunakan aplikasi caranya sangat mudah, tinggal klik-klik saja. Setelah kalian memperbaiki registry tersebut biasanya laptop akan kembali bisa dishutdown seperti biasanya.

 

  • Bersihkan dari file sampah

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah membersihkan laptop atau komputer kalian dari file-file sampah yang tidak perlu. Maksud sampah disini bukanlah sampah seperti debu, bungkus makanan, dan sebagainya yahhh. Maksud sampah disini adalah file sampah seperti history dari browser, sisa program aplikasi dan sebagainya.

Untuk membersihkan file sampah yang ada pada komputer laptop kalian, kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Ccleaner dan sebagainya. Setelah kalian menginstall aplikasi tersebut pastinya kalian tahu bagaimana cara menggunakannya.

 

  • Uninstall aplikasi tidak penting dan tidak diperlukan

Selain file sampah, kalian juga harus menghapus atau menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan karena menginstall banyak aplikasi bisa memperlambat kinerja dari komputer kalian. Bahkan gara-gara sebuah aplikasi komputer kalian bisa error dan tidak bisa dimatikan. Jadi sebaiknya kalian hanya menginstall aplikasi yang benar-benar kalian perlukan saja.

Oleh karena itulah jika komputer laptop kalian mempunyai banyak sekali aplikasi di dalamnya, sebaiknya hapuslah sebagian aplikasi tersebut yang kalian anggap tidak terlalu atau bahkan tidak diperlukan. Ketika komputer laptop kalian sudah terasa kembali ringan saat digunakan, cobalah untuk kembali mematikan komputer kalian.

 

Laptop yang tidak bisa dimatikan bisa juga disebabkan oleh adanaya virus dalam laptop tersebut. Ada kasus dimana sebuah virus menyebabkan registry error. Oleh karena itu jika kalian sudah menggunakan cara-cara sebelumnya namun belum berhasil, kalian bisa coba untuk scan komputer kalian siapa tahu ada virusnya kemudian bersihkan atau hapus virus tersebut. Dan jangan lupa perbaiki resgistrynya terlebih dahulu dan cobalah matikan kembali laptop kalian.

 

  • Matikan laptop secara paksa

Umumnya mematikan laptop yang benar adalah dengan menekan Windows kemudian Shutdown. Namun jika kalian mengalami kondisi dimana kalian tidak bisa melakukannya, disebabkan oleh beberapa hal seperti lag dan laptop tidak merespon perintah kalian bisa mematikan laptop secara paksa. Caranya adalah menekan tombol power selama kurang lebih 15 detik sampai laptop mati. Meskipun cara ini sangat ampuh, namun sangat tidak disarankan untuk digunakan.

 

Driver pada laptopp sangatlah penting, tanpa adanya driver laptop kita tidak akan bekerja dengan baik karena tidak bisa terhubung ke pheripheral lain. Namun kada kita memasang sebuah driver yang tidak cocok dan menyebabkan laptop kita jadi tidak bisa dimatikan, dan disini harus menghapus driver tersebut supaya laptop bisa dimatikan.

Bila kalian memang benar-benar membutuhkan driver tersebut, sebaiknya carilah driver yang benar-benar cocok dengan perangkat kalian, jangan asal memasang driver pada laptop kalian. Kalian bisa mencari driver yang cocok berdasarkan merk dari laptop yang kalian gunakan. Biasanya situs resmi dari laptop tersebut menyediakan driver-driver yang dibutuhkan laptop tersebut. Apabila kalian sudah menggunakan cara ini namun tetap tidak berhasil, maka kalian terpaksa harus menggunakan cara berikut ini.

 

  • Install ulang sistem operasi windows

Jika kalian telah menggunakan beragam cara di atas namun tetap tidak berhasil dan masalah tersebut berulang kali muncul, maka kalian bisa coba untuk menginstall ulang sistem operasi windows pada laptop kalian. Kalian bisa menginstall ulangnya dengan menggunakan windows 7, 8 atau windows 10 sesuai keinginan kalian.

Biasanya setelah kalian menginstall ulang sistem operasinya, semua masalah yang ada pada laptop kalian sebelum di install ulang akan hilang dan sudah teratasi. Disini saya sarankan jangan hanya melakukan repair, karena dalam waktu yang dekat masalah yang serupa akan datang kembali.

 

  • Ganti hardware yang bermasalah

Cara terakhir yang bisa kalian gunakan untuk mematikan windows yang tidak bisa dimatikan adalah dengan mengganti hardware laptop atau komputer kalian yang bermasalah. Hardware laptop seperti hardisk, ram, memori, processor yang bermasalah memang bisa menyebabkan laptop kalian yang tidak bisa dimatikan. Jadi disarankan untuk menggantinya jika memang bermasalah, silahkan kalian ganti ke tempat servis laptop komputer jika tidak bisa menggantinya sendiri.

 

#8 Cara Mematikan Laptop yang Hang

Sering kali sebuah program pada laptop hang / macet sehingga tidak bisa dijalankan, hal ini umumnya disebabkan karena mesin laptop tersebut terlalu lama hidup atau terlalu panas karena terus-terusan digunakan sehingga menjadi not responding atau yang biasa disebuat ngehang. Hang ini biasanya ditandai dengan komputer yang tidak merespon dan layar menjadi blank dikarenakan program yang macet.

Ada juga laptop yang jika suhunya terlalu panas, laptop tersebut secara otomatis akan mematikan dayanya. Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mematikan laptop atau komputer kalian yang hang, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  • Menutup program yang macet tersebut

Cara pertama yang bisa kalian gunakan untuk mematikan laptop kalian yang hang adalah menutup program yang macet tersebut. Kalian bisa menutup program tersebut dengan cara menekan tombol ALT+F4 atau jika mouse kalian masih bisa digerakan, silahkan kalian dengan menekan tombol close atau silang yang ada disebelah pojok kanan atas.

 

  • Menutup program melalui task manager

Menutup program dengan menggunakan task manager merupakan alternatif yang bisa kalian gunakan jika cara yang pertama tadi tidak berhasil. Karena biasanya program yang ngehang tidak bisa ditutup dengan menggunakan mouse atau dengan ALT+F4 dan cara normal lainnya. Untuk menutup program tersebut kita harus End Task program yang hang tersebut melalui task manager. Caranya buka task manager dengan cara tekan tombol CTRL+SHIFT+ESC, kemudian pilih program yang ngehang dan end task program tersebut.

Kadang program itu macet total dan kita harus logout atau restart komputer kita dengan cara CTRL+ALT+DEL, maka setelah itu akan muncul beberapa pilihan yaitu shutdown, logout, restart, task manager, change a password dan sebagainya. Silahkan kalian pilih Shutdown atau restart supaya program tersebut menutup dengan sendirinya.

 

  • Menekan tombol restart pada cpu

Ketika laptop kita hang dan kita tidak bisa menekan tombol apapun di keyboard dan mouse maka satu-satunya cara adalah dengan mematikan atau merestart komputer atau laptop tersebut secara paksa. Untuk melakukan restart kalian bisa menekan tombol restart yang ada pada cpu kalian, tombol restart ini biasanya tidak tersedia di laptop namun ada juga laptop yang menyediakan tombol restart. Letak tombol restart biasanya berada di dekat tombol Power di CPU komputer.

 

  • Mematikan komputer secara paksa

Jika cara-cara di atas tidak berhasil maka kalian juga bisa mematikan laptop atau komputer tersebut secara paksa. Caranya adalah dengan menekan tombol power atau on selama kurang lebih 10 detik, setelah itu komputer akan mati dengan sendirinya.

Khusus untuk komputer kalian bisa langsung mencabut sumber daya cpu, maka komputer akan langsung mati. Cara ini boleh kalian lakukan ketikan kalian benar-benar tidak bisa melakukan apa-apa lagi dan sangat terpaksa. Kalian tidak boleh terlalu sering menggunakan cara ini karena bisa merusak motherboard pada komputer kalian.

 

Demikianlah tutorial yang bisa Mastekno berikan kepada kalian mengenai beragam cara mematikan laptop terlengkap semoga bermanfaat. Pastikan kalian menggunakan cara mematikan windows yang normal terlebih dahulu sebelum menggunakan cara-cara paksa seperti mencabut sumber daya dan menekan tombol power on selama 10 detik. Jadi silahkan kalian coba cara di atas secara berurutan untuk mengurangi resiko laptop kalian menjadi rusak.