2 Cara Mengatasi “Android is Starting Optimizing App” Terbukti Ampuh


Smartphone atau ponsel pintar kini telah menguasai pasaran di Indonesia. Sudah banyak dari berbagai kalangan yang memiliki smartphone. Smartphone yang berbasis android ini memang dinilai cukup dan mampu untuk membantu menyelesaikan segala tugas manusia. Baik untuk membuat sebuah project, menyelesaikan tugas sekolah, tugas kantor dan lain sebagainya.

Selain itu smartphone juga telah memberikan dampak yang besar bagi era teknologi di Indonesia khususnya di bidang IT. Karena fungsi smartphone yang banyak maka tidak heran semua orang pada masa saat ini jika tidak memiliki smartphone akan dinilai tidak mengikuti zaman dan bisa dianggap ketinggalan zaman.

Namun dengan banyaknya dampak positif dari smartphone tidak selamanya penggunaan smartphone berjalan mulus terus, kadangkala smartphone bandel dan trouble, bahkan bisa error dan masalah terberat yang dialami adalah bisa saja bootlop bahkan mati total. Salah satu masalah yang dihadapi oleh pengguna smartphone adalah munculnya pesan error Android is starting optimizing app. Hal ini akan menghentikan segala kegiatan yang sedang dilakukan oleh smartphone.

 

2 Cara Mengatasi HP “Android is Starting Optimizing App”

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi pesan error tersebut. Simak penjelasannya berikut ini ya.

 

#1. Melakukan Clear Wipe Cache

Untuk melakukan cara ini kita harus masuk ke menu recovery caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama tekan tombol power kemudian volume down dan volume down/up dan dibarengi dengan home button ( masuk ke menu recovery tergantung hp kalian masing masing ya ) harus dilakukan saat hp dalam keadaan mati.
  • Jika telah berhasil masuk ke menu “Recovery Menu” setelah itu pilih Wipe Factory Reset atau bisa juga Wipe Cache Partition
  • Setelah kedua langkah sudah dilakukan maka langkah terakhir adalah restart ponsel kalian

 

#2. Mengatur / Reset ke Pengaturan Pabrik

Cara yang kedua hampir mirip dengan cara yang pertama. Bedanya adalah ketika kita sudah masuk ke menu recovery maka opsi selanjutnya yang kita pilih adalah Reset Factory maka ponsel sudah otomatis tersetting atau ter reset ke pengaturan pabrik.

 

Demikian artikel tentang cara mengatasi android Starting Optimizing App, jika kamu suka dengan artikel ini kamu dapat share ke teman-teman. Atau juga jika kamu memiliki pertanyaan silahkan komen di kolom komentar saja yang sudah disediakan.