APA ITU TELNET? | PENGERTIAN DAN FUNGSI TELNET


Apa Itu Telnet?

Pengertian Telnet atau Tel-Net adalah protokol komputer usang yang merupakan serangkaian aturan programatis dan protokol ini terkenal karena telah menjadi  orisinal Internet  ketika Net pertama kali diluncurkan pada tahun 1969 yang dibangun untuk menjadi bentuk remote control untuk mengatur komputer mainframe dari terminal yang jauh

apa itu telnet dan fungsinya

apa itu telnet dan fungsinya

Tel-Net adalah singkatan dari Telecommunication Network  merupakan protocol Client Server yang memfasilitasi akses remote login ke komputer  host dalam sebuah jaringan komputer. Telnet dapat pula diartikan sebagai virtual atau emulasi terminal yang menggunakan protocol telnet untuk melakukan akses secara remote ke komputer. Telnet merupakan sebuah perintah khusus, bagian dari protokol TCP/ IP untuk mengakses komputer remote. Protokol Telnet adalah protokol komputer berbasis teks. Tidak seperti tampilan layar pada browser modern misalnya Firefox atau Google Chrome, layar telnet sangat membosankan untuk dilihat. Sangat berbeda dari halaman Web yang bisa menampilkan gambar mewah, animasi, dan hyperlink. Perintah Telnet adalah perintah yang agak samar yang tampak seperti apa yang diketikkan melalui keyboard komputer, contoh perintah yang menggunakan inisial ‘z’ dan prompt% fg’. Sebagian besar pengguna modern akan menganggap tampilan layar telnet sangat kuno dan lambat.

Jika Anda memiliki semua otoritas yang diperlukan agar dapat menggunakan Tel-Net untuk mengakses komputer lain (Komputer host), Penggunaan internet HTTP dan FTP memungkinkan untuk mengirim dan menerima file dari komputer remote tertentu, tetapi sebelumnya Anda harus terdaftar sebagai pengguna pada host untuk bisa menggunakan layanan tersebut. Setelah terdaftar pada hosting, anda sudah bisa melakukan Login host melalui Tel-net, sebagai user dengan semua hak yang Anda miliki. Sebagai contoh, menggunakan fasilitas Telnet untuk pengembang perangkat lunak dan setiap orang yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan aplikasi / data yang tersimpan pada host.

Apa Fungsi Telnet?

Fungsi Telnet yang utama adalah mengakses komputer host secara remote login. Tel-net adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan komputer pengguna menjadi terminal dari komputer lain di jaringan internet. Tel-net memungkinkan untuk login  (akses masuk) sebagai pemakai komputer secara remote atau jarak jauh dan memanfaatkan program  yang tersimpam pada komputer host.
Telnet menggunakan 2 perangkat lunak jaringan komputer, yaitu program client dan server. software client dijalankan pada komputer yang meminta layanan pada server dan software server adalah program yang dijalankan oleh komputer  host yang member layanan pada client

Protokol jaringan Telnet bukanlah satu-satunya cara akses ke komputer lain, tetapi juga alat yang sangat berguna untuk mengatasi masalah. Tel-net berjalan di atas TCP / IP, dari Ping menunjukkan ketersediaan dengan tingkat keandalan yang lebih besar. Selain itu, Telnet dapat menguji secara akurat komputer tujuan. Sebagai contoh, jika Anda mengalami kesulitan mengakses mesin multi-user, anda dapat mengirim perintah ping dan kemungkinan besar anda akan menerima respon.

Selain itu, Telnet klien dapat menggunakan port berbeda dari port default Tel-net. Misalnya, Anda dapat mengatur port 25 untuk melakukan verifikasi mail server dan port 80, untuk melakukan operasi serupa dengan server Web.